Inilah Perbedaan Jurusan Sastra, Linguistik, dan Pendidikan Bahasa. Sobat Phi mengambil jurusan Bahasa di SMA? Berarti kemungkinan melanjutkan kuliah di jurusan yang sama. Tapi sudah tahu belum, perbedaan jurusan Sastra, Linguistik dan Pendidikan Bahasa? Jika belum, simak penjelasan singkat yang sudah PhiRadio rangkum berikut ini.

Inilah Perbedaan Jurusan Sastra, Linguistik, dan Pendidikan Bahasa



  • Sastra

Di jurusan sastra, Sobat Phi akan mempelajari tentang komponen-komponen inti dari suatu bahasa. Lulusan dari jurusan ini memiliki prospek untuk bekerja sebagai penerjemah, penulis, serta editor. Di jurusan ini juga, kamu akan belajar secara detil tentang aspek estetis dari suatu bahasa, serta jenis-jenis karyanya. Selain itu, kamu akan belajar juga tentang 3 jenis karya sastra umum, yaitu puisi, prosa, serta drama.

  • Linguistik

Mahasiswa Jurusan Linguistik akan mempelajari tentang segala komponen pembentuk sebuah bahasa, dengan fokus kepada analisis serta kajian ilmiah dari bahasa tersebut. Misalnya seperti bagaimana pola bentukan bahasa tersebut, rumpunnya, sistem penulisan, serta evolusinya. Lulusan dari jurusan ini memiliki prospek yang cukup luas, lho. Nantinya Sobat Phi bisa bekerja sebagai guru bahasa, penerjemah, leksikografer (pembuat dan pengedit kamus), spesialis terapi wicara, serta proofreader (pengecek kesalahan tulis).



  • Pendidikan Bahasa

Jika memilih jurusan ini, Sobat Phi akan mempelajari tentang ilmu pendidikan dan cara mengajar/mendidik suatu bahasa. Komponen-komponen bahasa tetap dipelajari seperti di jurusan sastra, tapi lebih terfokus di ilmu pendidikannya. Lulusan dari jurusan ini memiliki prospek untuk bekerja sebagai guru atau dosen. Jika berminat jadi guru bahasa, Sobat Phi cocok mengambil jurusan ini.

Inilah Perbedaan Jurusan Sastra, Linguistik, dan Pendidikan Bahasa



Meski berbeda, tiga jurusan ini sama-sama mempelajari ilmu bahasa dan keahlian dasar berbahasa. Seperti menulis, membaca, berbicara, mendengarkan, serta tata bahasa. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Lebih spesifik, lebih bagus.

*source: zenius.net

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 26 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 26 Mei 2020

7 Jurusan Kuliah yang Diklaim Bisa Bikin Bahagia
7 Jurusan Kuliah yang Diklaim Bisa Bikin Bahagia

Jadwal-Dan-Materi-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Senin-25-Mei-2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 25 Mei 2020

Close