Inilah Para Pahlawan Indonesia di Bidang Pendidikan. Kemajuan sebuah bangsa bisa diukur dari kualitas pendidikan dari bangsa tersebut. Pendidikan di Indonesia sendiri hingga saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Semuanya berkat ide dan gagasan pahlawan pendidikan Indonesia.

Siapa saja pahlawan pendidikan Indonesia dan apa saja perjuangan mereka? Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran tokoh pendidikan. Tokoh sentral pendidikan ini memiliki peran berbeda meskipun memiliki tujuan yang sama, yakni melepaskan penjajahan, meningkatkan kecerdasan rakyat, dan meningkatkan mutu pendidikan.


Inilah Para Pahlawan Indonesia di Bidang Pendidikan

Kemajuan dunia pendidikan Indonesia saat ini tentu tidak terlepas dari kontribusi orang-orang yang peduli pada pendidikan anak bangsa. Pejuang pendidikan sangat memahami pendidikan merupakan kunci dari kemajuan bangsa. Hingga kemudian mereka dianugerahkan gelar pahlawan nasional atas jasanya dalam pendidikan Indonesia.

Siapa saja pahlawan pendidikan Indonesia dan apa saja perjuangan mereka? Berikut lima pahlawan Indonesia di bidang pendidikan dikutip dari laman KelasPintar:

1. Ki Hadjar Dewantara

Pahlawan dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini telah dikenal luas  sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Ajarannya Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, Ing Ngarso Sung Tuladha juga dipakai hingga sekarang. Ki Hajar Dewantara memilih pendidikan jalan menuju Indonesia yang merdeka. Baginya, pendidikan akan menghasilkan generasi baru yang lebih sadar akan rasa kebangsaan.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 3 Desember 2022 Skin Keren Segera Klaim Terbaru Valid

Hari Pendidikan Nasional ditetapkan pada 2 Mei, tanggal yang sama dengan hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional, Suwardi Suryaningrat atau yang lebih dikenal dengan Ki Hajar Dewantara.

Kiprah Ki Hajar Dewantara di bidang pendidikan Tanah Air memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Kepeduliannya terhadap pendidikan di Indonesia melahirkan Perguruan Nasional Taman Siswa, cikal bakal sistem pendidikan di Indonesia.

Inilah Para Pahlawan Indonesia di Bidang Pendidikan

2. H. Ahmad Dahlan

Ahmad Dahlan dan organisasi Muhammadiyah adalah dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Pria yang lahir pada 1 Agustus 1868 ini mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk menciptakan pembaruan Islam di bidang pendidikan.

Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis merasa kurang setuju dengan sistem pendidikan kolonialisme yang menuju ke arah sekularisme dan westernisasi. Menurut Ahmad Dahlan, pendidikan Islam hendaknya diarahkan pada usaha membentuk manusia muslim yang berbudi pekerti luhur, alim dalam agama, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan, serta bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakatnya.

Baca Juga :  Download LINK Nonton One Piece Red Full Movie Subtitle Indonesia, GRATIS, Cek Segera

3. RA. Kartini

Raden Ajeng Kartini lebih dikenal dengan tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Wanita yang lahir pada 21 April 1879 di Jepara. Kartini memperjuangkan hak-hak wanita pribumi yang tidak mendapatkan kesetaraan dengan kaum laki-laki.

Tidak hanya emansipasi, Kartini juga peduli terhadap pendidikan wanita-wanita pribumi yang kala itu tidak bisa mengenyam bangku pendidikan. Di akhir hayatnya, Kartini mendirikan Sekolah Wanita di Rembang untuk wanita pribumi supaya bisa merasakan pendidikan.

Inilah Para Pahlawan Indonesia di Bidang Pendidikan

4. Dewi Sartika

Dewi Sartika adalah pahlawan wanita asal Bumi Parahyangan. Dia lahir pada 4 Desember 1884 di Cicalengka, Jawa Barat. Selain Kartini, Dewi Sartika adalah tokoh pahlawan wanita yang memperjuangkan hak wanita, khususnya di bidang pendidikan.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 3 Desember 2022 Valid Terbaru

Komitmen Dewi Sartika dibuktikan dengan mendirikan Sekolah Istri pada 1904. Sekolah ini diperuntukkan bagi wanita-wanita yang ingin mengenyam pendidikan. Sekolah Istri mengajarkan wanita berbagai hal, seperti menjahit, merenda, menyulam, memasak, mengasuh bayi, dan juga agama.

5. H. Hasyim Asy’ari

Satu lagi tokoh pahlawan muslim yang berjuang di jalur pendidikan. Hasyim Asy’ari adalah ulama dan pahlawan nasional yang lahir pada 14 Februari 1871. Hasyim Asy’ari pemrakarsa dari berdirinya salah satu organisasi massa Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU).

Dia cukup peduli dengan pendidikan, terutama pendidikan umat muslim. Sepulangnya menimba ilmu di Makkah pada 1899, dia mendirikan pesantren Tebu Ireng yang menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Pulau Jawa pada abad ke-20.

Itulah lima pahlawan nasional di bidang pendidikan.

Inilah Para Pahlawan Indonesia di Bidang Pendidikan

Sumber : https://www.medcom.id/


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming