Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022. Merangkum NU Online, ada beberapa amalan yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah, seperti ibadah haji bagi yang mampu, salat Idul Adha dan juga berkurban bagi yang mampu.

Seperti yang dijelaskan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar, di sepuluh awal Dzulhijjah kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa dan zikir.

Baca Yuk :

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Puasa Arafah berkaitan erat dengan ibadah haji di Saudi, itulah sebabnya banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbedaan waktu puasa antara Arab Saudi dan Indonesia. Bagi kalian yang akan berpuasa, berikut bacaan latin niat puasa Arafah.

Namun selain yang dijelaskan di atas, kita juga dianjurkan melakukan puasa Dzulhijjah di 9 hari pertama bulan yang diistimewakan ini.

“Ketahuilah bahwa disunahkan memperbanyak zikir pada sepuluh awal Dzulhijjah dibanding hari lainnya. Dan di antara sepuluh awal itu memperbanyak zikir pada hari Arafah sangat disunahkan.”

Seperti yang kita ketahui, puasa Dzulhijjah dilaksanakan pada 9 hari pertama, di mana tanggal 8 dinamakan puasa Tarwiyah dan tanggal 9 dinamakan puasa Arafah.

Berikut kami berikan niat puasa Dzulhijjah lengkap dari hari pertama hingga terakhir di tanggal 9, termasuk bacaan latin niat puasa arafah dan keutamaannya.

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Keutamaan Puasa Arafah

Masih dari sumber yang sama, setidaknya ada dua keutamaan puasa Arafah bagi umat muslim yang tidak melakukan ibadah haji, yaitu:

1. Menghapus dosa selama dua tahun.

Rasulullah saw bersabda: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR Muslim).

Menurut kebanyakan ulama, dosa-dosa yang dihapus dengan puasa Arafah adalah dosa kecil (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, hal. 113).

2. Dibebaskan dari siksa neraka.

Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?” (HR Muslim).

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Niat Puasa Dzulhijjah 9 Hari Pertama

1. Niat puasa Dzulhijjah mulai tanggal 1 sampai 7:

“Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta‘ala”. Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala”.

2. Niat puasa Dzulhijjah pada tanggal 8  atau hari Tarwiyyah:

“Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta‘ala”. Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’ala”.

3. Bacaan Latin niat puasa Arafah:

“Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala”. Artinya: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’ala”.

Niat puasa Dzulhijjah dibaca saat hendak melakukan puasa sunnah Dzulhijjah menjelang Idul Adha. Puasa Dzulhijjah dilakukan pada awal bulan Dzulhijjah sesuai dengan kalender Islam.

Tahun ini pemerintah Indonesia menetapkan jadwal awal pelaksanaan puasa Dzulhijjah menurut penanggalan Masehi jatuh pada tanggal 1-7 Juli 2022.

Niat puasa Dzulhijjah perlu diketahui dan dibaca karena sangat menentukan nilai dari amalan yang dilakukan. Niat puasa Dzulhijjah menjadi pembeda antara perbuatan sebagai ibadah atau hanya kebiasaan belaka.

Sehingga niat puasa Dzulhijjah menjadi sangat penting dalam menentukan sah dan tidaknya puasa yang dijalani. Berbeda dengan niat puasa wajib, niat puasa Dzulhijjah yang tergolong sunnah dapat dilakukan sejak Magrib hingga pagi hari.

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Pelaksanaan puasa Dzulhijjah dilandaskan dari salah satu riwayat hadits yang dikisahkan oleh Hafshah bin Umar bin Khattab RA. Puasa di bulan Dzulhijjah bahkan disebut sebagai amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW.

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Dari Hafshah RA, ia berkata, “Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh,” (HR Ahmad dan An Nasa’i).

Selain puasa Dzulhijjah, terdapat dua amalan lain yang duanjurkan untuk dilaksanakan sebelum Idul Adha. Yakni puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Berikut niat puasa Dzulhijjah beserta puasa Tarwiyah dan Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an adaa’i syahri Dzilhijjah sunnatan lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: Saya niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah hari ini karena Allah Ta’ala.

Niat Puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaai sunnati yaumit Tarwiyyati lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: Aku niat puasa sunnah Tarwiyah besok hari karena Allah.

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa i sunnati Arofah Lillaahi Ta’aalaa”.

Artinya: Aku niat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah.

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Setelah mengetahui niat puasa Dzulhijjah, perlu diketahui sejumlah keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah. Banyak keutamaan dalam melaksanakan ibadah sunnah ini.

Setiap hari umat muslim yang menjalankan puasa dengan niat puasa Dzulhijjah akan mendapatkan keutamaan yang beragam. Pasalnya, setiap hari pada awal bulan Dzulhijjah menjelang Idul Adha terjadi peristiwa besar yang menjadi momentum sejarah pergerakan umat Islam.

Pada tanggal 1 Dzulhijjah merupakan hari dimana Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah. Maka, bagi umat Islam yang melakukan puasa dengan niat puasa Dzulhijjah juga akan diampuni dosa-dosanya.

Pada hari selanjutnya, tanggal 2 Dzulhijjah merupakan hari Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun. Maka orang yang melaksanakan puasa Dzulhijjah di hari itu sama seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat.

Sementara hari berikutnya, yakni pada tanggal 3 Dzulhijjah Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria AS. Maka orang yang melakukan puasa Dzulhijjah di hari itu akan dikabulkan doanya.

Tanggal 4 Dzulhijjah merupakan hari kelahiran Nabi Isa AS. Jika melaksanakan puasa Dzulhijjah pada hari ini maka akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang mulia di hari kiamat.

Selanjutnya pada tanggal 5 Dzulhijjah, Nabi Musa AS dilahirkan dan dimuliakan munajatnya. Sehingga orang yang melaksanakan puasa Dzulhijjah di hari itu akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur.

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Dilanjutkan pada tanggal 6 Dzulhijjah, Allah membukakan pintu kebaikan semua nabi. Sehingga bagi orang yang melaksanakan puasa Dzulhijjah di hari itu akan dipandang Allah dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

Sementara pada tanggal 7 Dzulhijjah, pintu neraka jahanam dikunci dan tidak akan dibuka sebelum berakhir pada 10 Dzulhijjah. Maka orang yang melaksanakan puasa Dzulhijjah di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran dan dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

Itulah penjelasan tentang bacaan latin niat puasa arafah dan keutamaannya. Semoga Idul Adha 2022 memberi berkah untuk seluruh umat Islam.

Inilah Bacaan Latin Niat Puasa Arafah, Lengkap dengan Keutamaan Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha 2022

Sumber :

  • www.detik.com/sulsel/berita/d-6161730/niat-puasa-dzulhijjah-tarwiyah-dan-arafah-jelang-idul-adha-2022/
  • https://www.suara.com/news/2022/07/04/213202/bacaan-latin-niat-puasa-arafah-lengkap-dengan-keutamaan-puasa-sunnah-sebelum-idul-adha-2022?page=all
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,