Inilah Alasan SMK dan Perguruan Tinggi Diizinkan Praktikum Tatap Muka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk  memberi kelonggaran bagi pembelajaran di SMK dan Perguruan Tinggi yang masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kemendikbud memberi izin agar pelaksanaan mata pelajaran praktik, dapat diselenggarakan di sekolah. Khusus untuk SMK dan perguruan tinggi.



Inilah Alasan SMK dan Perguruan Tinggi Diizinkan Praktikum Tatap Muka

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, untuk SMK di semua zona, sama dengan perguruan tinggi di semua zona, boleh melakukan pembelajaran praktik di lingkungan sekolah. Berikut ini adalah alasannya.

  1. Hanya untuk Pelajaran Produktif

Nadiem menegaskan yang diperbolehkan belajar tatap muka langsung adalah pelajaran produktif yang harus menggunakan mesin-mesin atau laboratorium. Itupun harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang diperketat. Sementara itu, pembelajaran teori harus tetap dilakukan secara jarak jauh.



  1. Pelaksanaan Tergantung Sekolah

Meski begitu, pembelajaran tatap muka tetap bisa saja tak dilakukan jika pemerintah daerah setempat menilai sekolah belum aman untuk dibuka. Atau bahkan pihak sekolah SMK yang merasa belum siap. Ini artinya, Mendikbud tidak akan memaksa sekolah untuk melaksanakan praktikum secara tatap muka.

  1. Harus Persetujuan Orangtua

Mendikbud Nadiem menegaskan, jika sekolah sudah bersedia melakukan praktikum secara tatap muka, maka tahap selanjutnya adalah persetujuan orangtua murid. “Bahkan kalau sekolahnya mulai melakukan tatap muka, tapi kalau orang tua murid tak memperkenankan anaknya untuk pergi sekolah karena tak nyaman dengan resiko covid, itu adalah hak prerogatif dan haknya orang tua. Ini harus ditekankan,” kata Nadiem.

Itulah tiga alasan utama Kemendikbud memperbolehkan praktikum secara tatap muka untuk SMK dan perguruan tinggi. Tentunya harus disertai dengan protokol kesehatan yang ketat ya, Sobat Phi.



Inilah Alasan SMK dan Perguruan Tinggi Diizinkan Praktikum Tatap Muka

*sumber: https://nasional.tempo.co/read/1373597/ini-alasan-smk-dan-perguruan-tinggi-diizinkan-belajar-praktik-di-sekolah

Chat Bersama Kami
Read previous post:
LINK https://mamikos.com/info/link-situs-resmi-pembelajaran-daring-dari-kemendikbud/
Situs Resmi Pembelajaran Daring

Beasiswa Kursus Bahasa Korea
Beasiswa Kursus Bahasa Korea

Soal dan Jawaban SMP SMA Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 11 Agustus 2020
Soal dan Jawaban SMP SMA Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 11 Agustus 2020

Close