Tahun ini dunia dikejutkan dengan adanya wabah covid-19. Dampaknya merata di semua sektor, termasuk pendidikan. Kegiatan belajar di sekolah diganti jadi di rumah. Selain itu, penerimaan mahasiswa baru untuk pendaftaran dan pelaksanaan UTBK 2020 juga diundur.

Ini Jadwal Terbaru Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK 2020

Pendaftaran dan pelaksanaan UTBK 2020Penerimaan mahasiswa baru PTN digelar melalui beberapa jalur masuk. Yakni SNMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan seleksi mandiri. UTBK merupakan jalur yang cukup digemari, lantaran cakupan pesertanya terbuka lebar, yakni tiga angkatan terakhir yang baru saja menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA serta para lulusan paket C.

Sebelumnya, pihak LTMPT (Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi) menjadwalkan proses UTBK pada Maret hingga April 2020. Dengan rincian 30 Maret 2020 untuk pendaftaran, dan 20 April 2020 untuk pelaksanaan ujian. Namun, mengingat negara tengah dilanda pandemi Virus Corona atau COVID-19, beberapa waktu lalu LTMPT mengumumkan bahwa proses seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.



Kabar baiknya, LTMPT telah membuat jadwal terbaru untuk pelaksanaan UTBK dan SBMPTN di tengah pandemi virus corona ini. Dikutip dari laman Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud, melalui surat edaran nomor: 11/SE.LTMPT/2020, pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan di buka pada 2 Juni 2020, dan ditutup pada 20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK akan digelar pada 5 hingga 12 Juli 2020. Pengumuman hasil SBMPTN di buka pada 25 Juli 2020.

Adapun hal lain yang perlu diperhatikan terkait pelakaanaan UTBK adalah:

  1. Materi tes yang diuji adalah Tes Potensi Skolastik (TPS);
  2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil satu kali tes;
  3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari;
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK, dan memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan program studi tujuan.

Itulah pendaftaran dan pelaksanaan UTBK 2020 perubahan jadwal penerimaan mahasiswa baru PTN 2020. Sisi positifnya adalah Sobat Phi bisa mempersiapkan diri lebih lama lagi sebelum menjalani tes masuk. Belajar lebih giat dan rajin, itu kuncinya. Semangat, ya!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Guru-SMAN-5-Karawang-Beri-Pembelajaran-Melalui-Youtube
Guru SMAN 5 Karawang Beri Pembelajaran Melalui Youtube

Vicon-Pembelajaran-Daring-SMA-SMK-Tentang-Covid-19-Menggunakan-Cisco-Webex
Vicon Pembelajaran Daring SMA SMK Tentang Covid-19 Menggunakan Cisco Webex

4-Alternatif-Pilihan-Pendidikan-setelah-SMA
4 Alternatif Pilihan Pendidikan setelah SMA

Close