Ingin Dapat BPUM 2021 Rp 1,2 Juta? Ayo Cek di eform.bri.co.id. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan BRI akan menyalurkan BPUM tersebut sesuai dengan data yang diterima dari Kementerian Koperasi dan UKM. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyebutkan saat ini masyarakat sudah dapat melakukan pengecekan apakah terdaftar menjadi penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM 2021.

Ingin Dapat BPUM 2021 Rp 1,2 Juta? Ayo Cek di eform.bri.co.id

Melalui Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun 2021, terdapat tiga  lembaga penyalur BPUM atau BLT UMKM Rp 1,2 juta, yaitu Bank BUMN, Bank BUMD, dan PT Pos Indonesia. BLT UMKM Rp 1,2 juta ini akan disalurkan kepada pelaku usaha mikro, yang belum pernah mendapatkan BPUM sebelumnya.



“Terkait dengan layanan pengecekan Penerima BPUM 2021, masyarakat agar mengakses terlebih dahulu website https://eform.bri.co.id/bpum untuk mengetahui apakah masyarakat memperoleh bantuan tersebut atau tidak,” kata Aestika kepada CNBC Indonesia, Sabtu (3/4/2021).

Cara pengecekannya, setelah mengakses eform BRI, selanjutnya masyarakat bisa memasukkan nomor e-KTP (NIK) dan mengisi kode verifikasi serta melanjutkan proses inquiry untuk mengetahui hasilnya.

Apabila bukan termasuk penerima BPUM akan muncul notifikasi “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”.

“Apabila tercatat mendapatkan BPUM, maka selanjutnya dapat segera menghubungi Kantor Cabang BRI terdekat untuk waktu/jadwal pencairan, karena pencairan dilakukan secara bertahap, sesuai tanggal yang diberikan oleh BRI dan penerima BPUM bisa datang dengan membawa identitas diri,” kata dia.

Pemerintah kembali akan memberikan bantuan kepada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di tahun ini. Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM akan mulai disalurkan pada Maret 2021.

BLT UMKM tahun ini nilainya sebesar Rp 1,2 juta, lebih kecil dari tahun sebelumnya senilai Rp 4,2 juta.

BLT UMKM tahun ini hanya diberikan kepada 9,8 juta pengusaha UMKM yang terdampak Covid-19. Namun demikian jumlah ini belum pasti karena masih ada kemungkinan bertambah.




Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Untuk mendapatkan BLT UMKM Rp 1,2 juta, calon penerima akan diusulkan oleh dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM kabupaten/kota.

Nantinya, data usulan calon penerima BLT UMKM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM.

Lalu, pengusul BPUM akan menyampaikan usulan calon penerima BLT UMKM kepada dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM provinsi.

Usulan calon penerima diteruskan kepada Kementerian Koperasi dan UKM.



Usulan calon penerima memuat data sebagai berikut:

  1. NIK sesuai KTP Elektronik
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)
  3. Nama lengkap
  4. Alamat
  5. Bidang Usaha
  6. Nomor Telepon




Cara Cek Penerima BLT UMKM

Untuk cek penerima BLT UMKM, khusunya nasabah BRI, Anda dapat melihatnya dengan mengakses laman eform.bri.co.id/bpum.

Berikut cara cek penerima BLT UMKM lewat laman eform.bri.co.id/bpum:

  1. Buka laman eform.bri.co.id/bpum atau akses di sini.
  2. Masukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kode verifikasi.
  3. Klik ‘Proses Inquiry’.
  4. Nomor KTP yang terdaftar atau tidak akan ditampilkan.



Penerima BPUM juga akan diinformasikan melalui SMS oleh bank penyalur.

Ingin Dapat BPUM 2021 Rp 1,2 Juta? Ayo Cek di eform.bri.co.id

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210403154743-37-235025/mau-dapat-bpum-2021-rp12-juta-ayo-cek-di-eformbricoid


Read previous post:
Cek Penerima Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk SD-SMA, AKSES pip.kemdikbud.go.id
Cek Penerima Bantuan PIP di pip.kemdikbud.go.id

Close