Info Beasiswa Turki Jenjang S1, S2 dan S3. Turki bisa menjadi tujuan studi menarik yang bisa Sobat Phi coba untuk melanjutkan studi. Ada beberapa beasiswa kuliah yang tersedia. Salah satu yang patut dicoba adalah Türkiye Scholarships. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Turki setiap tahun. Apa saja peluangnya? Simak informasinya di bawah ini.

Info Beasiswa Turki Jenjang S1, S2 dan S3

Baca Yuk :

Melalui skema terbaru Türkiye Scholarships 2021 Applications, pelamar internasional (selain Turki) bisa melanjutkan studi jenjang S1, S2 maupun S3 melalui beasiswa Turki 2021 – 2022 tersebut. Beasiswa penuh melalui Türkiye Scholarships ditujukan untuk kuliah di universitas-universitas terbaik yang ada di Turki. Pelamar dari Indonesia salah satu yang mendapatkan kesempatan meraih beasiswa ini.



Beasiswa Pemerintah Turki 2021 mencakup tunjangan bulanan sebesar 800 TL (± Rp 1,5 juta) per bulan untuk beasiswa S1, 1.100 TL (± Rp 2 juta) per bulan untuk beasiswa S2 Turki dan 1.600 TL (± Rp 3 juta) per bulan buat penerima beasiswa S3 Turki. Selain tunjangan bulanan, Beasiswa Turki juga menanggung semua biaya perkuliahan dan penempatan program, akomodasi, tiket pesawat PP ke Turki, asuransi kesehatan, serta kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai.

Durasi beasiswa berlangsung selama program studi ditambah kursus bahasa Turki selama setahun. Misalnya, beasiswa S1 durasi beasiswa menyesuaikan dengan lamanya program studi. Yakni antara 4 – 6 tahun ditambahkan kursus bahasa Turki 1 tahun. Kemudian beasiswa S2 berlangsung selama 2 tahun plus kursus bahasa Turki 1 Tahun, dan beasiswa S3 berlangsung selama 4 tahun ditambah kursus bahasa Turki 1 tahun.

Yang menarik dari Beasiswa Turki 2021 ini adalah pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah untuk mendaftar ke universitas. Mereka menggunakan sistem tunggal. Jadi, program beasiswa sekaligus juga menyediakan penempatan ke universitas. Ketika mendaftar beasiswa secara online, kamu juga sudah bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati menggunakan formulir aplikasi yang sama. Ketika nantinya diterima di program beasiswa, secara otomatis akan diterima juga ke universitasnya. Pelamar bisa memilih maksimum 12 universitas dan departemen.

Kebanyakan program studi yang ditawarkan menggunakan bahasa Turki. Tapi, jangan khawatir ada juga program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Arab, atau Perancis. Pelamar hanya perlu memastikan memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang diakui internasional untuk memilih program tersebut, seperti TOEFL dan IELTS.

Nantinya pelamar juga akan dimintai nilai tes seperti GRE, GMAT, atau SAT jika terpilih mengikuti wawancara. Tergantung ketentuan program studinya. Sebelum mengirim aplikasi, sebaiknya kamu sudah mengetahui bahasa pengantar yang digunakan tersebut ketika memilih program. Tentunya, dengan bekal kursus bahasa Turki selama setahun itu juga akan membantu.

Persyaratan:

  1. Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki tidak dapat mendaftar);
  2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar;
  3. Lulus (SLTA, sarjana, atau master) sebelum September 2021;
  4. Berusia di bawah 21 tahun untuk program sarjana;
  5. Berusia di bawah 30 tahun untuk program master;
  6. Berusia di bawah 35 tahun untuk program doktor;
  7. Minimum prestasi akademik untuk pelamar sarjana: 70%, pelamar master dan doktor: 75%, dan pelamar kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi: 90%.

Dokumen aplikasi:

  1. KTP atau Paspor;
  2. Pasfoto terbaru;
  3. Nilai ujian nasional (diperlukan untuk kandidat yang tidak memiliki kualifikasi atau sertifikasi internasional);
  4. Ijazah atau surat keterangan lulus sementara;
  5. Transkrip nilai akademik;
  6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll. Jika diminta oleh universitas & program yang dipilih);
  7. Nilai tes bahasa (jika diminta oleh universitas dan program yang dipilih);
  8. Proposal penelitian dan contoh karya tulis kamu (hanya untuk pelamar PhD).

Pendaftaran:

Pengajuan Beasiswa Pemerintah Turki 2021 – 2022 dilakukan secara online melalui laman Türkiye Scholarships mulai 10 Januari s/d 20 Februari 2021.



Buatlah akun terlebih dahulu melalui laman tersebut pada bagian “Register”. Isi formulir registrasi, kemudian periksa email untuk aktivasi. Selanjutnya kamu sudah bisa login kemudian mengajukan aplikasi online berdasarkan dokumen aplikasi yang diminta. Scan dokumen asli, lalu unggah di akun yang sudah dimiliki. Sesuaikan dengan jadwal pendaftaran.

Perhatikan juga apakah pihak universitas atau jurusan meminta dokumen seperti sertifikat TOEFL/IELTS, GRE/GMAT, DELF, dan lainnya. Silakan dicek dahulu dokumen yang diminta universitas bersangkutan.

Karena itu, sebaiknya sebelum mendaftar, temukan terlebih dahulu jurusan dan perguruan tinggi yang tepat untuk studi. Silakan dilihat di Daftar Program Turkiye Scholarship yang tersedia.

Pendaftaran online beasiswa Turki 2021 – 2022 dibuka mulai 10 Januari s/d 20 Februari 2021. Silakan daftar lebih awal sebelum deadline berakhir. Bagi kandidat yang lolos seleksi administratif, akan mengikuti tahap wawancara yang akan diberitahukan melalui email yang didaftarkan.

Wawancara tersebut dapat dilakukan melalui telepon atau internet mulai Maret 2021. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan Juli 2021.

Kontak:

[e] info@turkiyeburslari.gov.tr

[t] 0850 455 0 982

[w] https://turkiyeburslari.gov.tr

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Sobat Phi!

Baca Yuk :