Ide Bisnis Online Tanpa Modal Besar. Semenjak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, ada banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Hal inilah yang memicu datangnya resesi ekonomi termasuk di Indonesia.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Tentu supaya hidup tetap berjalan, dibutuhkan penghasilan lain bagi mereka yang kehilangan pekerjaan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memilih ide bisnis modal minim.



Jangan diremehkan, bisnis modal minim yang digeluti dengan optimal tentu akan memperoleh omzet tinggi dan membuat Anda mampu bertahan dalam kondisi ekonomi buruk seperti sekarang. Apalagi bisnis modal minim juga bisa dijalankan di rumah saja, sehingga masih tetap sesuai dengan anjuran protokol kesehatan selama wabah Corona.

Tentu Anda tak mau cuma bisa mengeluh dan menyerah dalam kondisi perekonomian sulit seperti sekarang ini, bukan? Untuk itulah bisnis modal ringan bisa jadi pertimbangan terbaik.

Bingung cari ide untuk memulai bisnis onlien di 2021? Ini beberapa ide bisnis online yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memulai bisnis online.

1. Melakukan Dropshipping

Dropshipping adalah bentuk bisnis dimana kamu menjual produk orang lain. Sebagai dropshipper kamu akan mendapatkan penghasilan yang berasal dari selisih harga yang dibayarkan oleh pembeli ke yang kamu bayarkan untuk supplier. Sebagai dropshiper, kamu tak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya lagi. Misalkan juala fashion, kecantikandll. Jadi, tak perlu repot membuat gudang sendiri. Bukalah komunikasi kepada suplier untuk bekerja sama. Lalu kamu mulai memasarkan produk mereka. Bisa melalui website, media sosial dan lainnya. Saat ini, semakin banyak platform yang menawarkan kerjasama dropship misalnya Sahabat Dropshipper, Yuk Dropship, dan lainnya.



2. Membuka Kursus Online

Himbauan Pemerintah untuk belajar dari rumah membuat kursus online semakin marak. Kursusn online ini bisa jadi ide bisnis online yang menguntungkan.
Tak hanya bagi pelajar namun juga banyak karyawan perusahaan yang juga membutuhkan akses belajar skill baru melalui kursus online. Kursus online adalah sebuah website yang berisi berbagai macam materi pengetahuan yang bisa diakses dengan sistem berbayar. Baik dengan sistem berlangganan, maupun sekali beli.
Kalau kamu nggak punya keahlian buat coding untuk membuat website, jangan khawatir, sekarang banyak platform seperti WordPress yang dapat membantu kamu membuat kursus online dengan sistem yang baik. Kamu cukup fokus pada skill yang akan ditawarkan. WordPress memiliki banyak plugin LMS (Learning Management System) yang akan membantu kamu mengelola kursus membuat kelas hingga manajemen portal pembayaran.

3. Membuka Jasa Pembuatan Website

Buat kamu yang jago coding maka membuka jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Alasannya adalah karena banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri. Langkah awal di bisnis ini adalah dengan membangun website yang unik sebagai media promosi dan identitas online kamu. Jangan lupa bangun branding yang kuat atas keahlian kamu tersebut. Bisnis online ini bisa kamu lakukan tanpa modal dan juga menjanjikan keuntungan yang berlipat karena kamu bisa melakukan berbagai pengembangan usaha yaitu Salah satunya dengan menjadi reseller hosting.

4. Menjadi Blogger

Ketika kamu memiliki blog, kamu tentu akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Lalu, pengunjung akan datang ke blog kamu untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka perlukan. Semakin banyak pengunjung datang maka semakin besar penghasilan yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. Contohnya dengan bergabung ke platform Google Adsense. Selain itu tak jarang bisnis yang berani membayar kamu untuk menulis sponsored post. Dan masih banyak cara lain seperti afiliasi atau menjual produk digital Anda sendiri. Meranriknya, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeser pun.




5. Menjadi Penulis Freelance

Saat ini banyak pebisnis yang sadar pentingnya pemasaran dengan content marketing yaitu salah satunya melalui blog. Namun, tak banyak dari mereka yang memiliki keahlian menulis artikel yang menarik. Oleh karena itu bisnis online jasa penulisan konten menjadi cukup menjanjikan. Untuk menemukan calon konsumen, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pertama adalah dengan bergabung dengan platform freelancer dan mengambil pekerjaan sesuai keahlian Anda. Beberapa platform yang bisa Anda gunakan adalah Sribulancer dan Projects.co.id.

6. Jasa Desain Grafis
Pandai mendesain sesuatu? Kemampuan ini bisa menjadi bisnis online menjanjikan. Apalagi banyak orang butuh jasa desain untuk logo, tampilan website, ilustrasi novel hingga video animasi yang akhirnya membuat para desainer grafis laris-manis. Anda bisa memanfaatkan perangkat gawai yang dimiliki untuk menawarkan jasa ini.



7. Kuliner Online
Dan inilah produk yang tak pernah kehilangan peminat sekalipun perekonomian buruk. Yap, kuliner online selalu punya pasar yang jelas. Apalagi jika Anda memanfaatkan peluang dengan berjualan kuliner yang sedang viral, manfaatkan layanan transportasi online supaya produk kuliner bisa laris manis dan segera dinikmati konsumen.

https://www.niagahoster.co.id/

Read previous post:
Heboh Gaji Rp 250 Juta
Heboh Gaji Rp 250 Juta

Close