Hewan Binturung Yang Memiliki Aroma seperti Popcorn, Binturung (Arctictis binturong) adalah sejenis musang bertubuh besar, Binturung merupakan anggota dari suku Viverridae. Binturung merupakan musang yang langka yang ada di hutan Indonesia dan biasanya di sebut  bearcat.

Hewan Binturung Yang Memiliki Aroma seperti Popcorn

Binturung atau binturong adalah hewan sejenis musang yang hidup di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Binturung tersebar di Kalimantan, Sumatra, dan sebagian kecil Pulau Jawa.



Binturung merupakan musang yang memiliki fisik yang cukup unik yaitu seperti gabungan beruang dan kucing, Binturung memiliki ekor prehensil, yaitu ekor yang bisa mencengkeram seperti tangan seperti ekor monyet.

Binturung menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon. Karena memiliki ekor prehensil sehingga memungkinkan binturung untuk bergelantungan pada dahan seperti monyet. Ekor mereka juga berfungsi untuk menyeimbangkan ketika berjalan di atas batang pohon.

Fakta Unik Binturung

Fakta Unik Binturung

Fakta Unik Binturung

Binturung  menggunakan cairan urin ini untuk menandai wilayah kekuasaannya.Salah satu ciri khas biturung adalah mengeluarkan aroma seperti popcorn yang dipanaskan di dengan mentega. binturung memiliki kelenjar aroma pada bagian bawah ekornya aroma tersebut seperti aroma popcorn.

Menurut para peneliti, bahwa aroma popcorn tersebut berasal dari salah satu senyawa di dalam cairan urinnya. Yaitu senyawa 2-acetyl-1-pyrroline atau 2-AP.

Pada jagung popcorn, terdapat senyawa 2-AP terbentuk ketika biji jagung popcorn dipanaskan. Panas yang tinggi akan mengakibatkan  reaksi antara kandungan gula dan asam amino dalam biji jagung popcorn.

Namun demikian, peneliti masih belum mengetahui bagaimana senyawa 2-AP bisa diproduksi di dalam tubuh binturung. Kemungkinan yang terjadi mengapa binturung mengeluarkan aroma khas seperti popcorn karena adanya bakteri di dalam sistem pencernaan atau pembuangannya memengaruhi zat penyebab aroma popcorn tersebut.

Binturung memiliki berat sekitar 9-20 kg dan memiliki panjang tubuhnya sebesar 60-96 cm, yang merupakan hewan langka yang dilindungi.

Hewan binturong termasuk pada  mamalia atau menyusui,  hewan Binturung merupakan pemakan daging seperti burung atau mamalia kecil, namun begitu binturung juga memakan buah-buahan, sayuran, dan ikan.

Bulu pada Binturung memiliki bermacam-macam warna, biasanya binturung berwarna hitam kecokelatan dengan putih perak, atau karat pada bagian ujungnya.


Menurut data CITES, binturong termasuk jenis hewan yang dilindungi dan digolongkan dalam kategori Apendiks III. Binturong termasuk pada hewan hampir punah sehingga Binturung dilindungi oleh  pemerintah. Demikian artikel tentang Binturung Yang Memiliki Aroma  seperti Popcorn, semoga bermanfaat. www.febykurniawatirejeki.com/hewan-binturung/


Read previous post:
Sidang Isbat Senin 12 April 2021, Berikut Lokasi Rukyatul Hilal
Sidang Isbat Senin 12 April 2021, Berikut Lokasi Rukyatul Hilal

Close