Hebat! Smart Trash Karya Mahasiswa UNY Raih Penghargaan AIESEEF 2022, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih gold medal dalam Asean Innovative Science Enviromental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA).

Mahasiswa UNY membuat Aplikasi pengelolaan sampah plastik bernama Smart Trash dan berhasil menyisihkan sebanyak 447 tim dari 20 negara.


Hebat! Smart Trash Karya Mahasiswa UNY Raih Penghargaan AIESEEF 2022

Dari keprihatinan terkait masih buruknya pengelolaan sampah plastik di Indonesia, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan aplikasi bernama Smart Trash.

Tim Mahasiswa tersebut terdiri dari

  1. Rendy Novianto, program studi (prodi) D4 Pemasaran
  2. Aira Mayhesa, program studi (prodi) D4 Pemasaran
  3. Zakkiatuz Zahrolazizah, program studi (prodi) D4 Pemasaran,
  4. Fadila Balqis Arifah prodi S1 Akuntansi
  5. Adha Estu Rizqi Susetya Radi prodi S1 Bahasa dan sastra Inggris.

Anggota Tim, Rendy Novianto, mengatakan Smart Trash adalah platform edukasi dan pengelolaan sampah plastik dalam bentuk aplikasi android.

Baca Juga :  Amalan Puasa Doa 10 Hari Pertama Ramadhan

Aplikasi ini bertujuan membantu mengelola sampah plastik dengan cara yang lebih baik, serta menguntungkan di setiap kategori sampah plastik.

“Smart Trash dirancang tidak hanya untuk mengelola sampah plastik tetapi juga menjadi platform yang edukatif dan interaktif dengan desain yang menarik dengan menerapkan teknologi yang user friendly dan up to date” kata Rendy, dilansir dari laman resmi UNY, Jumat (11/2/2022).

Menurut Rendy, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan berbagai keuntungan seperti menjual dan membeli sampah dalam berbagai kategori palete plastik.

Pengguna juga dapat membaca artikel tentang lingkungan, menemukan komunitas pecinta lingkungan terdekat, dan saku digital disertai dengan chatbot yang mudah digunakan.

“Smart Trash juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti jual sampah, beli sampah, chat, dan top up,” tuturnya.

Selain itu, pengguna dapat mendistribusikan sampah anorganik secara mudah melalui aplikasi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai usia dan latar belakang sosial.

Baca Juga :  Kunci Jawaban SOAL PKN Kelas 10 SMA SMK MA Halaman 44 45 Permasalahan Indonesia dengan Negara Lain Masalah Perbatasan

“Salah satu layanan yang diberikan oleh Smart Trash antara lain jual beli dari pemulung dan pemulung serta membelinya dengan harga tinggi yang disesuaikan dengan masing-masing jenis sampah” ungkap Rendy.

Menurutnya, ini adalah aplikasi yang mendorong pengelolaan sampah di Indonesia secara lebih baik, melalui 3R (reuse, reduce, recycle). Serta, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam mendaur ulang sampah rumah tangga, memberdayakan pemulung, maupun kolektor sampah lokal.

“Dengan Smart Trash, diharapkan masyarakat dapat belajar dan mendapatkan ilmu pengelolaan sampah rumah tangga, serta membantu perbaikan lingkungan. Selain itu, juga membantu memberdayakan pemulung atau pengumpul sampah lokal”.

Pengguna aplikasi dapat mendistribusikan sampah anorganik seperti plastik secara langsung melalui aplikasi yang dapat diakses dengan mudah dari berbagai usia dan latar belakang sosial. “Salah satu layanan yang diberikan oleh Smart Trash antara lain jual beli dari pemulung dan pemulung serta membelinya dengan harga tinggi yang disesuaikan dengan masing-masing jenis sampah” ujar Aira. Aplikasi ini juga menyediakan fitur edukasi, pengelolaan sampah, dan penjualan sampah. Memanfaatkan aplikasi/website dalam menawarkan kemudahan akses untuk menerima sampah dari masyarakat dan jasa lingkungan, yang nantinya akan diolah menjadi barang setengah jadi atau pelet plastik.

Baca Juga :  Labuan Bajo yang mempesona

“Ini adalah aplikasi yang memperjuangkan pengelolaan sampah di Indonesia melalui 3R (reuse, reduce, recycle) yang diharapkan dapat memberdayakan pemulung dan kolektor sampah lokal,” terangnya.

Berkat Smart Trash, para mahasiswa ini berhasil meraih gold medal dalam Asean Innovative Science Enviromental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) di Universitas Diponegoro Semarang, 2-5 Februari 2022. Mereka berhasil menyisihkan 447 tim dari 20 negara.

Referensi:

  • https://radioedukasi.kemdikbud.go.id
  • https://www.detik.com
  • https://edukasi.sindonews.com

Tags : , , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming