Hasil Karya Kewirausahaan SMKN 9 Bandung dalam Event “Grand Launching SMK BLUD Expose Produk Teaching Factory dan Kewirausahaan SMK Pusat Keunggulan SMKN 9 Bandung”. Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Edy Purwanto membuka “Grand Launching SMK BLUD Expose Produk Teaching Factory dan Kewirausahaan SMK Pusat Keunggulan SMKN 9 Bandung”, Kamis (3/11/2022).

Edy menyampaikan, ini adalah bukti nyata dari SMK (Pusat Keunggulan) PK. “Bukan hanya sekadar penyampaian, tapi karya nyatanya diperlihatkan dalam bentuk produk. Semua muncul di sini,” tutur Edy.


Hasil Karya Kewirausahaan SMKN 9 Bandung dalam Event “Grand Launching SMK BLUD Expose Produk Teaching Factory dan Kewirausahaan SMK Pusat Keunggulan SMKN 9 Bandung”

Ia pun mengapresiasi SMKN 9 Bandung karena mampu menjadi SMK PK yang sangat kolaboratif. “Semua produknya menarik karena ada nilai kolaborasi. Masing-masing punya keunggulan dan yang pasti layak jual,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat dicontoh oleh SMK-SMK lain di Jabar.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 27 November 2022 Valid Terbaru

Sedangkan Kepala SMKN 9 Bandung, Anne Sukmawati mengatakan, pameran tersebut adalah bukti dari pembelajaran yang berhasil. “Dengan teaching factory (Tefa) dan (produk) wirausaha ini bisa mempresentasikan hasil pembelajaran di SMKN 9 Bandung,” tuturnya.

Kegiatan bertajuk “School Invasion” tersebut penuh dengan rangkaian acara. Selain pameran Tefa dan kewirausahaan siswa, juga ada pentas seni, kontes menyanyi, turnamen e-sport, dan nonton series bersama. Edy bersama tamu undangan pun meninjau seluruh produk pameran karya siswa SMKN 9 Bandung.

Hasil Karya Kewirausahaan SMKN 9 Bandung dalam Event “Grand Launching SMK BLUD Expose Produk Teaching Factory dan Kewirausahaan SMK Pusat Keunggulan SMKN 9 Bandung”

Tentang SMKN 9 Bandung

SMK Negeri 9 Bandung merupakan sekolah menengah kejuruan negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Km. 10 RT 009 RW 006, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buah batu, Kota Bandung[1]. SMK Negeri 9 Bandung adalah SMK kelompok pariwisata tertua di kota Bandung. Masa pendidikan di SMK Negeri 9 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X hingga kelas XII, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia.

Baca Juga :  KODE REDEEM FF 27 November 2022 Free Fire

VISI

Terwujudnya Sekolah SMK Juara sebagai Center of Excellent (Pusat Keunggulan) yang menghasilkan berwawasan yang Kompetitif, Kreatif, Inovatif, Berwawasan Nasional, dan Berbudaya lingkungan berdasarkan Iman dan Taqwa (IMTAQ) pada tahun 2023.

MISI

  1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang adaptif terhadap perubahan zaman.
  2. Meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik pendidik melalui magang guru, In House Training (IHT), Workshop di dalam dan luar negeri.
  3. Mewujudkan Pembelajaran berbasis kurikulum industri, mengacu pembelajaran abad 21.
  4. Meningkatkan Sarana dan Prasarana (SARPRAS) Sekolah berbasis industri dan industri 4.0
  5. Meningkatkan kompetensi kebekerjaan peserta didik melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) minimal 6 bulan
  6. Meningkatkan komptensi kewirausahaan peserta didik melalui kegiatan Production House 9 (PH 9) dan Teaching Factory (TEFA)
  7. Meningkatkan pengelolaan berbasis data IT
  8. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui kegiatan kerohanian bagi peserta didik.
  9. Meningkatkan kedisplinan, kemandirian dan kepemimpinan melalui kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler bagi peserta didik.
  10. Membudayakan literasi 3S (Senyum, Sapa, Salam) dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) kepada seluruh warga sekolah.
  11. Mengoptimalkan sertifikasi kompetensi melalui LSP P1 dan CATC bagi peserta didik.
  12. Mengoptimalkan sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi berbasis produk dan jasa dari IDUKA bagi peserta didik.
  13. Mengoptimalkan dana BOS, BOPD, Dana masyarakat dan Corporate Social Responsible (CSR) dari IDUKA, untuk biaya operasional sekolah dengan pengelolaan secara transparan dan akuntabel
Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 27 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

SMK Negeri 9 mempunyai 3 bidang keahlian, yaitu bidang keahlian Pariwisata, Bidang Keahlian Tata Kecantikan dan Bidang Keahlian Tata Busana. Dari ketiga keahlian terbagi menjadi 4 program keahlian yaitu untuk bidang keahlian Pariwisata menjadi 2 program yaitu Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan, bidang keahlian Tata Kecantikan menjadi Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, sedangkan bidang keahlian Tata Busana menjadi Program Keahlian Tata Busana.

Sumber :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming