Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Hari Radio Sedunia 13 Februari 2022, setiap tanggal 13 februari diperingati sebagai hari radio sedunia. Peringatan ini, berawal dari peran radio sebagai media yang mampu merayakan kemanusiaan dalam segala bentuk keragaman, radio juga menjadi platform untuk menebarkan segala bentuk informasi.

Radio adalah salah satu media yang digunakan seluruh orang di dunia untuk mendapatkan berbagai macam informasi, kelebihan dari radio juga karena bisa menjangkau masyarakat terpencil dan juga memudahkan para penderita keterbatasan untuk melihat.

Baca Yuk :

Hari Radio Sedunia 13 Februari 2022

Sejarah Hari Radio Sedunia

World Radio Day merupakan istilah dalam Bahasa Inggris untuk peringatan tersebut, ditetapkan pada 13 Februari 2012 silam oleh PBB atau Persatuan Bangsa Bangsa.

Hari radio sedunia mulai diproklamirkan pada tanggal 3 November 2011 oleh Konferensi Umum ke-36 UNESCO setelah sebelumnya telah diusulkan oleh Kerajaan Spanyol pada tanggal 20 September 2010.

Dewan Eksekutif UNESCO memasukan agenda tersebut dalam agenda sementara untuk memproklamirkan Hari Radio Sedunia pada tanggal 29 September 2011.

Setelah itu UNESCO melakukan konsultasi luas pada tahun 2011 dengan berbagai pemaku kepentingan dan jawaban yang didapatkan adalah sebanyak 91% mendukung Hari Radio Sedunia, dukungan resmi juga mengalir dari berbagai lembaga penyiaran di seluruh dunia.

Hasil dari konsultasi tersebut dapat dilihat dalam dokumen UNESCO 187 EX/13 Setahun setelahnya pada bulan Desember 2012, Majelis Umum PBB mengesahkan Hari Radio Sedunia, sehingga menjadi hari yang dapat dirayakan oleh semua negara anggota PBB.

Hari Radio Sedunia yang dirayakan setiap tahunnya memiliki tema berbeda-beda, pada tahun 2014 mendapatkan tema Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Radio. Pada tahun 2015, UNESCO mengusulkan tema Muda dan Radio. Pada tahun 2016, Peran Radio Dalam Keadaan Darurat dan Bencana. dll

Tema Hari Radio Sedunia Tahun 2022

Sementara itu, Tema Hari Radio Sedunia Tahun 2022, Radio and Trush ( Radio dan  Kepercayaan). Tema yang digaungkan oleh UNESCO terhadap akses digital terhadap informasi kian jauh dari kata setara. Radio diharapkan terus eksis berperan kepada semua kalangan termasuk masyarakat yang tidak terjangkau platform media sosial.

Pada kesempatan Hari Radio Sedunia 2022, UNESCO mengimbau stasiun radio di seluruh dunia merayakan edisi ke-11 kegiatan ini dan lebih dari satu abad lahirnya radio.

UNESCO menyatakan untuk edisi WRD kali ini dibagi menjadi tiga subtema utama: Percaya pada jurnalisme radio; Kepercayaan dan aksesibilitas; dan Kepercayaan dan kelangsungan hidup stasiun radio.

Hari Radio Dunia adalah salah satu Hari Internasional PBB yang paling populer. Setiap tahun, ratusan stasiun radio di seluruh dunia bergabung dalam perayaan ini. Situs web resmi untuk perayaan ini menerima rata-rata lebih dari 100.000 kunjungan per tahun.

Menurut sebuah survei, masyarakat masih memerlukan media radio. Selain biaya mengaksesnya relatif murah, radio mampu menjangkau jutaan pendengar yang tersebar di berbagai tempat dengan kondisi geografis beragam.

Radio merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi yang memberikan berbagai manfaat dan kegunaan hingga saat ini. Misalnya, gelombang radio yang digunakan untuk memancarkan siaran berita atau sebagai sarana informasi, atau juga gelombang radio yang digunakan untuk menyambungkan percakapan antara dua orang.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa fungsi radio lain yang tidak kalah penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai saran informasi dan komunikasi, gelombang radio juga bermanfaat untuk beberapa kegunaan lain. Seperti gelombang radio yang digunakan pada alat microwave hingga radio untuk keperluan radar GPS.

Sebagai salah satu teknologi yang sering digunakan, tentu penting untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi radio dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi radio yang digunakan hingga saat ini, menunjukkan bahwa manusia tidak bisa lepas dari peran teknologi.

Referensi:

  • http://www.kpi.go.id
  • https://rri.co.id
  • https://www.merdeka.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,