Hari Musik Nasional 9 Maret 2021 Cek Latar Belakang Sejarahnya. Dapat dikatakan, musik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Musik dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat.



Bukan hanya itu, musik juga digunakan dalam berbagai macam kegiatan. Seperti musik yang digunakan untuk melengkapi pertunjukan film atau drama, musik untuk media relaksasi, hingga musik sebagai media pendidikan atau penyebaran agama pada zaman dahulu.

Hari Musik Nasional 9 Maret 2021 Cek Latar Belakang Sejarahnya

Bagi setiap negara, musik juga digunakan sebagai suatu identitas kebangsaan tersendiri. Di mana setiap negara mempunyai lagu kebangsaan yang mencerminkan semangat perjuangan dari masing-masing latar belakang yang dimiliki bangsa tersebut. Termasuk lagu kebangsaan Indonesia Raya karya W.R. Supratman yang mempunyai makna mendalam dan mampu membangkitkan semangat patriotisme bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak heran jika Indonesia memberikan apresiasi yang tinggi pada musik. Bukan hanya W.R. Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan, tetapi juga apresiasi bagi musisi masa kini yang masih menghidupkan industri hiburan musik. Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan tidak lain adalah menetapkan 9 Maret sebagai peringatan Hari Musik Nasional.

Penetapan Hari Musik Nasional ini pun mempunyai tujuan dan latar belakang sejarah tersendiri yang menarik untuk diketahui. Hal ini tidak jauh dari peran W.R. Soepratman sebagai salah satu musisi yang menyumbangkan kontribusi baik bagi Indonesia.

Seperti diketahui, peringatan Hari Musik Nasional jatuh setiap tanggal 9 Maret. Rencana penetapan Hari Musik Nasional ini disusun sejak tahun 2003, tepatnya di era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarno Putri.




Rencana ini datang atas usul organisasi Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). Meskipun telah direncanakan sejak tahun 2003, namun proses penetapan Hari Musik Nasional ini cukup panjang.

Selama satu dekade sejak rencana awal, tahun 2013 saat pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, penetapan Hari Musik Nasional diresmikan. Melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, 9 Maret resmi diperingati sebagai Hari Musik Nasional setiap tahunnya. Penetapan Hari Musik Nasional ini berangkat dari latar belakang W.R. Supratman sebagai salah satu Pahlawan Nasional yang berjasa menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Tanggal 9 Maret diambil dari hari lahir W.R Supratman yang menjadi salah satu inspirasi dunia musik Indonesia. Bukan hanya memberikan penghargaan pada W.R Supratman, peringatan Hari Musik Nasional ini juga memberikan apresiasi tinggi pada seluruh musisi masa kini yang masih terus berkarya di industri musik.

Tentu hal ini dapat memberikan semangat dan dukungan penting bagi para musisi masa kini untuk mengembangkan terus mengembangkan ide kreatifnya dalam memberikan banyak inspirasi bagi masyarakat.

Musik juga bisa menjadi sarana komunikasi bagi masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan Dengan begitu, musik akan terus dibutuhkan sebagai hiburan menarik yang inspiratif bagi masyarakat.



Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada 9 Maret, Kita simak yuk :

1. Wage Rudolf Soepratman Lahir, 1903

Pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Soepratman lahir pada 9 Maret 1903 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah.

Tanggal lahir WR Soepratman pun ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional, walaupun banyak yang berpendapat bahwa ia lahir pada 19 Maret 1903.

2. Gempa Bumi Guncang Alaska, 1957

Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter terjadi di Kepulauan Andreanof, Alaska. Guncangan gempa tersebut pun memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik yang menimbulkan kerusakan yang luas di Hawaii dan Oahu.

3. Barbie Pertama Kali Dipamerkan, 1959

Boneka Barbie untuk kali pertama dipamerkan sekaligus dijual dalam Festival Mainan Amerika di New York, Amerika Serikat (AS) pada 9 Maret 1959. Tanggal ini juga ditetapkan sebagai ulang tahun boneka tersebut.




4. Peringatan Hari Musik Nasional

Setiap 9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 10 Tahun 2013 yang disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri telah lebih dahulu merencanakan adanya Hari Musik Nasional pada 10 Maret 2003 dengan ditandai pemencetan tombol situs resmi Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). Diketahui, Hari Musik Nasional ditetapkan pada 9 Maret sebagai peringatan hari lahir Wage Rudolf Soepratman.

Sumber : Okezone.com, Merdeka.com


Read previous post:
Kunci-Jawaban-Tematik-sd-2
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD Pemimpin Idolaku Halaman 100 – 102 Subtema 2 pembelajaran 6

Close