Greeone

Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 November 2021, Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) diperingati setiap tanggal 28 November. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia yang dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 November 2021

Baca Yuk :

Di Indonesia, 28 November sering menjadi Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Selain itu, peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 yang menyatakan bahwa tanggal 28 November ditetapkan sebagai HMPI dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional.

Keputusan Presiden itu menyetakan, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional.

Tujuan Hari Menanam Pohon Indonesia

Tujuan dari diadakannya Hari Menanam Pohon Indonesia adalah untuk memulihkan kerusakan hutan dan lahan. Biasanya, HMPI dirayakan dengan cara merehabilitasi kembali hutan rusak dan lahan kritis melalui kegiatan menanam pohon secara massal oleh masyarakat luas.

Gerakan penanaman ini dilatarbelakangi oleh perubahan iklim secara global yang dampaknya adalah terganggunya ekosistem, kondidi cuaca ekstrim, terganggunya sistem tata air DAS, dan ancaman terjadinya bencana alam (banjir, tanah longsor dan kekeringan) serta terganggunya ketahanan pangan nasional.

Gerakan penanaman pohon serentak oleh masyarakat luas merupakan bentuk kesadaran dan kepedulian untuk upaya memulihkan kerusakan hutan dan lahan yang dilaksanakan dengan merehabilitasi kembali hutan rusak dan lahan kritis.

Menanam pohon juga menjauhkan kita dari berbagai bencana diantaranya banjir dan tanah longsor. Sebab, pohon bisa menyerap air hujan dengan baik.

Deforestasi hutan di negara kita sudah sangat parah, Deforestasi adalah suatu peristiwa hilangnya hutan alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan. Penebangan hutan sendiri bertujuan mengubah lahan hutan menjadi non hutan.

Di Indonesia tingginya angka deforestasi di Indonesia sangat berhubungan erat dengan permintaan lahan untuk konversi pertanian dan pertambangan. Dilansir dari dinas lingkungan hidup, Beberapa manfaat dalam menanam pohon antara lain,

  • Mengurangi Global Warming
    Menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global. Pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global.

Pemanasan global atau global warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan permukaan Bumi.

Keberadaan pohon dapat menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab utama dari pemanasan global.

oleh karena itu, menanam pohon dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global sehingga keberadaan Bumi menjadi lebih membaik.

  • Sumber Oksigen
    Semua makhluk bernapas membutuhkan oksigen dan pohon berfungsi sebagai penyumbang oksigen.
    Seperti yang diketahui, pohon melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan berbagai macam zat yang baik untuk kelangsungan keberadaan makhluk hidup.
  • Menyimpan Air dalam Tanah
    Pohon mempunyai kemampuan menyimpan air dalam tanah. Air yang disimpan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya.
  • Menyerap Polusi Udara
    Pohon membantu mengurangi polusi udara. Asap-asap hasil kendaraan bermotor akan langsung diserap oleh pohon dan kemudian diproses menjadi oksigen.
    Dengan menanam pohon, zat karbon dioksida akan diserap oleh pohon yang kemudian diproses menjadi oksigen.

Keberadaan pohon yang kaya akan oksigen dapat mencegah datangnya polusi udara.

  • Memperindah
    Pohon membantu memperindah lingkungan sekitar. Pohon memiliki beberapa bentuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri.
  • Menyediakan Tempat Tinggal Hewan
    Dengan menanam pohon, kita membantu melestarikan tempat hidup binatang seperti burung, tupai, lebah, dan ular.
  • Mencegah Banjir dan LongsorPohon juga membantu penghijauan untuk mencegah banjir serta mengurangi dampak dari hujan asam.
    Pohon dapat menampung air untuk mencegah banjir dan membuat struktur tanah tetap stabil dan enggak mudah untuk terjadi longsor.
  • Udara Tersebar Merata
    Pohon dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin.
    Pemecahan sirkulasi ini supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan.
  • Mencegah Erosi
    Pohon yang memiliki akar serabut berguna untuk mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor.

Itulah informasi tentang Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 November 2021, Kegiatan menanam pohon sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga dapat menurunkan pemanasan global.

(menlhk.go.id, tirto.id, kompas.com)

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , ,

Streaming Now