Hari Laut Sedunia 2021. Pada 8 Juni 2021 ini diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian akan pentingnya ekosistem laut yang selama ini menjadi sumber daya yang dibutuhkan manusia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day diperingati setiap 8 Juni.

Hari Laut Sedunia 2021

Sejarah Hari laut Sedunia

Menurut sejarahnya, Hari Laut mulai diinisiasi sejak 1992. Mengutip dari laman resmi World Oceans Day, deklarasi ini dilakukan di Rio de Janeiro, Brasil yang digagas dalam Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan (UNCED).



Saat itu, delegasi asal Kanada mengusulkan gagasan adanya hari khusus peringatan soal kelautan. Akan tetapi, usulan mereka tak langsung diresmikan. Pada 2002, Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO mensponsori Jaringan Kelautan Dunia yang berperan penting dalam membangun dukungan terkait Hari Laut Sedunia. Pada 5 Desember 2008, PBB secara resmi menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111.

Dalam pertemuan itulah, organisasi non pemerintah (LSM) dan masyarakat sipil bertukar pandangan tentang isu-isu lingkungan.

Deklarasi ini terinspirasi dari sebuah acara yang diselenggarakan pada 8 Juni oleh Oceans Institute of Canada dan didukung oleh Pemerintah Kanada, yakni “OCEANS DAY AT GLOBAL FORUM – THE BLUE PLANET”. Program ini menampilkan pakar internasional, pemimpin opini, dan mereka yang berada dalam porsi berbicara terkait kontribusi lautan untuk mempertahankan Planet Biru.

Meski pembahasan sudah dilakukan sejak 1992, Majelis Umum PBB, yang dipimpin oleh Kanada, baru mengesahkan Hari Laut Sedunia pada 2008 sesuai dengan Resolusi Majelis Umum 63/111.

Saat itu, Sekretaris Jenderal PBB menyampaikan keprihatinannya soal isu laut dan implementasi Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), ruang maritim, pelayaran internasional, keamanan maritim, ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, keanekaragaman hayati laut, lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan kerjasama regional dan internasional.

Tujuannya Memperingati Hari Laut Sedunia 2021

Tujuan peringatan Hari Laut Sedunia adalah untuk merayakan lautan dunia kita bersama dan hubungan pribadi antara manusia dengan laut.

Kemudian, juga untuk meningkatkan kesadaran manusia tentang peran penting lautan dalam kehidupan dan cara yang dapat dilakukan manusia untuk melindungi lautan. Kita merayakan Hari Lautan Sedunia untuk mengingatkan semua orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari.

Laut adalah paru-paru planet Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia. Laut menyediakan sebagian besar oksigen yang kita hirup. Laut juga menjadi sumber utama makanan dan obat-obatan serta bagian penting dari biosfer.

Tema Hari Laut Sedunia 2021

Tema Hari Laut Sedunia tahun ini bertajuk “The Ocean: Life and Livelihoods” atau “Lautan: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya”. Lautan menutupi lebih dari 70 persen planet ini, dan menjadi sumber kehidupan umat manusia. Belum lagi, laut adalah kunci ekonomi kita dengan perkiraan 40 juta orang dipekerjakan oleh industri berbasis laut hingga 2030.

Berdasarkan data dari PBB, populasi ikan besar habis, dan 50 persen terumbu karang hancur, akibat ulah manusia mengambil lebih banyak daripada yang diregenerasi. Untuk melindungi dan melestarikan laut dan semua yang menopangnya, kita harus menciptakan keseimbangan baru, yang berakar pada pemahaman yang benar tentang laut dan bagaimana manusia berhubungan dengannya. Bukan hanya itu, perlu juga membangun koneksi ke laut yang inklusif, inovatif, dan bermanfaat bagi laut dan kehidupan di dalamnya.

Perayaan Hari Laut Sedunia di Masa Pandemi

Sejak pandemi COVID-19 meluas di seluruh dunia, perayaan Hari Laut Sedunia tidak lagi diselenggarakan di kantor pusat PBB di New York. Tahun 2020 mengawali perayaan virtual pertama.

Di tahun 2021, peringatan Hari Laut Sedunia kembali digelar secara virtual. PBB mengusung tema ‘Lautan: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya’.

Peringatan Hari Laut Sedunia dilakukan oleh Divisi Urusan Kelautan dan Hukum Laut (DOALOS) Kantor Urusan Hukum PBB bekerja sama dengan organisasi nirlaba Oceanic Global. Acara yang dilakukan secara virtual ini akan membahas tuntas terkait keajaiban laut dan bagaimana laut menjadi sumber kehidupan manusia dan setiap organisme lain di bumi.

Tema Hari Laut Sedunia tahun ini sangat relevan menjelang Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang akan berlangsung dari tahun 2021 hingga 2030. Dekade ini akan memperkuat kerja sama internasional untuk mengembangkan penelitian ilmiah dan teknologi inovatif yang dapat menghubungkan ilmu kelautan dengan kebutuhan masyarakat.

Cara Memperingati Hari Laut Sedunia 8 Juni 2021

Anda juga bisa berpartisipasi dalam Hari Laut Sedunia 2021 dengan melakukan cara-cara berikut ini, seperti dilansir Blue Ocean Network.

1. Perhatikan jejak karbon dan kurangi penggunaan energi

Kurangi efek perubahan iklim di laut dengan mengurangi penggunaan mobil dna kendaraan pribadi. Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan energi adalah: lebih memilih naik tangga daripada lift, matikan komputer, dan gunakan kipas angin untuk menghindari pengaturan termostat yang berlebihan.

2. Pilih makanan laut yang aman dan berkelanjutan

Populasi ikan global dengan cepat habis karena permintaan, hilangnya habitat, dan praktik penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan. Saat berbelanja atau makan di luar, bantu kurangi permintaan spesies yang dieksploitasi secara berlebihan dengan memilih makanan laut yang menyehatkan dan berkelanjutan.

3. Gunakan lebih sedikit produk plastik

Plastik yang berakhir sebagai sampah laut berkontribusi pada perusakan habitat dan menjerat serta membunuh puluhan ribu hewan laut setiap tahun. Untuk membatasi dampak itu, bawalah botol air yang dapat digunakan kembali, simpan makanan dalam wadah sekali pakai, bawa tas kain Anda saat belanja, dan lakukan daur ulang bila memungkinkan.

4. Bantu jaga pantai

Apakah Anda menikmati menyelam, berselancar, atau bersantai di pantai? Jelajahi dan hargai lautan tanpa mengganggu satwa liar atau menghilangkan bebatuan dan karang. Anda juga bisa berpartisipasi dalam pembersihan pantai setempat.




5. Jangan membeli barang yang mengeksploitasi kehidupan laut

Produk tertentu berkontribusi pada perusakan terumbu karang dan populasi laut yang rapuh. Hindari membeli barang-barang seperti perhiasan karang, aksesoris rambut kulit penyu (terbuat dari penyu sisik), dan produk dari hiu.

Sumber : Hari Laut Sedunia 2021
– https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/08/080500265/hari-laut-sedunia-2021–sejarah-dan-tema-tahun-ini?page=all
– https://news.detik.com/berita/d-5597492/hari-laut-sedunia-2021-begini-perayaannya-di-masa-pandemi
– https://tirto.id/hari-laut-sedunia-2021-tema-8-juni-cara-rayakan-world-ocean-day-ggCr


Read previous post:
Rencana Sekolah Tatap Muka Tidak Direkomendasikan IDAI
Soal Latihan UAS PAT Matematika SMA Kelas 10, Disajikan dalam Pilihan Ganda Online beserta Kunci Jawaban

Close