Sobat Phi Tahukah kamu jika Pada 2 Februari adalah Hari Lahan Basah Sedunia 2020,  Tujuan dari Lahan Basah sedunia  adalah untuk meningkatkan kesadaran global tentang peranan vital lahan basah bagi kehidupan manusia dan alam sekitar diseluruh bumi.

Hari Lahan Basah Sedunia 2020

Hari Lahan Basah Sedunia 2020 (World Wetlands Day 2020) yang diperingati setiap tanggal 2 Februari pada tahun 2020 ini mengusung tema Lahan basah dan Keanekaragaman Hayati adalah tema untuk tahun 2020 (Wetlands and Biodiversity).

Indonesia sebagai salah satu anggota dari Konvensi Ramsar (Lahan Basah). Indonesia ikut bergabung  pada Konvensi Ramsar karena terdapat lahan gambut sekitar 15 juta hektar tersebar di beberapa tempat di Indonesia.

Indonesia juga ikut serta Indonesia untuk menjaga kestabilan ekosistem terutama di lahan gambut, pemanasan global, perubahan iklim, biodiversitas beserta dampak yang ditimbulkan nantinya.

Konvensi Ramsar adalah perjanjian internasional untuk konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara berkelanjutan. Nama resmi konvensi ini adalah The Convention on Wetlands of International Importance, especially as Waterfowl Habitat. Konvensi Ramsar diratifikasi pemerintah Indonesia pada tahun 1991 melalui Keputusan Presiden RI No. 48 tahun 1991.

Konvensi Ramsar disusun dan disetujui negara-negara peserta sidang di Ramsar, Iran pada tanggal 2 Februari 1971 dan mulai berlaku 21 Desember 1975.



Sampai tanggal 2010 terdapat 159 negara penandatangan konvensi yang merupakan peningkatan dari sejumlah 119 negara pada tahun 2000, dan 18 negara pendiri pada tahun 1971. Negara peserta konvensi bertemu setiap 3 tahun sekali di Konferensi Para Pihak yang pertama kali diadakan tahun 1980 di Cagliari, Italia. Amendemen disetujui di Paris (tahun 1982) dan di Regina (tahun 1987).

Konvensi Ramsar memiliki komisi tetap, panel inspeksi keilmuan, dan sekretariat. Markas besar Konvensi Ramsar terletak di Gland, Swiss bersama-sama dengan IUCN.

Sejak 1997, Sekretariat Ramsar telah menyediakan materi penjangkauan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dan nilai lahan basah. Materi dapat diunduh di www.worldwetlandsday.org.

Semoga informasi tentang  Hari Lahan Basah Sedunia 2020 dapat menambah pengetahuan  sobat Phi, Semoga kita dapat melindungi bumi kita dan menjaga kestabilan ekosistem terutama di lahan gambut, pemanasan global dan perubahan iklim.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Tips Magang di Radio
Tips Magang di Radio

Gejala Virus Corona
Gejala Virus Corona

Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020 Zona Asia
Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020 Zona Asia

Close