SobatPhi tepat hari ini kita memperingati hari Kartini 21 April 2020. Pada tanggal 21 April 1879 Raden Adjeng Kartini lahir, dia adalah tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia dan sekarang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Hari Kartini 21 April 2020

Raden Adjeng Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Ia merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera setelah Kartini lahir. Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara.



Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI. Garis keturunan Bupati Sosroningrat bahkan dapat ditilik kembali ke istana Kerajaan Majapahit. Semenjak Pangeran Dangirin menjadi bupati Surabaya pada abad ke-18, nenek moyang Sosroningrat mengisi banyak posisi penting di Pangreh Praja.

Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalah anak perempuan tertua. Kakeknya, Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat bupati dalam usia 25 tahun dan dikenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati pertama yang memberi pendidikan Barat kepada anak-anaknya. Kakak Kartini, Sosrokartono, adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa. Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School). Di sini antara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit.

Penetapan hari Kartini ini di buat pada tahun 1964 oleh presiden Soekarno yang mengeluarkan keputusan presiden no.108 tahun 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, 21 April untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai hari Kartini.



Selamat hari Kartini untuk semua wanita Indonesia, tetaplah menjadi sosok yang selalu bersinar dan tak pernah padam.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Cerita-Menarik-Ketika-Belajar-dari-Rumah-Selama-Pandemi---Ikuti-program-dari-Pustekkom-Kemdikbud-Dapat-Souvenir-Menarik
Cerita Menarik Ketika Belajar dari Rumah Selama Pandemi – Ikuti program dari Pustekkom Kemdikbud Dapat Souvenir Menarik

Menilik-5-Keunggulan-Unpad
Menilik 5 Keunggulan Unpad

Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Rabu-22-April-2020
Jadwal Acara Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 23 April 2020

Close