Hari Ibu Nasional 22 Desember 2021, Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember. diperingati untuk menghargai peran seorang ibu, sebagai istri untuk suaminya, sebagai ibu untuk anaknya maupun peran ibu serta di lingkungannya.

Hari Ibu Nasional 22 Desember 2021

Baca Yuk :

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Peringatan hari ibu dilandasi tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur.

Sejarah Hari Ibu Nasional

Sejarah Hari Ibu di Indonesia tidak terlepas dari peran perempuan di Tanah Air untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Sebagaimana di deklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928, di Jogjakarta. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahun.

Bertepatan ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.

Mengutip Susan Blackburn dalam buku Kongres Perempuan Pertama: Tinjauan Ulang, tokoh-tokoh penting di balik Kongres Perempuan I adalah Soejatin, Nyi Hadjar Dewantoro, dan R.A. Soekonto. Mereka ingin membangun kesadaran bagi kaum perempuan di Indonesia untuk memperjuangkan hak-haknya.

Kongres tersebut diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran dan saat ini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Dan dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra ini dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Pada saat itu, Isu yang diangkat adalah pendidikan bagi anak perempuan, perkawinan anak, kawin paksa, permaduan dan perceraian secara sewenang-wenang, serta peran wanita yang seringkali hanya menjadi “kanca wingking”. Sebagian besar masyarakat Indonesia saat itu sangat membatasi ruang gerak kaum perempuan.

Berawal dari kongres yang dihadiri oleh 600 orang dari 30 organisasi inilah kemudian persatuan di antara perempuan semakin kuat dan tergabung dalam organisasi yang lebih besar, yakni Perikatan Perkoempolan Istri Indonesia (PPII).

Alasan dipilih tanggal 22 Desember Pada Kongres Perempuan III, perkumpulan perempuan-perempuan ini menyuarakan pentingnya peran perempuan dan menetapkan tanggal pertama dimulainya Kongres Perempuan I pada 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Hari pertama dari Kongres Perempuan I dipilih karena bertujuan mengekalkan sejarah kesatuan pergerakan perempuan Indonesia dan dilakukan untuk menghayati peristiwa bersejarah tersebut.

Presiden Soekarno waktu itu memberikan dukungan atas Kongres Perempuan III melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959. Melalui Surat Keputusan tersebut, Hari Ibu pada 22 Desember resmi menjadi Hari Nasional.

Ditetapkannya Hari Ibu, berarti sekaligus memperingati perjuangan perempuan sebagai bagian dari perjuangan bangsa yang tercermin dalam Sumpah Pemuda 1928.

Gerakan tersebut mendapat dukungan dari Presiden pertama RI, Soekarno sehingga menetapkan Hari Ibu Nasional 22 Desember, hingga saat ini setiap tangga 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Nasional.

Di Indonesia, saat ini telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis di berbagai kehidupan.

Hal Ini membuktikan bahwa jika kaum perempuan diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas dirinya. Peran dan kontribusi kaum perempuan dalam pembangunan dapat menjadi motor dan pengerak perubahan di berbagai sektor kehidupan.

Hari Ibu Nasional 22 Desember 2021

Menjadi seorang Ibu menggambarkan cinta tanpa syarat dan tak pernah mementingkan dirinya sendiri. Ibu adalah guru, sahabat, pembimbing, dan panutan. Seorang Ibu selalu berjuang sebisa mungkin untuk membahagiakan keluarganya, Ibu akan selalu mendukung anaknya untuk berkembang dan meraih mimpi-mimpinya.

Tapi percayalah, di setiap peluh keringat seorang ibu tak akan pernah sia-sia, saat melihat anak dan keluarganya bahagia. Doa Ibu adalah doa yang selalu melindungi langkah kaki untuk anak dan keluarga, Terima kasih yang tak terhingga kapada semua Ibu yang ada Indonesia dan di seluruh dunia. Selamat Hari Ibu.

Referensi : Kompas.com, Liputan6.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now