Hari Gunung Internasional 11 Desember 2021, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pun menetapkan tanggal 11 Desember sebagai Hari Gunung Internasional.

Hari Gunung Internasional 11 Desember 2021

Baca Yuk :

Hari Gunung Internasional atau International Mountain Day yang disepakati juga oleh Food Agriculture Organization (FAO). Hari Gunung Internasional ditetapkan untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya pegunungan bagi kehidupan.

Definisi Gunung

Gunung adalah suatu bentuk permukaan tanah yang letaknya jauh lebih tinggi daripada tanah-tanah di daerah sekitarnya. Gunung pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung di tempat yang lain.

Gunung pada umumnya memiliki lereng yang curam dan tajam atau bisa juga dikelilingi oleh puncak-puncak atau pegunungan. Pada beberapa ketinggian gunung bisa memiliki dua atau lebih iklim, jenis tumbuh- tumbuhan, dan kehidupan yang berbeda.

Sejarah Hari Gunung Internasional

Peringatan Hari Gunung Internasional ini bermula pada tahun 1992. Saat itu, PBB menggelar konferensi mengenai “Pengelolaan Ekosistem yang Rapuh: Pembangunan Gunung yang Berkelanjutan” tentang lingkungan dan pembangunan yang menjadi tonggak penting dalam sejarah pengembangan gunung.

Karena meningkatnya perhatian terhadap pentingnya pegunungan, Sidang Umum PBB mendeklarasikan tahun 2002 sebagai Tahun Pegunungan Internasional menurut PBB. Akhir dari sidang tersebut, maka ditetapkanlah 11 Desember sebagai “Hari Gunung Internasional” sejak tahun 2003.

Manfaat Gunung

Manfaat gunung bagi kehidupan tentu sangat banyak.Selain bisa menjadi tempat wisata karena keindahan alam di dalamnya, gunung juga memiliki manfaat untuk kehidupan sekitar.

Selain untuk mendaki, gunung memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup. Pegunungan menutupi sekitar 22 persen permukaan bumi dan 13 persen populasi dunia tinggal di pegunungan.

Manfaat gunung yang pertama sebagai tempat tinggal dan ketersediaan pangan. Banyak makanan yang hanya bisa ditanam di dataran tinggi dengan suhu tertentu. enam dari 20 spesies tanaman yang memasok sebagian besar makanan dunia, berasal dari daerah pegunungan. Seperti:

  • Jagung,
  • Kentang,
  • Barley,
  • Sorgum,
  • Quinoa,
  • Tomat
  • Apel

Dilansir dari laman We Forum, Banyak makanan bernilai tinggi dan bermutu tinggi juga diproduksi oleh masyarakat pegunungan, seperti kopi, kakao, madu, rempah-rempah dan rempah-rempah, meningkatkan mata pencaharian dan meningkatkan perekonomian local.

Manfaat Gunung Bagi Kehidupan

  • Gunung Menyediakan Air Bersih

Manfaat gunung dan pegunungan memainkan peran penting dalam menyediakan air dan pasokan makanan bagi jutaan orang di dunia.  Pegunungan menawarkan 60-80 persen air tawar dunia.

  • Gunung Menjaga Keragaman Hayati

Banyak gunung telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan cagar biosfer, mengakui bahwa gunung tersebut memainkan peran kunci dalam pembangunan berkelanjutan dan konservasi keanekaragaman hayati.

Pegunungan menampung 25% keanekaragaman hayati dunia di darat, dan merupakan rumah bagi spesies yang sangat terspesialisasi yang tidak akan bertahan di tempat lain.

  • Gunung untuk Pariwisata

Sebagai tujuan pariwisata, pegunungan menarik sekitar 15-20 persen dari pariwisata global dan merupakan wilayah keanekaragaman budaya, pengetahuan dan warisan yang penting.

  • Pegunungan Penting bagi Masyarakat Adat

Dilansir dari laman Eco Watch, banyak daerah pegunungan menampung komunitas adat kuno yang memiliki dan memelihara pengetahuan, tradisi, dan bahasa yang berharga. Masyarakat pegunungan telah mengembangkan sistem penggunaan lahan yang luar biasa dan memiliki kekayaan pengetahuan dan strategi yang terkumpul dari generasi ke generasi tentang bagaimana beradaptasi dengan variabilitas iklim.

Pegunungan menampung 25% keanekaragaman hayati dunia di darat, dan merupakan rumah bagi spesies yang sangat terspesialisasi yang tidak akan bertahan di tempat lain.

Hampir sepertiga dari hutan dunia dapat ditemukan di daerah pegunungan, berisi beragam pohon khusus yang tidak dapat bertahan di bagian hilir.

Selain menyediakan rumah dan mendukung ekosistem unik, pohon-pohon ini memainkan peran penting dalam mengatur iklim daerah. Menyerap air hujan dalam jumlah besar, mereka juga penting untuk mencegah erosi, tanah longsor, dan bebatuan

Namun, eksploitasi Gunung yang berlebihan menyebabkan semakin berkurangnya pegunungan. Penyebab iklim yang berubah drastic.

Itulah informasi tentang Hari Gunung Internasional 11 Desember 2021, Peringatan Hari Gunung Internasional untuk mendorong komunitas internasional agar mendukung pelestarian gunung secara berkelanjutan.

Referensi: kumparan.com, merdeka.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now