Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan. Dilansir dari laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2004 dan juga ditetapkan sebagai acara global tahunan oleh WHO ke-58 pada tahun 2005.

Adapun penetapan Hari Donor Darah Sedunia juga didasarkan atas kesepakatan bersama oleh sejumlah organisasi, seperti WHO, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.

Baca Yuk :

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Setiap tanggal 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day. Memperingati Hari Donor Darah Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya darah dan produk darah yang aman dan berterima kasih kepada para donor darah sukarela yang tidak dibayar atas hadiah darah yang menyelamatkan jiwa mereka.

Selain itu, pada tanggal 14 Juni juga dirayakan untuk memperingati ulang tahun Karl Landsteiner yang merupakan sosok ahli biologi dan dokter Austria, ia dianggap sebagai “pendiri” transfusisi darah modern. Tidak hanya itu, Karl Landsteiner berhasil menemukan golongan darah ABO dan mengembangkan sistem klasifikasi golongan darah modern pada tahun 1901.

Setiap tahunnya, tema global Hari Donor Darah Sedunia berubah sebagai pengakuan atas individu-individu tanpa pamrih yang menyumbangkan darah mereka untuk orang-orang yang tidak mereka kenal. Darah dan produk darah yang aman serta transfusinya merupakan aspek penting dari perawatan dan kesehatan masyarakat. Darah dan produk darah adalah kunci dalam mengobati orang yang menderita berbagai penyakit.

Perempuan dan anak-anak cenderung menjadi orang yang paling membutuhkan darah, seperti pada saat kehamilan dan persalinan, anak yang menderita anemia berat akibat malaria dan gizi buruk, pasien dengan kelainan darah dan sumsum tulang, kelainan bawaan hemoglobin dan kondisi defisiensi imun, korban trauma, keadaan darurat, bencana dan kecelakaan, serta pasien yang menjalani prosedur medis dan bedah tingkat lanjut.

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Menurut WHO, kebutuhan akan darah bersifat universal, tetapi akses ke darah bagi semua orang yang membutuhkannya tidak. Kekurangan darah sangat akut di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Untuk memastikan bahwa setiap orang yang membutuhkan transfusi memiliki akses ke darah yang aman, semua negara membutuhkan donor darah sukarela tanpa bayaran yang memberikan darah secara teratur. Menjadi pendonor darah sukarela secara teratur adalah langkah sederhana namun tanpa pamrih yang dapat dilakukan setiap orang untuk memperkuat, mendukung sistem kesehatan setempat, dan menyelamatkan nyawa.

Pada Hari Donor Darah Sedunia 2022, WHO menyerukan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk memberikan darah sebagai tanda solidaritas. Slogan Hari Donor Darah Sedunia 2022 adalah “Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives” atau “Mendonorkan darah adalah tindakan solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa”

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Tujuan khusus dari kampanye tahun ini adalah untuk:

  • Berterima kasih kepada para donor darah di dunia dan menciptakan kesadaran masyarakat yang lebih luas akan perlunya donor darah yang teratur dan tidak dibayar,
  • Menyoroti kebutuhan akan donor darah sepanjang tahun yang berkomitmen, untuk mempertahankan persediaan yang memadai dan mencapai akses universal dan tepat waktu ke transfusi darah yang aman,
  • Mengakui dan mempromosikan nilai-nilai donor darah sukarela yang tidak dibayar dalam meningkatkan solidaritas masyarakat dan kohesi sosial,
  • Meningkatkan kesadaran akan perlunya peningkatan investasi dari pemerintah untuk membangun sistem darah nasional yang berkelanjutan dan tangguh dan meningkatkan pengumpulan dari donor darah sukarela yang tidak dibayar.

Keterlibatan dan dukungan akan membantu memastikan dampak yang lebih besar untuk Hari Donor Darah Sedunia 2022, meningkatkan pengakuan di seluruh dunia bahwa memberi darah adalah tindakan solidaritas yang menyelamatkan jiwa dan bahwa layanan yang menyediakan darah dan produk darah yang aman adalah elemen penting dari setiap sistem perawatan kesehatan.

Darah merupakan komponen vital dalam tubuh yang sangat diperlukan untuk tetap hidup dan beraktivitas. Setiap hari, ribuan orang membutuhkan darah yang disumbangkan untuk menjaga kesehatan mereka agar tetap hidup.

Bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia 2022, donor darah secara rutin ternyata membawa manfaat penting bagi kesehatan. Selain bermanfaat untuk penerima donor, pendonor juga akan mengetahui kondisi kesehatan terkini melalui pemeriksaan (skrining).

Ada beberapa manfaat donor darah secara rutin untuk kesehatan. Baik laki-laki mau pun perempuan, berikut manfaat donor darah selengkapnya :

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

1. Mengidentifikasi Penyakit Serius

DIkutip dari parapuan.com, Menurut dr. Achmad Reza, Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta mengatakan bahwa donor darah dapat mengidentifikasi penyakit serius.

Dokter Reza menambahkan bahwa darah yang didonorkan harus aman dari sisi prosesnya, termasuk diuji di laboratorium.  Apabila ditemukan penyakit serius, maka pendonor tidak boleh donor darah dan diberi tahu terkait masalah kesehatannya.

“Misalnya pendonor terpapar HIV, mereka jadi tahu saat skirining. Bisa diobati segera sebelum tambah parah,” imbuhnya.  Selain penyakit serius, pendonor juga dapat mengetahui kondisi tubuh terkini seperti hemoglobin (Hb) yang rendah.

“Saat diperiksa HB-nya rendah, berarti kondisi tubuhnya tidak baik. Tapi bukan berarti ada penyakit, bisa saja kecapekan atau kurang tidur,” papar dr. Reza.

2. Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

Bagi beberapa orang dengan penyakit serius, bantuan darah sangat dibutuhkan untuk menyambung kehidupannya.

Mengutip Medical News Today, satu kantong darah bisa menyelamatkan nyawa hingga tiga orang, tergantung kebutuhan pasien itu sendiri.

Dengan kata lain, donor darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain sekaligus mengurangi penderitaan mereka.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jika donor darah secara rutin dan terjadwal, kamu akan mendapatkan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Tentu saja, manfaat ini akan sangat berguna bagi kesehatan jantung karena mengurangi potensi penyakit jantung.

“Jika mau rutin donor darah, jarak antara donor darah pertama dan selanjutnya adalah 60 hari untuk darah merah komplet. Jadi, setahun bisa enam kali,” jelas dr. Reza.

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

4. Menurunkan Tekanan Darah

Selain kesehatan jantung, donor darah yang rutin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Hal ini terjadi karena jumlah ferritin dari tubuh akan keluar bersama darah yang didonorkan, sehingga kadarnya pun berkurang.

Karena kadarnya berkurang, maka akan mengurangi stres oksidatif dan berbagai gejala sindrom metabolik, salah satunya tekanan darah.

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022, WHO : Mendonorkan Darah Selamatkan Nyawa, Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Sumber :

  • https://www.tvonenews.com/lifestyle/trend/47050-hari-donor-darah-sedunia-2022-who-mendonorkan-darah-selamatkan-nyawa?page=all
  • https://www.parapuan.co/read/533327500/hari-donor-darah-sedunia-2022-manfaat-donor-darah-untuk-kesehatan?page=all
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,