Hari Buah Sedunia 1 Juli 2021, Sejarah dan Slogan Tahun ini. Hari buah merupakan hari penting dalam menghadapi tantangan dalam mengedepankan buah-buahan dalam negeri dengan potensi yang cukup tinggi untuk dikembangkan dalam rangka swasembada buah secara nasional.

Hari Buah Sedunia 1 Juli 2021, Sejarah dan Slogan Tahun ini.

HARI Buah Sedunia diperingati pada 1 Juli setiap tahunnya. Mengutip laman Kementerian Kesehatan, hari buah pertama kali dilaksanakan di Berlin, Jerman pada 2007.



Perayaan ini awalnya bertujuan untuk berbagi buah dan sayur dengan sesama dalam hidangan makanan agar tercipta solidaritas.

Hari ini telah ditetapkan dalam sebuah keputusan bahwa setiap 1 Juli akan diperingati sebagai Hari Buah Sedunia dengan mengusung slogan dan memilih “Fruit of The Year” yang berbeda setiap tahunnya.

Peringatan ini memiliki subjek dasar sosial, yaitu berbagi makanan.

Kita sangat beruntung tinggal di Indonesia yang tropis. Dengan kondisi alam yang demikian, negeri kita menyimpan keanekaragaman jenis tumbuhan tertinggi di dunia. Khusus jenis buah-buahan telah ditemukan sekitar 329 jenis buah-buahan yang terdapat di indonesia.

Sedangkan buah-buahan yang dianggap asli Indonesia sebanyak 266 jenis. Dari ratusan jenis buah tersebut banyak yang telah dibudidayakan maupun masih tumbuh liar di hutan. Hari ini kita bisa dengan mudah menemukan buah-buah segar di segala tempat, bahkan buah yang baru dipetik dari pohon.

Buah sangat penting untuk kesehatan kita. WHO menyarankan, kita sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran untuk hidup sehat ebanyak 400 gram per hari. Rinciannya, sebanyak 250 gram sayur-sayuran dan 150 gram buah-buahan segar.

Namun sebenarnya Hari Buah Sedunia, diawali oleh peristiwa yang nyaris tidak ada hubungannya dengan buah. Hari Buah Sedunia telah diperingati sejak 14 tahun lalu. Hari buah ditetapkan di Mauerpark Berg, Jerman.

Hari Buah sedunia tahun ini menetapkan semangka sebagai Fruit of the Year. Seperti peringatan hari penting lainnya, tahun ini Hari Buah Sedunia mengusung tema “Create Change Together.

Hari Buah Sedunia, selain mengingatkan pentingnya buah untuk kesehatan kita, juga untuk meningkatkan kesadaran orang-orang untuk berbagi buah kepada teman dan kerabat.




Seperti yang dilakukan para lulusan Universitas of Applied Science Alice Solomon di Berlin, saat melakukan pertemuan pada tahun 2007 yang memunculkan inspirasi adanya Hari Buah Sedunia.

Sudah makan buah apa saja hari ini?

Indonesia termasuk salah satu yang menandai tanggal 1 Juli sebagai hari buah. Indonesia termasuk salah satu Negara penghasil buah terbesar di dunia.

Hari buah tidak hanya memiliki tujuan untuk melakukan suatu perayaan dengan tema buah, namun hari buah ini memiliki makna sebagai persamaan untuk seluruh Negara di dunia.

Sumber : https://www.greeone.id/hari-buah-sedunia-1-juli-2021-sejarah-dan-slogan-tahun-ini/


Read previous post:
Cara Daftar UMKM Online 2021 Lewat HP di oss.go.id BPUM BLT UMKM Rp 1,2 Juta
Pencairan BPUM BRI dan BNI Tahap 3 2021

Close