Hari Bahasa Arab Sedunia, 18 Desember 2021, Arabic Language Day atau Hari Bahasa Arab Sedunia  ditetapkan oleh United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai bahasa resmi internasional ke-6 Pada tanggal 18 Desember 1973.

Bahasa Arab merupakan penopang keragaman budaya umat manusia. Ini adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, digunakan setiap hari oleh lebih dari 400 juta orang.

Baca Yuk :

Hari Bahasa Arab Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 18 Desember sejak 2012. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari pada tahun 1973 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi bahasa Arab sebagai bahasa resmi keenam Organisasi tersebut.

Hari Bahasa Arab Sedunia, 18 Desember 2021

Bahasa Arab juga merupakan bahasa internasional yang resmi ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Oleh karena Bahasa Arab memiliki pengaruh yang luas dan signifikan di dunia. Dipakai lebih dari 422 juta orang, jumlah ini terus bertambah dengan pesat.

Tema Hari Bahasa Arab Sedunia 2021

Tema Hari Bahasa Arab Sedunia tahun ini “Bahasa Arab, jembatan antar peradaban” adalah seruan untuk menegaskan kembali peran penting bahasa Arab dalam menghubungkan orang melalui budaya, sains, sastra, dan  lainnya.

Tema ini menyoroti peran historis bahasa Arab dalam menciptakan dan mentransmisikan pengetahuan, serta dalam meningkatkan dialog dan membangun perdamaian.

Selama berabad-abad bahasa Arab adalah landasan bersama, penghubung, yang mencerminkan kekayaan keberadaan manusia dan menyediakan akses ke banyak sumber daya

Dalam masyarakat yang semakin mengglobal, terdigitalisasi dan multibahasa, tema tahun 2021 menjadi sangat relevan. Ia mengakui dunia yang terus berubah dan keharusan untuk memperkuat dialog antara bangsa dan masyarakat.

Sejarah Hari Bahasa Arab Sedunia

Penetapan tanggal 18 Desember sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia dicetuskan oleh UNESCO pada 18 Desember 1973. Kemudian, bahasa Arab menjadi bahasa resmi PBB yang ke-6 bersama 5 bahasa lainnya, yaitu:

  1. Inggris,
  2. Tionghoa,
  3. Prancis,
  4. Rusia, dan
  5. Spanyol.

Yang memilliki inisiatif Hari Bahasa Arab Sedunia adalah Maroko dan Arab Saudi. Keduanya menginginkan Bahasa Arab menjadi Bahasa resmi yang digunakan dan diakui diseluruh negara-negara di dunia (Internasional).

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa di dunia yang paling banyak dipakai dan digunakan oleh lebih dari 400 juta orang setiap hari. Penggunaan bahasa Arab paling banyak ditemui di wilayah Arab.

Pada beberapa wilayah tetangga juga banyak yang menggunakan bahasa Arab, seperti Turki, Chad, Mali, Senegal, dan Eritrea.

Penyebaran bahasa tersebut dapat terjadi lantaran bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan di dalam kitab suci Al Quran dan bahasa untuk melantunkan doa dalam agama Islam.

Itulah informasi tentang Hari Bahasa Arab Sedunia, Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang memiliki hari spesial, yakni Hari Bahasa Arab Sedunia. Dimana pada hari ini, masyarakat di seluruh dunia memberikan apresiasi dan turut merayakan adanya bahasa Arab sebagai bagian penting dalam perkembangan dunia.

Referensi: unesco-org, tirto.id

 

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now