Hari Air Sedunia 2021, Hari Tanggal 22 Maret 2021 dunia sedang memperingati Hari Air Sedunia atau World Water Day. Penetapan tersebut, sesuai kesepakatan pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 22 Desember 1992.

Hari Air Sedunia 2021

Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil menyampaikan melalui hari air sedunia ini dengan tema Valuing water atau menghargai nilai kemuliaan sebuah air sehingga akan membawa kita pada kebermanfaatan di masa depan.

Gubernur Jawa Barat menghimbau warga untuk selalu bersama-sama menjaga, memuliakan dan melestarikan air agar manfaatnya dirasakan oleh kita saat ini maupun generasi yang akan datang.

Jawa Barat dengan berbagai flora dan fauna penuh dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah seperti terhampar nya air merupakan salah satu sumber daya alam yang vital bagi kehidupan dan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia.

Air sebagai sumber daya alam memiliki banyak manfaat bagi manusia antara lain untuk irigasi, pertanian, sebagai objek wisata, kekayaan yang besar bagi dunia memperingati hari air sedunia ditunjukkan sebagai usaha usaha menarik perhatian publik agar pentingnya air usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber air bersih yang berkelanjutan.

Tema Hari Air Sedunia 2021

Tema Hari Air Sedunia 2021 adalah Valuing Water atau menghargai air,  yaitu  tentang betapa berartinya air bagi manusia dan bagaimana kita dapat melindungi sumber daya vital ini dengan lebih baik.

Dilansir pgsp.big.go.id, World Water Day atau Hari Air Sedunia merupakan peringatan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

Air menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan semua makhluk hidup. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60-70% air. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memiliki asupan air yang cukup setiap harinya untuk menggantikan air yang hilang.

Pengertian air

Pengertian air yaitu suatu zat yang tersusun dari unsur kimia hidrogen dan oksigen dan berada dalam bentuk gas, cair, dan padat. Air adalah salah satu senyawa yang paling banyak dan penting.

Sejarah Hari Air Sedunia

Sejarah peringatan Hari Air Sedunia secara resmi ditetapkan pada acara Sidang Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tanggal 22 Desember 1992 di Kota Rio de Janeiro, Brazil.

PBB bersama anggotanya meresmikan Hari Air Dunia jatuh pada tanggal 22 Maret dan mulai diperingati sejak tahun 1993,dan mempromosikan peringatan tersebut melalui kegiatan-kegiatan yang nyata.

Dengan berbagai permasalahan tentang air yang dialami dunia hingga saat ini, maka mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang betapa perlunya upaya untuk secara bersama-sama memanfaatkan dan melestarikan sumber daya air secara berkesinambungan.

Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG) 6, yaitu air dan sanitasi untuk semua pada tahun 2030. Tanpa pemahaman yang komprehensif tentang nilai ini, pencapaian tujuan SDG 6 tidak akan bisa diwujudkan.

Menjaga Kelestarian Air

Berikut adalah Cara Menjaga Kelestarian Air agar dapat menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup :

  1. Menjaga lingkungan
    Sampah-sampah yang ada disungai, diselokan, maupun dijalanan sangatlah berpengaruh bagi kelestarian air yang dikonsumsi bagi makhluk hidup, sebab dapat mencemari air dan mempengaruhi kebersihan air sebelumnya. Dengan menjaga lingkungan, maka air di sekitar kehidupan kita tidak akan mudah tercemar.
  1. Mengurangi penggunaan air
    Penggunaan air yang digunakan secara boros dan tidak bertanggung jawab akan mengakibatkan kekeringan.
  1. Membuang sampah pada tempatnya
    Seperti halnya menjadi penyebab salah satu bencana banjir dan terjadinya pencemaran air adalah sampah yang ada dimana-mana.
  1. Meminimalisirkan penggunaan bahan kimia dan Membuang bahan kimia dengan benar
    Meminimalkan penggunaaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk melindungi perairan global saat ini.
  1. Mendaur ulang bahan bekas
    Barang-barang yang dapat di daur ulang biasanya sering sekali tidak terpikirkan oleh manusia saat ini dan membuangnya sembarangan seperti membuang barang tersebut ke sungai atau ke laut.
  1. Mengadakan penyuluhan
    Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya dalam menjaga kelestarian air. Penyuluhan berupa seminar atau yang lainnya yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga kelestarian air.
  1. Mencegah adanya penebangan pohon secara liar
    Menebang phon-pohon yang ada dihutan akan mengakibatkan tercemarnya sumber sumber mata air yang ada disekitarnya sehingga ekosistem yanng ada disekitarnya akan menjadi tidak seimbang.
  1. Mengadakan reboisasi pada hutan
    Reboisasi akan mengurangi dampak akibat kerusakan hutan, pohon-pohon tersebut akan terjaga kelestariannya.
  1. Menggunakan shower ketika mandi
    Sebaiknya menggunakan shower ketika mandi dan tidak berendam karena air akan terbuang sia-sia, sehingga terjadinya pemborosan air dan mengurangi kelestarian terhadap air.
  1. Tidak mengambil air sumur secara berlebihan
    Menghemat sumber air yang memberikan manfaat sumur resapan. Sebab, jika air bersih yang ada di sumur-sumur tersebut dikuras atau diambil secara berlebihan, maka sumber air tersebut akan berkurang dan kering, sehingga akan terjadinya kekeringan air dan masyarakat akan kebingungan dalam mencari air bersih.

Menjaga kelestarian air dari rumah untuk keberlangsungan hidup di bumi yang lebih baik, demikian artikel tentang Hari Air Sedunia 2021, semoga bermanfaat.

Source: suara.com, tribunnews.com, pdamsinjai.co.id, pgsp.big.go.id

Hari Air Sedunia 2021

Read previous post:
hari hutan sedunia 2021
Hari Hutan Sedunia 2021

Close