Harga Cabai di Bandung Mencapai Rp120.000 per Kg. Di pasaran, cabai jenis rawit merah bisa berharga Rp120.000 per kilogram. Kabid Distribusi Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Meiwan mengatakan harga cabai di Kota Bandung melambung tinggi.

Harga Cabai di Bandung Mencapai Rp120.000 per Kg

Meroketnya harga cabai rawit merah yang diakibatkan petani gagal panen karena musibah banjir membuat pedagang di pasar-pasar Bandung. Kenaikan itu diakibatkan karena faktor cuaca daerah produsen cabai rawit merah. Hal ini membuat pasokan cabai berkurang dan sejumlah distributor berebut untuk mendapatkan cabai dengan harga yang cukup tinggi.



“Terutama cabai rawit merah memang beberapa pasar itu ada yang menjual dikisaran di atas Rp100 ribu, ada yang Rp110 ribu ada yang Rp120 ribu. Hasil pantauan kita di Pasar Sederhana, Kiaracondong, Kosambi, Pasar Baru, Pasar Ujungberung, dan Cihaurgeulis,” kata Meiwan saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 6 Maret 2021.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyatakan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional masih relatif stabil. Namun demikian, harga cabai rawit merah masih naik hingga tembus Rp 110 ribu per gram.

Menurut Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengembangan E-Commerce Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, dari pemantauan ke sejumlah pasar tradisional harga sejumlah komoditas masih normal.

Menurut dia, pada minggu ketiga dan keempat Februari 2021 lalu, harga cabai merah tanjung naik menjadi sekitar Rp53 ribuan per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit merah melonjak menjadi kisaran Rp90 ribu – Rp110 ribu per kilogram.




Sebagai antisipasi dan penanganan melambungnya harga cabai ini, Disdagin bakal menggelar bazzar murah bagi masyarakat khususnya bagi warga Bandung.


Read previous post:
Kunci-Jawaban-Tematik2
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 SD Rotasi dan Revolusi Bulan Halaman 61, 62, 65, 66, 69 Subtema 2 Pembelajaran 2

Close