Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Google Doodle Hari ini 10 November 2021 Ismail Marzuki, Memperingati Hari Pahlawan Nasional Indonesia. Pada hari ini di tahun 1968, pemerintah Indonesia menghormati warisan mendiang dengan mengabadikan namanya apa yang sekarang menjadi Pusat Kesenian Jakarta-Taman Ismail Marzuki (TIM).

Google Doodle kembali menampilkan tokoh asal Indonesia. Pada hari Pahlawan 10 November 2021 ini Google Doodle menampilkan Ismail Marzuki. Siapakah dia?

Baca Yuk :

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 2021, Google Doodle pada hari ini, Rabu (10/11/2021), mengenang komponis besar Ismail Marzuki dengan menampilkan ilustrasi dirinya di laman utama pencarian.

Google Doodle Hari ini 10 November 2021 Ismail Marzuki, Memperingati Hari Pahlawan Nasional Indonesia

Ismail Marzuki merupakan salah satu komposer Indonesia yang membuat lagu-lagu patriotik selama masa pergerakan kemendekaan bangsa. Salah satu lagunya yang akrab dinyanyikan pada 10 November adalah Gugur Bunga.

Ini merupakan lagu Wajib Nasional. Lirik lagu ini mengenang pahlawan Indonesia yang gugur dalam menjalankan tugas membela bangsa.

Ismail Marzuki di Kwitang, Jakarta, pada 11 Mei 1914, saat Indonesia dijajah kolonial Belanda. Selama masa hidupnya ia telah menulis lebih dari 200 lagu. Selain lagu “Gugur Bunga”, Ismail Marzuki juga membuat “Halo, Halo Bandung”, dan “Rayuan Pulau Kelapa”.

Lagu-lagu Marzuki menangkap perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus patriotik. Dia mengisi hati orang Indonesia dengan kebanggaan selama bertahun-tahun dengan menyiarkan lagu-lagunya (sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan) di radio publik.

Pada tahun 1955, Ismail Marzuki jadi pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

Untuk menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004. Hari ini, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang Ismail Marzuki di Taman Ismail Marzuki (TIM), yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya.

Dikutip dari Google Doodle, Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, Indonesia pada 11 Mei 1914. Walau pada masa kekuasaan kolonial Belanda profesi musik di komunitas masih belum umum, Ismail Marzuki tumbuh dewasa dengan berlatih hingga 5 jam sehari untuk menguasai delapan instrumen.

Disebutkan, instrumen yang dikuasainya, termasuk harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano. Pada usia 17, ia menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang dihasilkan sepanjang kariernya.

Lagu-lagu karya Ismail Marzuki

Lebih lanjut, lagu-lagu karya Ismail Marzuki mampu menangkap perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi yang melambung.

Beliau mengisi hati orang Indonesia dengan kebanggaan selama bertahun-tahun dengan menyiarkan lagu-lagunya (sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan) di radio publik.

Pada tahun 1955, Marzuki mengambil alih sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

Ismail Marzuki Jadi Pahlawan Nasional

Untuk menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004.

Hari ini, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang Marzuki di TIM, yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya.

Google Doodle Hari ini 10 November 2021 Ismail Marzuki, Memperingati Hari Pahlawan Nasional Indonesia

Ismail Marzuki tutup usia pada umur 44 tahun 25 Mei 1958 di kediamannya, kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

Sumber : cnbcindonesia.com, liputan6.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now