Gerakan Jateng Dirumah Saja. Jawa Tengah menggelar Gerakan Jateng Di Rumah Saja yang dilaksanakan setiap akhir pekan guna menekan dan mengurangi angka kasus penularan virus Covid 19. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa hasil rapat dengan jajarannya termasuk para Sekretaris Daerah disepakati bahwa Jawa Tengah siap melaksanakan Gerakan Jateng Dirumah Saja yang dimulai kira kira tangal 6-7 Februari secara bersama sama.

Gerakan Jateng Dirumah Saja

Gubernur Jawa Tengah kini sedang menyiapkan surat edaran untuk daerah-daerah terkait pelaksanaan Gerakan Jateng di Rumah Saja. Dalam surat edaran juga disiapkan imbauan untuk tempat-tempat keramaian agar tutup 6-7 Februari 2021. Pada waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus penyemprotan disinfektan. Gubernur berharap pelaksanaan Gerakan Jateng di Rumah Saja dapat memunculkan kesadaran masyarakat.



Pada Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2021 akhir pekan ini, seluruh masyarakat di Jawa Tengah diminta untuk tidak keluar rumah. Ganjar saat ini tengah menyiapkan aturan yang akan dituangkan melalui surat edaran. Program Ganjar tersebut mendapat berbagai respons dari sejumlah kepala daerah.

Kebijakan ini adalah respons dari daerah setelah Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menyebut pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) gagal. Gubernur menilai, penilaian Jokowi bahwa PPKM gagal itu artinya semua daerah harus mencari cara-cara ekstra untuk berupaya menekan pertumbuhan kasus Covid-19.

Oleh karena itu, lanjut Ganjar, dirinya menggagas kebijakan Gerakan Jateng di Rumah Saja dengan harapan memberi pemahaman pada masyarakat tentang kedisiplinan yang akan berdampak baik pada penurunan kasus Covid-19.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210202144922-20-601339

Read previous post:
dtks-kemensos
BST Kemensos 2021

Close