Fitur Terbaru Apple, Bayar Belanjaan Tanpa Sentuh Gunakan iPhone, Apple mengumumkan rencananya untuk meluncurkan fitur baru yaitu bernama Tap to Pay.

Fitur ini akan memungkinkan iPhone bisa melakukan pembayaran tanpa sentuh atau contactless payment menjadi tren baru dalam bertransaksi, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita meminimalisir kontak fisik.


Fitur Terbaru Apple, Bayar Belanjaan Tanpa Sentuh Gunakan iPhone

Mengutip Bloomberg, Apple berencana menggunakan teknologi NFC yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran tanpa melibatkan pihak ketiga.

Dengan teknologi baru ini, Apple akan  mengintegrasikan teknologi terminal tap-to-pay langsung ke iPhone menggunakan chip NFC bawaannya.

Teknologi ini diharapkan membantu usaha kecil dalam hal pembayaran. Fitur ini juga tampaknya berfungsi dengan Apple Pay. Kemungkinan pengguna akan bisa mengetuk iPhone  mereka ke bagian belakang iPhone lain untuk melakukan pembayaran.

Pada Selasa (8/2), Apple mengumumkan bahwa perusahaannya akan turut menghadirkan fitur bernama Tap to Pay yang memungkinkan transaksi tanpa sentuh.

Fitur baru ini akan memungkinkan beragam bisnis baik bisnis kecil h pengecer besar, untuk menggunakan iPhone mereka ketika menerima pembayaran melalui Apple Pay, kartu kredit dan debit digital, serta dompet digital lainnya melalui ketukan sederhana. Proses pembayaran ini tidak melibatkan perangkat keras tambahan atau terminal pembayaran lain.

Tap to Pay di iPhone akan tersedia pada platform pembayaran dan pengembang aplikasi untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi iOS mereka dan menawarkan sebagai opsi pembayaran kepada pelanggan bisnis mereka.

Dilansir dari situs resmi Apple, perusahaan teknologi finansial Stripe dan aplikasi Point of Sale Shopify asal AS akan menjadi platform pembayaran pertama yang menggunakan Tap to Pay di iPhone. Sejumlah platform dan aplikasi pembayaran lain disebut akan menyusul langkah pada tahun ini.

Sayangnya fitur terbaru dari Apple ini tidak akan hadir untuk perangkat yang terlalu lawas. Fitur Tap to Pay hanya dapat digunakan untuk perangkat iPhone XS dan generasi yang hadir setelahnya.

Tap to Pay bekerja dengan teknologi near field communication atau NFC, sehingga pembeli hanya perlu mendekatkan iPhone atau Apple Watch mereka ke perangkat iPhone milik penjual. Pembeli dapat menggunakan Apple Pay, kartu debit dan kartu kredit digital, dan dompet digital lainnya.

Hingga kini, belum dapat diketahui secara pasti apakah fitur ini nantinya masuk dalam ApplePay atau berbentuk kerjasama dengan  jaringan pembayaran.

Menurut laporan ini,  Apple dapat mulai meluncurkan fitur tersebut dalam beberapa bulan mendatang, mungkin segera setelah iOS 15.4.

Referensi:

  • https://www.apple.com
  • https://www.cnnindonesia.com
  • https://www.suara.com

Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming