Greeone

Fitur Lirik Lagu Real-Time Spotify Resmi Dirilis Secara Global Setelah hadir di sejumlah negara -termasuk Indonesia- beberapa waktu lalu, Spotify akhirnya telah resmi menggulirkan fitur lirik lagu real-time ke seluruh penggunanya secara global. Dengan fitur yang bisa dirasakan pengguna berbayar (premium) dan gratis tersebut, pengguna Spotify di seluruh dunia kini bisa berdendang sembari membaca lirik dari lagu yang sedang dimainkan.

Fitur lirik real-time bisa ditemukan di aplikasi Spotify yang tersedia di berbagai platform, mencakup Windows, Mac, Android, iOS, dan berbagai perangkat lainnya dari  konsol game hingga Smart TV. Di aplikasi Spotify versi Android dan iOS, fitur lirik lagu real-time bisa ditemukan dengan mengetuk “status playing” yang ada di sisi bawah layar. Kemudian, gulirkan layar ke bawah untuk menemukan lirik lagu yang sedang dimainkan, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Baca Yuk :

Selain membaca lirik lagu sembari bernyanyi, pengguna juga bisa membagikan (share) penggalan lirik lagu favorit mereka ke sejumlah media sosial yang didukung Spotify seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Menurut Spotify, fitur sharing yang bisa diakses melalui laman fitur lirik lagu ini akan tersedia di sebagian besar lagu yang tersimpan di pustaka (library) mereka.  Adapun fitur lirik lagu sendiri diklaim telah tersedia di lebih dari delapan juta judul lagu di Spotify, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Senin (22/11/2021). Sebelumnya, Spotify pernah bekerja sama dengan Musixmatch untuk menghadirkan fitur lirik lagu. Namun, kemitraan kedua pihak berakhir pada 2016.

Kemudian, perusahaan asal Swedia itu menggandeng platform Genius untuk menghadirkan fitur “Behind the Lyrics”, yang memungkinkan pengguna melihat latar belakang dari penulisan lagu yang dimainkan, berikut liriknya. Namun, informasi tambahan yang ditampilkan fitur itu disebut bisa mengganggu kalau pengguna ingin karaoke dengan membaca lirik. Saat ini, Spotify mengatakan bahwa fitur Behind the Lyrics dari bekerja sama dengan Genius bakal dipensiunkan, untuk diganti dengan fitur lirik lagu dari kemitraannya dengan Musixmatch.

Fitur Lirik Lagu Real-Time Spotify Resmi Dirilis Secara Global

Sumber: https://www.kompas.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now