Greeone

Fishbone Cactus Tanaman Hias Populer Yang Banyak Manfaat, fishbone cactus atau kaktus tulang ikan memiliki banyak nama yang menarik, antara lain Ric Rac, kaktus zigzag, atau kaktus anggrek tulang ikan.

Baca Yuk :

Fishbone cactus atau Epiphyllum oxypetalum dan lebih dikenal dengan sebutan Bunga Wijaya Kusuma, merupakan salah satu tanamas hias yang cukup banyak dicari para kolektor tanaman. Tanaman ini memiliki bentuk yang cantik.

Keunikan dari Fishbone cactus adalah memiliki bunga dengan aroma harum tersebut yang mekar hanya pada waktu-waktu tertentu atau hanya pada malam sebelum tengah malam dan layu pada hari berikutnya.

Fishbone Cactus Tanaman Hias Populer Yang Banyak Manfaat

Fishbone Cactus atau Bunga wijaya kusuma atau yang dikenal juga dengan nama bunga wiku atau Epiphyllum oxypetalum ini  termasuk jenis kaktus dan bagian dari tanaman kelas dicotiledoneae.

Fishbone Cactus

Fishbone  cactus dapat tumbuh subur daalam sinar cahaya matahari tidak langsung  tetapi dapat mentolerir periode sinar matahari yang cerah.  Seperti halnya kebanyakan kaktus, tanaman hias fishbone  ini bekerja yang paling baik apabila  dibiarkan mengering atau tanpa penyiraman sesering mungkin.

Dalam budidaya kaktus untuk pemula dibidang tanaman hias ini sangat cocok, karena tidak memerlukan biaya yang mahal. Tanaman ini memiliki banyak nama. Kaktus tulang ikan kerap disebut dengan nama seperti epiphyllum angulinger, kaktus anggrek zigzag, kaktus bulan, dan lain-lain.

Kaktus jenis ini disebut kaktus tulang ikan karena bentuk daunnya yang pipih panjang dan berair serta bergerigi atau bergelombang menyerupai tulang ikan.

Cocok digunakan sebagai tanaman hias yang digantung atau ditaruh di atas meja dengan penyangga agar daun tidak patah dikarenakan daun kaktus tulang ikan akan semakin jatuh ke bawah ketika mulai tumbuh tegak.

Info Fishbone Cactus

Nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Cryptocereus anthonyanus (sin. Selenicereus anthonyanus ), dan merupakan anggota dari keluarga kaktus yang bermekaran malam.

Paling terkenal karena panjangnya, batang melengkung dilapisi dengan simpul daun bergerigi, kaktus fishbone ditemukan di habitatnya dalam kelompok, yang menggantung dari pohon.

Tumbuhan ini berasal dari Meksiko, di mana hutan hujan tropis menciptakan lingkungan yang lembab dan lembab. Pertama kali diperkenalkan di Inggirs tahun 1846.

Cara Merawat kaktus tulang ikan

  • Tanaman ini menawarkan fitur menarik untuk dekorasi rumah. Pilih keranjang atau pot tanpa glasir untuk kaktus guna meningkatkan penguapan dan mencegah tanaman menjadi terlalu basah.
  • Anda juga dapat menjadikannya tanaman hias gantung, dekorasi di meja atau terarium.
  • Gunakan sarung tangan saat menangani tanaman, karena tanaman memiliki bulu halus kecil yang akan menempel di kulit dan menyebabkan ketidaknyamanan.
  • Kaktus ini tumbuh di media tanah seperti substrat anggrek. Anda juga bisa menanamnya dalam media tanam kaktus yang dicampur dengan kompos untuk memperkaya medium.
  • Kaktus tulang ikan tumbuh subur dalam kondisi cahaya tidak langsung tetapi dapat mentolerir periode sinar matahari yang cerah.

Manfaat Fishbone Cactus

Selain cantik dan populer, kaktus tulang ikan juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah mempunyai khasiat untuk meredam rasa sakit serta menetralisir pembekuan darah, Bunga ini juga mempunyai daya mempercepat penyembuhan luka.

Itulah tadi informasi tentang Fishbone Cactus Tanaman Hias Populer Yang Banyak Manfaat, semoga bermanfaat.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , ,

Streaming Now