Event Balinosa SMAN 1 Bandung Asah Kreativitas dan Bakat Siswa, Ada cosplay anime! Penampilan seni dan produk wirausaha siswa mengisi riuh di sekolah yang berada di Jln. Ir. H. Juanda No.93, Kota Bandung tersebut. Balinosa tahun ini dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Dinas Pendidikan Jawa Barat, I Made Supriatna. Ia pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Jika tahun lalu Bazar Literasi November Satu (Balinosa) SMAN 1 Bandung harus digelar virtual, namun tahun ini Balinosa digelar semarak dan meriah di lingkungan sekolah, Selasa (8/11/2022).


Event Balinosa SMAN 1 Bandung Asah Kreativitas dan Bakat Siswa, Ada cosplay anime!

Acara pun semakin menarik ketika para siswa hadir dengan kostum unik, mulai dari cosplay anime, Harry Potter hingga Thomas Shelby!

Menurutnya, kegiatan ini mampu meningkatkan bakat dan kreativitas siswa. “Implementasi Kurikulum Merdeka ini adalah bagian dari kurikulum yang betul-betul dibuat untuk anak-anak (siswa),” tuturnya.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, bentuk menumbuhkembangkan bakat dan kreativitas siswa. Sehingga, ia mendorong satuan pendidikan untuk terus menciptakan program yang variatif.

“Tetap berkarya dan jadilah siswa Jabar juara. Tetap harmonis dan kolaboratif,” pesannya.

Made pun menjajaki seluruh stan kewirausahaan para siswa dan mencicipi satu per satu kuliner yang dijajakan.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bandung, Tuti Kurniawati mengatakan, kegiatan ini merupakan gelar karya dari program penguatan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dengan tema wirausaha.

Adapun topik yang diangkat adalah business plan dan bazar kewirausahaan. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Balinosa yang memang digelar setiap November.

“Kami menggelar kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi, memotivasi, dan mengapresiasi seluruh karya siswa yang merupakan hasil project kolaborasi mata pelajaran,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan ini mampu menumbuhkan karakter anak, seperti inovatif, gotong-royong, dan berpikir kritis. “Selain itu, Ibu dan Bapak Guru juga tampil berkesenian,” pungkasnya.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

Event Balinosa SMAN 1 Bandung Asah Kreativitas dan Bakat Siswa, Ada cosplay anime!

Tentang SMAN 1 Bandung

SMAN 1 Kota Bandung menjadi pelopor sekolah integritas pertama, dengan jargon “Smansa Integritas Bersatu”. Membentuk karakter berintegritas, di antaranya melalui kecerdasan intelektual, terampil berpikir, mempunyai visi misi hidup, memiliki kecerdasan emosional, dan bijak mengelola sumber daya yang ada. Pada tanggal 05 November 2019 SMA Negeri 1 Bandung resmi menjadi sekolah berintegritas yang disematkan langsung oleh Plt Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Aula Bersatu SMA Negeri 1 Bandung.

Integritas sekolah menjadi prasyarat dalam melahirkan peserta didik yang berkarakter baik, berprestasi unggul ke depannya. Integritas sekolah dibangun melalui pembentukan integritas personal, integritas institusional, integritas leader, academic integrity, moral integrity dan lainnya. Pelaku pendidikan yang berintegritas tinggi ditandai dengan kejujuran), trust (kepercayaan), fairness (keadilan), respect (menghargai), responsibility (tanggung jawab), dan humble (rendah hati) mampu memberikan kontribusi bagi pembentukan karakter siswa yang baik dan berprestasi tinggi, ditandai dengan 17 perilaku positif; Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, menghargai Prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, Peduli Lingkungan.

Semua perilaku itu bisa dilihat dan dirasakan dalam aktivitas sehari-hari di sekolah, di luar sekolah maupun di tempat kerja. Tugas sekolah adalah melakukan transformasi, menanamkan dan membelajarkan semua pihak yang ada di sekolah tersebut untuk merawat dan menjaga integritas diri dan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan.

Sekolah Ramah Anak

Sekolah Ramah Anak  adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

SMA Negeri 1 Bandung telah mendeklarasikan diri pada tanggal 05 November 2019 dihadiri Plt. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum sebagai Sekolah Ramah Anak dengan mempertimbangkan pengalaman sebelumnya tidak terjadi kekerasan dan non diskriminasi kepentingan di SMA Negeri 1 Bandung. Bentuk kegiatan sekolah ramah anak muncul dari kesadaran seluruh keluarga SMA Negeri 1 Bandung dalam setiap bertindak. Maka dengan demikian, SMA Negeri 1 Bandung adalah sekolah ramah anak yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.

Sekolah Berbasis TIK

Pada tanggal 20 November 2019 telah dinyatakan sebagai sekolah berbasis TIK di Jawa Barat. Hal ini didukung dengan adanya inovasi dan ide-ide baru dalam proses pembelajaran. Inovasi yang dilakukan tentu harus sejalan dengan visi SMA Negeri 1 Bandung yaitu menerapkan sekolah berbasis TIK. Maka inovasi dan kebijakan yang diberlakukan pun selalu berbasis pada Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sejalan dengan hal tersebut pada proses pengelolaan manajemen dan administrasi sekolah baik itu yang berhubungan dengan peserta didik, pendidik ataupun tenaga kependidikan semua dikelola dengan berbasis TIK.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

Salah satu kekhasan yang dimiliki oleh SMA negeri 1 Bandung yaitu, segala bentuk kebijakan ataupun inovasi di Bidang TIK yang diberlakukan selalu melibatkan sumber daya manusia yang ada di SMA negeri 1 Bandung. Kebijakan ini bertujuan agar SDM yang ada di SMA Negeri 1 Bandung, ikut berproses dalam pengembangan sekolah. Sumber daya manusia yang terlibat dan berproses ini pada akhirnya akan meningkatkan kompetensi SDM di SMA negeri 1 Bandung.Penggunaan TIK di SMAN 1 Bandung dikelola oleh sumber daya lokal dengan menggunakan aplikasi-aplikasi open source. Hanya ada satu aplikasi yang dibeli dari pihak ketiga yaitu untuk keperluan computer base test (CBT). Hal ini kami maksudkan karena sumber daya manusia lokal sangat mengetahui keadaan sekolah sepenuhnya dan didapatkan dari kebutuhan sistem informasi yang nyata.

Hadirnya tablet sekolah yaitu Creative and INtegrated digiTal Access, disingkat dengan CINTA adalah nama dari sistem hardware yang menampung aplikasi-aplikasi yang digunakan di sistem digital di SMAN 1 Bandung. Nama lengkapnya adalah SMANSA SMART CINTA yang juga berarti Sistem pintar di SMANSA dengan penuh cinta. Sistem ini menggunakan perangkat berupa tablet atau smartphone yag dilengkapi dengan aplikasi-apikasi yang ada yang sesuai dengan kebutuhan digitalisasi di SMAN 1 Bandung.

Dengan menggunakan sistem ini, dimana aplikasi yang ada hanyalah aplikasi yang diperlukan saja, dan perangkat ini tidak bisa dikustom oleh pengguna, maka perangkat ini bisa dipergunakan untuk pembelajaran yang lebih fokus. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada pada tablet atau smartphone CINTA.

Event Balinosa SMAN 1 Bandung Asah Kreativitas dan Bakat Siswa, Ada cosplay anime!

Sumber :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming