Download Soal Ujian UAS THE Hubungan Industrial UT Manajemen EKMA4367 Lengkap dengan Kunci Jawaban. Kali ini kita akan membahas soal ujian / UAS / PAS the hubungan industrial UT manajemen EKMA4367 lengkap dengan kunci jawaban.

Pembahasan tersebut merujuk pada mata kuliah hubungan industrial UT. Berikut inilah soal ujian / UAS / PAS the hubungan industrial UT manajemen EKMA4367 lengkap dengan kunci jawaban.

Yuk simak soal ujian / UAS / PAS the hubungan industrial UT manajemen EKMA4367 lengkap dengan kunci jawaban.

Download Soal Ujian UAS THE Hubungan Industrial UT Manajemen EKMA4367 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Untuk teman-teman yang masih mencari referensi pembelajaran, simak pembahasan dibawah ini.

Soal 1

1. Hubungan industrial menggambarkan sebuah sistem yang kompleks, yang pada dasarnya merupakan hubungan antara para pelaku dalam proses produksi barang dan/atau jasa ditempatdan dilingkungan pekerja.

Dimana para pelaku itu terdiri dari pengusaha, manajemen/pimpinanperusahaan, karyawan/pekerja, dan pemerintah.

Mereka berperan serta sesuai dengankedudukan atau bidang masing-masing, sehingga harapannya akan menumbuh kembangkaniklim kerja, kualitas kerja, dan usaha yang harmonis.

Berdasarkan keterangan diatas anda diminta untuk menjelaskan:

a. 3 (tiga) pendekatan dalam hubungan industrial!.
b. Jelaskan 2 (dua) pendekatan, yaitu pendekatan universal dan situasional dalam membahas hubungan antara praktik industrial dan Strategi

Jawaban

a. 3 (tiga) pendekatan hubungan industrial adalah sebagai berikut.

1. Pendekatan kesamaan, yaitu hubungan industrial yang mengasumsikan bahwa organisasi merupakan satu kesatuan yang terintegrasi dengan sasaran yang sama, adanya kerja sama, tidak adakonflik mendasar antara manajemen dan pekerja.

Baca Juga :  Beeper Mini Solusi Messenger Kesenjangan Android dan iPhone dengan Bantuan Mac. Lho Kok?

Serta menekankan pembangunan komitmen, perbaikan komunikasi, serta gaya kepemimpinan demokratik dengan partisipasi karyawan di tempat kerja tinggi.

2. Pendekatan keberagaman, yaitu hubungan industrial yang menekankan pentingnya hubungan ke samping dengan kelompok dengan membentuk serikat pekerja, lebih memerhatikan jenis peraturan dan regulasi, menekankan perlunya stabilitas sosial.

3. Pendekatan radikal, yaitu hubungan industrial yang memandang totalitas hubungan sosial dalam produksi, memandang ketidakseimbangan kekuasaan dalam masyarakat merupakan intihubungan industrial, dan memandang bahwa tempat kerjamerupakan tempat terjadinya konflik

b. Dalam pendekatan universal, praktik manajemen sumber daya manusiamencakup hubungan industrial atau hubungan antara berbagai pihak di dalam dan di luar perusahaan.

Sementara itu, dalam pendekatansituasional, hubungan antarkaryawan diperlukan bagai keberhasilanorganisasi.

Strategi hubungan antarkaryawan mendukung strategi bisnisdan strategi korporasi dengan berbagai teknik yang digunakan yangberkaitan dengan kekuatan kerja dan sasaran yang ditetapkan.

Download Soal Ujian UAS THE Hubungan Industrial UT Manajemen EKMA4367 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Soal 2

2. Karim bekerja disebuah perusahaan swasta, beliau dipercaya menjadi pengurus serikat pekerjapada perusahaan tersebut.

Karim mendapat pesan singkat berupa foto selembar kertas fotokopiyang foto tersebut, adalah bukti pelaporan atas nama salah seorang mantan karyawan ditempatKarim bekerja yang berisi adanya dugaan korupsi yang dilakukan oleh direktur keuanganperusahaan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Super Sus 22 Februari 2024 Terbaru dan Valid, SImak Cara Mainnya

Tapi sepertinya pihak perusahaan tidak merespon kasus tersebut dengan serius.

Buktinya pelaku masih bekerja sampai saat ini, dan itu bertentangan dengan isi perjanjianbersama di perusahaan Karim, bahwa setiap karyawan yang terjerat kasus pidana akandiberhentikan sementara selama proses penyidikan sampai adanya status hukum tetap.

a. Sebagai pengurus serikat pekerja di perusahaan tersebut, menurut analisa saudara jelaskan tentang hak dan kewajiban serikat pekerja dikaitkan dengan UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan!

b. Jelaskan fungsi serikat pekerja dikaitkan dengan pasal 102 ayat 2 UU Ketenagakerjaan sertaUU No.21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh sebgai payung hukum yangmengatur tentang serikat pekerja!

c. Bagaimana membuat serikat pekerja ditingkat perusahaan anda kaitkan dengan Pasal 5 UUNo.21 Tahun 2000?

d. Jelaskan apa keuntungan menjadi anggota serikat pekerja!

e. Bagaimana prosedur pemberitahuan dan pencatatan serikat pekerja yang baru terbentuk?

Jawaban

a. Hukum ketenagakerjaan di Indonesia diatur di dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Hukum ketenagakerjaanmengatur tentang segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah kerja.

b. Sesuai dengan pasal 102 UU Tenaga Kerja tahun 2003, dalam melaksanakan hubungan industrial, pekerja dan serikat pekerja.

Serikat ini mempunyai fungsi menjalankan pekerjaan sesuai dengan kewajibannya, menjaga ketertiban demi kelangsungan produksi, menyalurkan aspirasi secara demokratis, dan mengembangkan keterampilan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Lords Mobile 13 Februari 2024 Terbaru Valid

c. Sesuai pasal 5 UU No. 21 Tahun 2000, sebuah serikat buruh/serikat pekerja dapat dibentuk oleh minimal 10 orang karyawan di suatu perusahaan.

Dalam undang-undang yang sama disebutkan bahwa pembentukan serikat pekerja ini tidak diperbolehkan adanyacampur tangan dari perusahaan, pemerintah, partai politik, atau pihak manapun juga.

d. Keuntungan yang didapat dari serikat pekerja ini seperti anggota serikat pekerja akan mendapatkan program-program training peningkatan kemampuan kerja dan diri seperti training negotiation skill.

e. Sesuai dengan UU No. 21 tahun 2000 mengenai Serikat Buruh/Serikat Pekerja mengatur tentang tata cara pemberitahuan dan pencatatan Serikat Buruh/Serikat Pekerja dalam pasal 18-24.

Jadi, itulah soal ujian / UAS / PAS the hubungan industrial UT manajemen EKMA4367 lengkap dengan kunci jawaban.***

Disclaimer:

Kebenaran jawaban diatas tidak mutlak. Jawaban diatas dapat dieksplorasi lebih lanjut oleh teman-teman.

Download Soal Ujian UAS THE Hubungan Industrial UT Manajemen EKMA4367 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Live Streaming