Diet Ala Melly Goeslaw. Penyanyi Melly Goeslaw menjalani diet menurunkan berat badan dan kini telah berhasil mengubah ukuran bajunya dari XXL ke M. Melly mengungkapkan bahwa ia sudah mulai diet sejak empat bulan terakhir dengan berkonsultasi ke dokter.

Diet Ala Melly Goeslaw

Melly mengungkapkan di Instagram pribadinya bahwa dirinya sekarang saya memang jauh kurusan. Dirinya rutin ke dokter @cissienugraha, seminggu sekali dan enggak pernah pakai produk apapun. Melly Goeslaw kemudian mengungkapkan perubahan pola makan yang ia jalani selama diet ini. Menurutnya, ia mengurangi konsumsi makanan karbohidrat dan menambah protein. Selain itu, Melly juga mengatakan bahwa ia melakukan sejumlah latihan fisik sederhana berupa jalan santai sekitar 30 menit dan tidak setiap hari.



Lebih lanjut, Melly Goeslaw kemudian membagikan tips bagi yang ingin atau sedang menjalani diet menurunkan berat badan. Menurutnya, dalam hal menurunkan berat badan, setiap orang membutuhkan cara berbeda tergantung dengan karakter tubuhnya masing-masing. Jadi harus kenal dulu sama badan kita, makanan apa yang bikin badan kita berat ya itu yang ditinggalkan. Sama yakin saja sama dokter yang menangani.

Selain menjalani program diet, Melly juga mengatakan bahwa pipinya mulai tirus berkat melakukan sedot lemak atau buccal fat oleh dr.Tompi

Diet yang dijalani Melly ini terbilang mirip dengan jenis diet karbo yakni dengan membatasi asupan karbohidrat, khususnya makanan yang berasal dari gula dan tepung seperti pasta, mi, atau roti.

Diet karbo lebih mengutamakan mengonsumsi makanan tinggi protein, lemak, dan sayuran sehat. Menjalankan diet karbo sama dengan membatasi atau menghilangkan asupan karbohidrat sama sekali.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Menjalankan diet karbohidrat bisa diartikan dengan memangkas asupan karbohidrat sebanyak mungkin yang biasa dikonsumsi sehari-hari, misalnya mengurangi nasi atau tidak makan nasi sama sekali. Sebagai gantinya, pegiat diet karbo hanya makan makanan tinggi lemak, protein, dan berserat tinggi.

Jadi tak perlu khawatir kelaparan karena tak makan nasi, karena Anda bisa tetap kenyang dengan makan daging, telur, dan aneka sayuran hijau.

Diet karbo sering disamakan dengan diet keto. Lantaran sama-sama membatasi asupan karbohidrat kurang dari 30 gram per hari. Namun, diet karbo biasanya lebih ketat dari diet keto.



Cara Diet Karbo (Diet Ala Melly Goeslaw)

Asupan karbohidrat bersih yang direkomendasikan saat menjalankan diet karbo sekitar 20-50 gram per hari. Namun tidak ada rentang khusus atau standar tetap yang ajeg.

Mudahnya, pegiat diet karbo harus menghindari semua makanan yang mengandung tinggi karbohidrat.

Secara umum, makanan yang dihindari saat diet karbo adalah yang mengandung gula atau pemanis, nasi, mi instan, roti putih dan gandum, sereal, makanan yang digoreng (deep fried), serta beberapa jenis sayuran berpati seperti kacang merah, jagung, dan kentang.

Kemudian hindari makanan olahan seperti nugget, sosis, bakso siap saji.

Sementara, minuman dan makanan yang boleh dimakan saat diet karbo adalah daging merah, daging ayam atau unggas, ikan, aneka seafood, telur, keju, mentega, air putih, kopi, dan teh.

Namun, bagi yang tidak terlalu ketat diet karbo dapat pula mengonsumsi kacang, biji atau sayur yang tidak mengandung tepung. Buah-buahan yang mengandung lemak dan berserat tinggi seperti alpukat dan kelapa juga masih dapat dikonsumsi.

Diet karbo berfokus pada pembatasan makronutrien tertentu, tidak ada rekomendasi untuk asupan kalori harian atau ukuran porsi yang wajib dikonsumsi.

Anjuran Makanan untuk Diet Karbo

1. Makanan yang boleh dikonsumsi

Diet karbo membatasi makanan yang tinggi karbohidrat dan sangat bergantung pada makanan rendah karbo. Berikut makanan yang boleh dikonsumsi pegiat diet karbo:

– Produk hewani rendah karbohidrat: ayam, sapi, kalkun, domba, telur, mentega, keju.
– Boga bahari (seafood): salmon, nila, udang, sarden, kepiting
– Kacang dan biji-bijian: almond, kenari, biji labu, biji bunga matahari, kacang mete
– Sayuran tidak mengandung tepung atau pati: brokoli, paprika, kembang kol, lobak, kubis brussel, asparagus, jamur, sayuran hijau
– Buah tinggi lemak dan rendah karbohidrat: alpukat, kelapa, stroberi, bluberi, melon, semangka, persik, aprikot, anggur, lemon, jeruk
– Minuman tanpa kalori: air serta kopi hitam dan teh tanpa gula



2. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi

Diet karbo sangat ketat dalam menyeleksi makanan yang dapat dikonsumsi. Berikut jenis makanan yang tidak boleh dimakan untuk pegiat diet karbo:

– Biji-bijian: nasi putih, nasi merah, gandum, roti, pasta
– Kacang dan polong: kacang hitam, kacang merah, buncis, lentil
– Buah-buahan: apel, pisang, pir, kurma, mangga, nanas
– Sayuran bertepung: kacang polong, jagung, labu, kentang
– Susu: susu dan yogurt
– Minuman tinggi kalori: bir, anggur, alkohol, soda, dan segala jenis minuman dengan campuran gula

Read previous post:
Info Beasiswa Februari 2021
Info Beasiswa Azerbaijan Full Program S1, S2, S3, dan Kedokteran 2021

Close