Desa Wisata Huta Tinggi Samosir, Wisata Edukasi, Destinasi Wisata Dekat Danau Toba, pada acara Desa Wisata Penerima Penghargaan dalam Malam Puncak ADWI 2021, Desa Wisata Huta Tinggi, Samosir, Sumut, meraih Juara 5 sebagai 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif.

Selain itu, Desa Huta Tinggi Samosir termasuk ke dalam Geosite UNESCO Global Geopark serta menyimpan beragam potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.


Desa Wisata Huta Tinggi Samosir, Wisata Edukasi, Destinasi Wisata Dekat Danau Toba

Desa wisata Huta Tinggi terletak di Pulau Samosir, Sumatera Utara. Desa wisata ini dapat dijangkau menggunakan perjalanan darat dan air dengan jarak tempuh sekitar empat jam dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara.

Desa Wisata Huta Tinggi terletak di Pulau Samosir. Untuk mencapai desa ini, wisatawan bisa menggunakan kapal feri untuk menyeberangi Danau Toba. Desa Huta Tinggi menyediakan fasilitas dan akomodasi yang lengkap, termasuk penginapan.

Baca Juga :  Bikin Betah Liburan di Rumah Dengan Decluttering

Kawasan Geosite UNESCO

Desa Huta Tinggi Samosir termasuk ke dalam Geosite UNESCO Global Geopark serta menyimpan beragam potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terletak di wilayah Danau Toba, Desa Wisata Huta Tinggi menjadi bagian dari kawasan Geosite UNESCO.

Kaldera Toba ditetapkan sebagai Geosite UNESCO Global Geopark pada 2020 lalu. Setidaknya ada 16 geosite di sekitarnya yang diakui oleh UNESCO.

“Selain kerbau, juga ada kambing putih dan juga ada burung elang. Ini yang harus kita jaga sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Huta Tinggi pada Selasa (9/11/2021), dilansir dari keterangan resmi Kemenparekraf.

Baca Juga :  Wisata Edukasi Desa Wisata Huta Tinggi Samosir

Wisata Edukasi Desa Wisata Huta Tinggi Samosir

Selain menikmati keindahan alam Desa Huta Tinggi, wisatawan juga bisa menikmati wisata edukasi dan budaya yang ada di kawasan tersebut. Desa Wisata Huta Tinggi juga kaya akan seni dan budaya.

Ada sajian khusus yang biasa dibuat masyarakat sekitar dari susu kerbau bernama dali ni horbo. Olahan susu kerbau tersebut kerap dijuluki sebagai keju khas batak Toba. Wisatawan dapat belajar bagaimana memerah susu kerbau dan mengolahnya secara langsung.

Wisatawan juga bisa secara langsung mengamati rumah adat khas batak toba, rumah bolon. Kegiatan lainnya adalah menyaksikan pertunjukan budaya, seperti tari tor tor dan pertunjukan gondang.

Baca Juga :  4 Pilihan Destinasi Wisata yang Aman saat Pandemi

Semua masyarakat desa terlibat dalam paket wisata ini, mulai dari anak-anak sebagai pelaku seni budaya, sebagian orang dewasa sebagai pelaku kuliner dan proyek pengolahan makanan, pemandu wisata desa sebagai pendamping aktifitas wisatawan sekaligus narasumber edukasi dan story telling, pemilik lahan pertanian sekaligus petani dan peternak sebagai penyedia dan pendamping aktifitas.

Wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan hamparan perbukitan hijau serta panorama Danau Toba yang sangat indah, banyak kerbau kawasan desa, sehingga suasana pedesaan yang asri dan sejuk dapat dirasakan di dalamnya.

Itulah informasi tentang Desa Wisata Huta Tinggi Samosir, Wisata Edukasi, Destinasi Wisata Dekat Danau Toba.

Referensi : kemenparekraf.go.id, desawisatahutatinggi.id, sumutprov.go.id


Live Streaming