DELET FOR EVERYONE! Tanpa Batas Waktu, WhatsApp Siapkan Fiturnya. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa menggunakan pulsa.

Sejak 2017, pengguna dimungkinkan untuk menarik kembali (unsend) pesan yang sudah telanjur dikirim ke teman, baik di ruang obrolan personal maupun grup. Fitur unsend tersebut bernama “delete for everyone”.

Baca Yuk :

DELET FOR EVERYONE! Tanpa Batas Waktu, WhatsApp Siapkan Fiturnya

Namun, sejauh ini, fitur delete for everyone hanya bisa digunakan dalam batas waktu tertentu, yakni 4.096 detik alias 1 jam 8 menit 16 detik.

Bila lewat dari batas waktu itu, opsi “delete for everyone” akan hilang dan pesan tak lagi bisa di-unsend. Jadi, pengirim pesan harus cepat-cepat menarik pesan miliknya.

Namun, ini semua tampaknya bakal berubah. Pasalnya, WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur delete for everyone tanpa ada batas waktu. Jadi, pengguna WhatsApp bisa melakukan unsend pesan kapan pun mereka inginkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberi bocoran akurat soal fitur-fitur baru WhatsApp.

WABetaInfo melaporkan, WhatsApp terlihat menyertakan fitur delete for everyone tanpa batas waktu dalam WhatsApp beta versi 2.21.23.1 untuk ponsel Android.

Dalam sebuah tangkapan layar yang dibagikan, pesan yang dikirimkan pada Agustus 2021 terlihat masih menampilkan opsi delete for everyone. Ini memungkinkan pesan tersebut bisa di-unsend meski sudah berselang 3 bulan sejak dikirimkan.

Sebagai perbandingan, WhatsApp versi 2.21.23.23 di ponsel Android masih tidak bisa menggunakan fitur delete for everyone untuk pesan yang dikirim lebih dari batas waktu 1 jam 8 menit 16 detik.

Belum diketahui kapan fitur delete for everyone tanpa batas waktu ini bakal dirilis ke publik. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resminya, Rabu (1/12/2021), WABetaInfo hanya mencatat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga masih mungkin berubah total saat perilisan nantinya. Kita tunggu saja.

Durasi sudah diperpanjang satu kali

Saat pertama kali dirilis tahun 2017, pengirim pesan harus cepat-cepat menarik pesan dengan batasan waktu maksimal 7 menit saja setelah dikirim.

Namun, pada 2018, WhatsApp memperpanjang durasi tersebut menjadi 1 jam 8 menit 16 detik. Hal ini tampaknya dilakukan sebagai upaya WhatsApp untuk menuruti permintaan pengguna yang ingin menghapus pesan terkirim dengan durasi lebih lama.

Bila penghapusan pesan terkirim menggunakan delete for everyone berhasil, sang penerima tak akan melihat pesan yang sebelumnya dikirimkan. Namun, sang penerima pesan akan diberi pemberitahuan berbunyi “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.

Meski demikian, perlu dicatat, pesan hanya akan sukses terhapus jika si penerima pesan memperoleh notifikasi pencabutan pesan dalam waktu 13 jam 8 menit dan 16 detik sejak di-unsend.

Notifikasi bisa saja tertunda karena koneksi internet yang lemah, perangkat sedang dalam Flight Mode, atau sedang tidak aktif.

Jika penerima pesan baru menerima notifikasi penghapusan pesan lewat dari durasi tersebut, pesan tidak akan terhapus, dan penerima masih bisa membaca isi pesan.

DELET FOR EVERYONE! Tanpa Batas Waktu, WhatsApp Siapkan Fiturnya

Sumber : https://kompas.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now