Dapatkan BLT PIP Februari 2021 Rp 1 Juta untuk Pelajar dari Kemdikbud. Dalam rangka mensukseskan Program Merdeka Belajar 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membantu ringankan beban siswa dengan dana bantuan BLT PIP Rp1 juta tahun 2021.

Dapatkan BLT PIP Februari 2021 Rp 1 Juta untuk Pelajar dari Kemdikbud

Penyaluran dana BLT PIP akan diberikan kepada siswa/siswi mulai dari Sekoldah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Atas (SMA). Akan tetapi, Kemendikbud menjelaskan yang berhak menerima BLT PIP ini merupakan siswa yang miliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).



Pemerintah berikan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk para siswa yang kesulitan sekolah karena terkendala ekonomi, program diberikan mulai SD-SMA.

Berikut besaran dana yang akan diterima para pelajar yang akan menerima bantuan PIP. Pemerintah menciptakan program ini untuk mencegah peserta didik yang dimungkinkan putus sekolah. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan kembali bagikan bantuan tunai kepada para pelajar di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut merupakan realisasi Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dalam hal ini, Kemendikbud bekerja dengan dua kementerian lainnya, yaitu Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama (Kemenag).

Adapun pelajar yang dimaksud yakni berusia 6 hingga 21 tahun. Kemudian, belajar dari keluarga miskin dan renta miskin. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menjalankan amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan bangsa dan negara. Untuk kalian yang masih duduk di bangku SD/MI/Paket A, Pemerintah akan berikan bantuan sebesar Rp450.000 per tahunnya.



Sementara untuk kalian yang masih duduk di bangku SMP/MTS/Paket B, Pemerintah akan berikan bantuan Rp750.000 per tahunnya. Kemudian untuk kalian yang saat ini masih duduk di bangku SMA/SMK/MAN/Paket C, Pemerintah juga berikan bantuan sebesar Rp1 juta per tahunnya.

Bantuan tersebut dapat dipergunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan sekolah. Untuk mendapatkan bantuan PIP ini, kalian harus melalui proses pendaftaran KIP, aktivasi KIP, kemudian akan terima Surat Keputusan bahwa kalian layak mendapatkan PIP.

Lalu, bagaimana cara daftarnya? Simak cara-caranya berikut ini.

Pertama, siapkan data-data yang diminta. Di antaranya yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), rapor hasil belajar siswa, dan surat pemberitahuan penerima BSM dari kepala sekolah. Apabila tidak memiliki KKS, dapat diganti dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW setempat.

Berikutnya, bawa persyaratan tersebut untuk didaftarkan ke sekolah/Lembaga Pendidikan. Setelah melakukan pendaftaran, maka pihak sekolah akan mengirimkan data tersebut ke Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag setempat.

Jika lolos terdaftar ke dalam KIP, maka selanjutnya akan dimasukkan ke Dapodik. Kemudian, KIP tersebut akan diantarkan ke alamat rumah atau sekolah kalian. Jika kalian sudah memegang KIP, segera lakukan aktivasi untuk menerima bantuan.

Selanjutnya, kalian dapat menerbitkan Surat Keputusan Penetapan Penerima Manfaat PIP dan mengirimkan ke bank penyalur yang ditunjuk.




Sebelumnya, jika kalian ingin mengetahui apakah kalian terdaftar ke dalam program Kemendikbud, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Pertama, masuk ke laman pip.kemdikbud.go.id, lalu klik ‘Cek Penerima PIP’. Berikutnya, masukkan NISN Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung Siswa, lalu klik ‘Cek Data’. Selanjutnya akan muncul nama pelajar, nama sekolah, serta alamat tempat tinggal dan nama bank penyalur.

Sementara itu, besaran dana yang akan diterima siswa/siswi pemegang KIP sudah ditentukan sesuai tingkatan pendidikan, yaitu :

  • Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun
  • Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun
  • Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun

Bagi orang tua murid yang ingin ketahui terdaftar sebagai KIP dan mendapat BLT PIP Rp 1 juta, bisa cek cek dana Bantuan PIP berikut:

  1. Klik link ini pip.kemdikbud.g`o.id
  2. Klik ‘Cek Penerima PIP’
  3. Masukkan NISN Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa, untuk orang tua siswa bisa meminta ke siswa berapa NISN dari anaknya.
  4. Setelah memasukkan data tersebut, kemudian klik ‘Cek Data’
  5. Maka akan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur



Selain itu bagi orang tua murid yang ingin aktifkan KIP, berikut cara untuk aktivasi KIP agar mendapatkan Bantuan PIP:

  1. Siswa penerima KIP membawa KIP ke sekolah/madrasah/satuan pendidikan formal lain dimana penerima KIP atau akan mendaftar
  2. Satuan pendidikan atau lembaga pendidikan mencatat informasi anak ke dalam data pokok pendidikan (dapodik) sebagai calon penerima manfaat PIP yang kemudian akan diajukan ke Kemdikbud
  3. Kemdikbud, Kemenag, dan Kemenakertrans akan melakukan verifikasi sesuai server dapodik di pusat, kemudian menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima manfaat PIP dan mengirimkan daftar penerima tersebut ke bank penyalur yang ditunjuk.
  4. Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota akan mengirimkan surat pemberitahuan dan daftar penerima manfaatPIP ke sekolah/madrasah/lembaga pendidikan lain.
  5. Sekolah/madrasah/lembaga pendidikan lainnya menginformasikan kepada peserta didik atau orang tua mengenai lokasi dan waktu pengambilan dana bantuan berdasarkan info dari dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota atau bank penyalur
  6. Anak penerima KIP atau orang tuanya dapat mengambil dana bantuan PIP ke bank penyalur dengan membawa surat pemberitahuan atau daftar penerima manfaat PIP.

Bagi peserta didik yang belum menjadi penerima bantuan PIP dapat mendaftar ke sekolah/lembaga pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tua/wali, namun jika tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat KeteranganTidak Mampu (SKTM) yang didapat dari RT/RW dan Kelurahan untuk melengkapi syarat pendaftaran.

CEK PIP

Dapatkan BLT PIP Februari 2021 Rp 1 Juta untuk Pelajar dari Kemdikbud

Sumber : https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-141403507/dapatkan-blt-pip-rp1-juta-untuk-pelajar-dari-kemdikbud-buka-link-ini-dan-ikuti-langkahnya


Read previous post:
Program Kampus Mengajar 2021 Ajak Mahasiswa Mengajar SD Terpencil
Program Kampus Mengajar 2021 Ajak Mahasiswa Mengajar SD Terpencil

Close