Dampak Buruk Kebiasaan Gigit Kuku. Tanpa disadari beberapa orang disekitar kamu mungkin ada yang memiliki kebiasaan agak unik. Kebiasaan menggit kuku kadang membuat orang lupa hingga akhirnya terluka atau berdarah.

Dampak Buruk Kebiasaan Gigit Kuku

Baca Yuk :

Saking asyiknya menggigit kuku, tanpa disadari ternyata bisa membuat diri kamu cedera atau terluka

Tak hanya mengganggu penampilan kuku, kebiasaan menggigit kuku itu bisa mencederai kesehatan. Berikut adalah beberapa dampak buruk menggigiti kuku seperti dikutip dari Klikdokter.

1. Peradangan Pada Kuku Jari

Melansir dari Klik Dokter, salah satu dampak sering menggigit kuku adalah peradangan pada ujung jari. Mengapa demikian?

Komposisi kimia dalam air liur Anda memungkinkan untuk memecah lemak dan molekul makanan lainnya. Akan tetapi, meski membantu pencernaan Anda, air liur juga dapat merusak kulit ujung jari jika Anda terus-menerus menempelkannya di mulut.

Hal inilah yang dapat menyebabkan peradangan ujung jari akibat sering menggigit kuku. Untuk alasan yang sama, menjilati bibir dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

2. Sakit Pada Perut

Kebiasaan buruk ini dapat membuat kuman masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, tangan dan kuku Anda rentan ditempeli kuman.

Itulah mengapa penyakit seperti sakit perut bahkan diare bisa menyerang apabila Anda suka menggigit kuku.

3. Masalah Pada Gigi

Dampak buruk menggigit kuku atau benda keras lainnya yaitu dapat merusak struktur gigi. Mulai dari menggeser gigi sehingga menjadi berantakan merusak email gigi sehingga gigi lama kelamaan terkikis, gigi patah, hingga infeksi pada gusi.

4. Nyeri di Sekitar Tenggorokan

Sama seperti nyeri perut, patogen yang ditemukan di kuku dan tangan yang masuk ke dalam mulut dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Tidak heran orang yang gemar menggigit kuku bisa mengalami sering pilek, batuk, nyeri tenggorokan bahkan demam.

5. Infeksi Pada Kuku Jari

Ketika menggigit kuku terlalu berlebihan, Anda mengekspos kulit di bawah kuku dan membiarkannya terkena bakteri yang bersemayam di mulut Anda.

Nah, bentuk infeksi yang paling sering terjadi adalah paronikia. Gejalanya berupa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Infeksi ini bahkan dapat berlangsung selama berminggu-minggu.

Dampak Buruk Kebiasaan Gigit Kuku

Sumber: Klikdokter

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , ,

Streaming Now