Daftar  Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik, startup teknologi edukasi (edutech) RevoU melakukan riset dengan memberikan peringkat pada universitas di Indonesia yang memiliki website dan medsos terbaik di Q1 2021.

Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik

Sejak pandemi Covid-19, Penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Website dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Manfaat website diantaranya adalah untuk memberikan pelayanan, informasi, sarana promosi dan pengenalan profil, forum jual beli online, forum belajar online, sarana hiburan dan entertainment, serta sumber penghasilan.

Media sosial juga tidak hanya digunakan untuk kegiatan komunikasi, blog, forum atau aktivitas saja. Namun, situs jejaring sosial juga dapat digunakan untuk kegiatan yang bersifat komersial, bisnis, dan dapat menghasilkan keuntungan di dalamnya. Dengan memanfaatkan medsos sebagai sarana komunikasi tanpa batas waktu dan ruang.

Aset digital sangat penting untuk universitas-universitas di Indonesia guna memastikan ratusan, bahkan ribuan mahasiswa aktif dan juga para calon mahasiswa mereka bisa tetap up to date & mengetahui apa yang saat ini sedang terjadi di kampus mereka.

Dalam riset yang dilakukan RevoU yang merupakan perusahaan rintisan di bidang teknologi edukasi itu mengungkap perguruan tinggi apa saja yang memiliki website dan media sosial terbaik.

RevoU melakukan riset dari 30 universitas-universitas besar di Indonesia, baik universitas negeri & juga swasta yang memiliki kualitas website & media sosial terbaik,dengan mengumpulkan dan membandingkan beberapa data yakni Berdasarkan Jumlah pengunjung website bulanan (SimilarWeb), Jumlah pengikut di media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube)

  • Pengunjung bulanan website: 1 UGM (6,1 juta)
  • Jumlah pengikut di Instagram: 1 UGM (750.000)
  • Jumlah pengikut di Twitter: 1 UI (1,2 juta)
  • Jumlah pengikut di LinkedIn: 1 UI (214.000)

Website paling banyak dikunjungi

Pengunjung bulanan website yang paling banyak dikunjungi yakni:

  1. UGM  sebesar 6,1 juta  pengunjung
  2. Universitas Indonesia (UI) 5 juta pengunjung
  3. Binus University 4,3 juta pengunjung
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB) 3,9 juta pengunjung
  5.  Universitas Brawijaya sebanyak 3,5 juta pengunjung

Dalam infografis berikut ini ditampilkan urutan lengkap website universitas paling banyak dikunjungi.

website universitas paling banyak dikunjungi

Instagram

UGM memiliki jumlah follower terbanyak di Instagram dengan total 750 ribu follower. Salah satu strategi konten yang dilakukan adalah membuat konten seperti UGM Sepekan untuk merangkum apa saja informasi-informasi terpenting di kampusnya.

Berdasarkan data Socialblade, selain memiliki followers yang cukup banyak, rata-rata interaksi di akun Instagram UGM juga cukup tinggi. Rata-rata likes 10 ribu dan komentar 46. Rata-rata kenaikan jumlah followers di akun UGM juga tinggi yaitu sebesar 220 followers setiap harinya.

Di Instagram, universitas paling banyak dikunjungi adalah:

  1. UGM 750 ribu follower
  2. UI dengan 680 ribu follower
  3. Brawijaya (272 ribu)
  4. ITB (266 ribu), dan
  5. Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan 254 ribu follower.

Twitter

UI dan UGM memiliki lebih dari satu juta follower di Twitter. Selain UI dan, di posisi berikutnya ada UNPAD (973 ribu), ITB (922 ribu), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 741 ribu follower.

ITS menjadi universitas yang paling banyak nge-tweet dengan total 84 ribu kicauan. Diikuti oleh UI, Telkom University, dan Universitas Airlangga dengan jumlah rata-rata tweet di atas 26 ribu. UI menggunakan Twitter untuk menyampaikan update terkait kegiatan civitas akademika UI. Selain itu, Twitter juga menjadi media untuk menjawab pertanyaan follower.

UGM menggunakan Twitter sebagai salah satu media promosi portal berita https://ugm.ac.id/id/berita/ yang informasinya juga dapat dinikmati masyarakat umum. Di posisi nomor lima, ada IPB yang memiliki beberapa content pillar di Twitter yang terwakili dengan hashtag #BeritaIPB, #MasukIPB, #SpotIPB, #IPBTips.

YouTube

ITB menempati posisi pertama sebagai kampus dengan jumlah YouTube subscriber terbesar, yakni 100 ribu (silver play button) dan total video view sebesar 8.5 juta. Salah satu strategi konten yang dilakukan ITB adalah membuat seminar atau Stadium Generale dengan mengundang para ahli di bidangnya.

Berdasarkan data dari Socialblade, Universitas Udayana memiliki channel YouTube paling aktif dengan jumlah video sebanyak 2.618 dan total video views sebesar 1.5 juta. Berikut ini daftar lengkap kampus dengan total subscriber dan video terbanyak.

Di LinkedIn

Ada tiga universitas yang memiliki follower terbanyak di LinkedIn, yaitu UGM, ITB, dan UI. Namun tampaknya hanya UGM yang cukup aktif untuk memproduksi konten di jejaring sosial profesional ini.

Pengumpulkan data dari masing-masing universitas di Indonesia berdasarkan jumlah kunjungan bulanan website dan juga jumlah pengikut media sosial (Instagram, Twitter, YouTube, LinkedIn). Data dikumpulkan Maret 2021. Demikian artikel tentang Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik, semoga bermanfaat.

Source:

journal.revou.co/peta-digital-universitas-indonesia/, bit.ly/petadigitaluniv, inet.detik.com, https://www.kamiwebdevelopment.com/daftar-universitas-dengan-website-dan-medsos-terbaik/

 


Read previous post:
jadwal-belajar-di-rumah-bersama-tvri
Jadwal Belajar Dari Rumah di TVRI Rabu 24 Maret 2021

Close