Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Live Streaming

Daftar Pilihan Beasiswa Ke Inggris 2022 Selain Chevening. Jadi, bagi teman-teman yang ingin kuliah di UK dengan beasiswa tidak merasa terbatas dengan Chevening. Berikut beberapa beasiswa yang bisa kamu pilih.

Inggris menjadi negara dengan banyak perguruan tinggi kelas dunia. Pada tahun 2018, empat universitas di Inggris dinobatkan dalam peringkat 10 besar universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings di tahun 2018.


Duo Oxbridge alias Oxford dan Cambridge yang telah terkenal sebagai universitas tertua dan paling prestisius di Inggris, tentu masuk dalam kategori 10 besar tersebut. Namun, banyak pula universitas-universitas lain di Inggris yang patut menjadi pilihan saat akan menempuh kuliah di universitas bergengsi luar negeri.

Daftar Pilihan Beasiswa Ke Inggris 2022 Selain Chevening

Inggris sebagai salah satu negara maju di Eropa, sering menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan baik untuk program gelar sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2). Negara yang memiliki nama resmi “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland” ini memiliki empat negara kecil yang termasuk di dalamnya, yakni England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. Meskipun demikian orang Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan Inggris saja.

Selain memiliki universitas-unversitas berkualitas kelas dunia, dengan melanjutkan pendidikan tinggi di negara tersebut tentu akan mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, tentu kemampuan ini akan sangat berguna. Kesempatan untuk mengenal mahasiswa dari berbagai negara yang berkuliah di Inggris, juga akan membantu membangun koneksi berskala global.

Selain sistem perkuliahan yang berkualifikasi tinggi, Inggris juga termasuk negara yang aktif terlibat dalam penelitian-penelitian untuk mengembangkan teknologi terkini. Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam penelitian-penelitian penting, yang tidak hanya memperkaya pengetahuan dan keterampilan, namun juga menjadi bekal untuk berkecimpung di dunia riset sejak dini.

Baca Juga :  Link Download Twibbon World Teachers' Day 2022 : Link Unduh dan Cara Pakai Twibbon Hari Guru Sedunia 2022

Kurikulum perkuliahan di Inggris memudahkan mahasiswa untuk menempuh pendidikan lebih cepat. Jenjang pendidikan S1 bisa ditempuh dalam waktu 3 tahun dan S2 hanya dalam waktu 1 tahun saja. Meskipun demikian, lamanya waktu pendidikan juga dipengaruhi jurusan yang dipilih dan kemampuan akademik mahasiswa.

Daftar Pilihan Beasiswa Ke Inggris 2022 Selain Chevening

Sambil menempuh kuliah, mahasiswa di Inggris juga bisa melakukan kerja part-time sekitar 20 jam per minggu. Dengan demikian, mereka bisa memanfaatkan waktu luang untuk mendapatkan tambahan uang saku.

Suasana negara Inggris yang kondusif, membantu mahasiswa untuk belajar lebih tenang. Budaya di Inggris juga unik dan autentik. Suasana yang beragam juga bisa didapat karena kehidupan di London yang serba modern, akan berbeda jauh dengan suasana pedesaan Eropa yang masih kental di daerah-daerah lain.

Seperti yang kita tahu kalau Chevening merupakan pemberi beasiswa untuk kuliah program magister di Inggris. Tapi ada lho, beasiswa lainnya selain Chevening untuk belajar di negeri matahari tak pernah tenggelam tersebut.

Daftar Pilihan Beasiswa Ke Inggris 2022 Selain Chevening

1. LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sudah sering kita dengar bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3. Lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI ini memberikan daftar ratusan universitas termasuk di Inggris Raya untuk bisa dipilih. Berdasarkan website resmi, pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan dua kali dalam setahun.

Baca Juga :  Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer

2. BPI

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dikelola oleh Kemendikbudristek RI bekerja sama dengan Kementerian Keuangan juga memberikan kesempatan bagi calon penerima beasiswa untuk belajar di negeri Ratu Elizabeth II. BPI ini memberikan beasiswa khusus kepada calon mahasiswa S1 dan S2 yang mempunyai prestasi melalui jenis Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Tak hanya itu, beasiswa ini juga memberikan kesempatan bagi kita untuk melanjutkan studi hingga S3. Selain itu, bagi lulusan S2 Kedokteran bisa juga mendaftar Beasiswa University of Oxford di program BPI ini. Persyaratan pendaftaran beasiswa ini beragam tergantung jenis beasiswanya.

3. Beasiswa GREAT

Berikutnya ada beasiswa GREAT yang diberikan bagi mahasiswa dari 18 negara untuk belajar di universitas Inggris. Setiap mahasiswa akan mendapatkan £10.000 untuk biaya kuliah selama setahun. Program ini merupakan kerja sama antara GREAT Britain Campaign dan British Council, serta lembaga pendidikan tinggi yang berpartisipasi dalam program ini.

Daftar Pilihan Beasiswa Ke Inggris 2022 Selain Chevening

4. Beasiswa Gates Cambridge

Lembaga pemberi beasiswa ini didirikan melalui Yayasan Bill and Melinda Gates pada 2000. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi seluruh warga dunia kecuali Inggris untuk kuliah di Universitas of Cambridge. Beasiswa ini diberikan untuk kuliah S2 dan S3 bagi yang memiliki prestasi akademik.

Setiap tahunnya lembaga ini hanya memberikan beasiswa kepada 80 kandidat saja, 25 warga negara non-AS dan 55 warga negara AS. Selain itu, setiap mahasiswa akan mendapatkan £18,384 (untuk tahun 2022-2023) per tahun untuk tunjangan pemeliharaan. Untuk informasi lebih lengkap bisa dicek di situs resmi beasiswa ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Kelas 6 SD Tema 4 Halaman 70 71 72 73, Ayo Mengamati: Peran Energi Listrik di Era Global

5. British Council Scholarships for Women in STEM

Beasiswa ini diberikan khusus untuk kaum hawa yang memiliki minat di bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika. Beasiswa ini ditujukan bagi perempuan yang berasal dari Benua Amerika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Mesir, Turki, dan Ukraina. Pada tahun kedua ini, British Council telah bekerja sama dengan 26 universitas di Inggris, sehingga Anda dapat memilih salah satu universitas tersebut. Tujuan diadakannya program ini untuk meningkatkan jumlah peneliti perempuan dalam bidang STEM.

6. Hornby Scholarships

Guru Bahasa Inggris ingin kuliah di Inggris? Hornby Scholarships adalah jawabannya. Beasiswa ini ditujukan bagi guru Bahasa Inggris baik pengungsi atau pencari suaka di UK dan kandidat di luar Inggris. Nantinya kandidat yang lolos akan mengambil program Masters in TESOL di Universitas Warwick selama setahun. Beasiswa ini sudah meliputi seluruh biaya kehidupan selama Anda kuliah di Inggris.

Nah, itulah beberapa beasiswa yang dapat dipilih untuk melanjutkan studi di UK. Sembari menunggu pembukaan pendaftaran, tak ada salahnya bila Anda meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris baik dari segi listening, reading, speaking maupun writing-nya. Hal yang patut diingat, bahwa ada aksen british yang perlu kita ketahui juga supaya tidak kaget dengan pengucapan atau istilah dalam British English yang tidak familiar dengan kita.

Daftar Pilihan Beasiswa Ke Inggris 2022 Selain Chevening

Sumber :


Rekomendasi Untuk Anda :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , ,