Daftar BLT Anak Sekolah 2023 Online Lewat HP, Cek Nama Penerima Disini. Bansos PKH itu disediakan untuk anak sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat yang termasuk dalam golongan keluarga miskin atau rentan miskin.

Siswa dapat melakukan cek nama penerima BLT anak sekolah atau PKH 2023 mendatang secara online dengan menggunakan handphone (HP) di website resmi cekbansos.kemensos.go.id. BLT anak sekolah atau bansos Program Keluarga Harapan (PKH) sebentar lagi akan disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk periode 2023.


Daftar BLT Anak Sekolah 2023 Online Lewat HP, Cek Nama Penerima Disini

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan sejumlah bansos, termasuk Program Keluarga Harapan atau PKH. Selain anak sekolah, PKH 2023 juga diberikan kepada balita, lansia, penyandang disabilitas, hingga ibu hamil atau melahirkan.

Penyaluran bantuan sosial atau bansos akan dilanjutkan pada tahun 2023 mendatang. PKH sendiri terdiri dari beberapa bantuan langsung tunai atau BLT khusus bagi kategori masyarakat tertentu, salah satunya untuk anak sekolah.

Baca Juga :  Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bekasi, Bogor Sabtu 6 November 2021

Terdapat sekitar Rp4,4 juta setahun yang bisa didapat oleh penerima BLT anak sekolah, dengan syarat terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan muncul di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Sebagai informasi, anak sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat merupakan kategori penerima bansos PKH yang berhak mendapat bantuan dari pemerintah.

Anak sekolah yang berasal dari keluarga miskin dan terdaftar di DTKS akan memperoleh bantuan sesuai dengan tingkat pendidikan dengan total Rp4,4 juta setahun.

Total tersebut mencakup bantuan untuk siswa SD/sederajat sebesar Rp900.000 per tahun, siswa SMP/sederajat dengan Rp1,5 juta setahun dan siswa SMA/sederajat dengan Rp2 juta setahun.

Daftar BLT Anak Sekolah 2023 Online Lewat HP, Cek Nama Penerima Disini. Bantuan PKH tersebut nantinya akan dibagikan setiap tiga bulan sekali melalui Bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN dan Mandiri.

Baca Juga :  Daftar BLT Anak Sekolah Rp3,4 Juta : SD Rp 900.000, SMP Rp 1,5 Juta dan SMA Rp 2 Juta

Siswa atau keluarga dapat memastikan sudah terdaftar atau belum dengan melakukan cek nama penerima BLT anak sekolah 2023 secara online dengan cara berikut;

1. Siapkan HP dengan internet yang stabil.

2. Akses link cekbansos.kemensos.go.id melalui browser. 

3. Lengkapi alamat domisili dalam kolom Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

4. Masukkan nama lengkap.

5. Isi kode huruf sesuai dengan gambar petunjuk.

6. Jika gambar dirasa kurang jelas, klik simbol panah di sebelahnya untuk mendapat kode huruf baru.

7. Klik ‘Cari Data’.

Daftar BLT Anak Sekolah 2023 Online Lewat HP, Cek Nama Penerima Disini. Selanjutnya akan muncul hasil pencarian, apabila data terdaftar di DTKS, maka yang tampil adalah informasi dalam format Nama Penerima, Umur dan deretan jenis bansos yang disalurkan pada tahun 2023.

Baca Juga :  Link Cara Cairkan BLT Anak Sekolah 2023 Dapat Rp. 4,4 Juta, Begini Cara Cek Penerima

Kemudian pastikan pada kolom PKH termuat tulisan berupa Status (YA), Keterangan (Proses Bank Himbara) dan Periode (bulan penyaluran-2023).

Dengan demikian, siswa atau keluarga sudah bisa mencairkan BLT anak sekolah melalui salah satu Bank Himbara yang sudah ditetapkan.

Sebab sebelumnya bantuan disalurkan dalam empat tahap, maka besaran yang diterima untuk siswa SD/sederajat adalah Rp225.000 per tahap, siswa SMP/sederajat Rp375.000 dan siswa SMA/sederajat dengan Rp500.000 per tahap.

Setelah bantuan PKH diperoleh, anak sekolah penerima bansos ini harus menjalani kewajiban sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan hadir di dalam kelas minimal pertemuan 85 persen.

Daftar BLT Anak Sekolah 2023 Online Lewat HP, Cek Nama Penerima Disini. Sekian penjelasan cara cek nama penerima BLT anak sekolah 2023 online lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id.


Live Streaming