Daftar Beasiswa Luar Negeri 2022 Yang Paling Diburu Pelajar, Dananya Capai Rp 600 Juta. Selain menempuh pendidikan, para pelajar juga ingin tahu budaya luar negeri, keindahan alam yang dimiliki, dan berbagai pengalaman lain yang ingin mereka rasakan ketika berada di negeri orang. Beasiswa menjadi salah satu media bagi para pelajar untuk dapat membantu mewujudkan mimpi pelajar yang ingin berkuliah, atau melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri.

Dua beasiswa luar negeri terbesar incaran pelajar selalu dicari setiap tahunnya. Saat ini pelajar Indonesia berbondong-bondong menginginkan pergi ke luar negeri untuk menuntut ilmu. Beasiswa luar negeri setiap tahunnya selalu menjadi incaran bagi mereka yang ingin merasakan menempuh pendidikan di negara orang.


Daftar Beasiswa Luar Negeri 2022 Yang Paling Diburu Pelajar, Dananya Capai Rp 600 Juta

Beasiswa dapat meringankan beban para pelajar dalam segi financial. Saat ini, sudah banyak jenis beasiswa, seperti full scholarship yang artinya semua ditanggung oleh pihak penyelenggara (fully funded), mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup di luar negeri, biaya akomodasi, asuransi, dan lain-lain.

Ada juga partial scholarship, jenis beasiswa ini tidak mencakup semuanya, misal hanya dibiaya biaya pendidikannya saja, untuk biaya hidup, akomodasi, dan lain-lain ditanggung oleh pribadi.

Baca Juga :  KODE REDEEM FF Selasa 10 Mei 2022 Terbaru

Berikut 2 beasiswa luar negeri terbesar yang selalu menjadi incaran pelajar tiap tahunnya, yakni:

1. Beasiswa FulBright

Beasiswa FulBright merupakan beasiswa yang didanai oleh Pemerintahan Amerika, dan di Indonesia dikelola oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Beasiswa ini sudah berjalan sejak Pemerintahan Amerika Serikat pada 1946, dan sudah ditawarkan ke lebih dari 160 negara di dunia.

Dilansir dari aminef.or.id, Beasiswa FulBright terbuka untuk segala jenis kelangan, tidak ada pandang bulu mengenai status sosial. Kemudian pelajar yang keterima akan difasilitasi pembiayaan tiket pesawat internasional pulang pergi, uang saku untuk kuliah, bulanan, asuransi, uang buku dan komputer, akomodasi transport, dan berbagai kegiatan lainnya selama berkuliah di Amerika.

Daftar Beasiswa Luar Negeri 2022 Yang Paling Diburu Pelajar, Dananya Capai Rp 600 Juta

Beasiswa ini menyediakan berbagai jurusan yang dapat dipilih, kecuali jurusan klinis yang berhubungan dengan pasien. Untuk S2 akan mendapatkan biaya full selama maksimal 2 tahun. Sedangkan untuk S3 akan mendapatkan durasi pembiayaan sampai 3 tahun.

Baca Juga :  Kode Redeem Mobile Legends 6 Juni 2021 ML Terbaru

Pelajar yang telah menerima beasiswa dari FulBright masih diizinkan untuk mencari tambahan beasiswa lain apabila dirasa biaya yang diberikan oleh Fulbright masih kurang untuk memenuhi biaya kuliah, dan hidup selama di Amerika.

Pelajar yang menerima beasiswa FulBright perlu mengetahui bahwa total tanggungan beasiswa yang diberikan oleh Fulbright sebesar USD35.000/tahun untuk jenjang pendidikan S2, sedangkan untuk pendidikan S3 akan mendapatkan beasiswa sebesar USD40.000/tahun.

Jika dirupiahkan, beasiswa yang diperoleh untuk S2 dan S3 sekitar 500 juta – 600 juta. Beberapa syarat dan ketentuan pelajar jika ingin mendapatkan beasiswa Fulbright ini adalah harus memiliki TOEFL ITP minimum 550-575, skor IELTS setara, mempunyai IPK minimum 3.00, dan bersedia untuk kembali ke Indonesia

2. Beasiswa LPDP

Beasiswa ini sudah tidak asing lagi bagi pelajar. LPDP merupakan beasiswa luar negeri yang dibiayai oleh Pemerintah Indonesia untuk pelajar melanjutkan studinya ke universitas yang mereka pilih. Beasiswa ini juga tidak hanya diperuntukan untuk ke luar negeri, tapi juga untuk universitas dalam negeri.

Ada berbagai pilihan yang bisa dipilih, untuk jenjang S1, S2, dan S3. Khusus untuk luar negeri, beasiswa ini sudah memiliki banyak universitas yang menjadi tujuan, seperti Stanford, Harvard, University of Tokyo, University of Munich (LMU Munich), Leiden University, Moscow State University (MSU), dan masih banyak lagi universitas dari negara lain di seluruh dunia yang menjadi tujuan beasiswa LPDP.

Baca Juga :  KUNCI Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 61 62 63, Apa Sajakah Manfaat Pemenuhan Hak Warga Negara Indonesia?

Daftar Beasiswa Luar Negeri 2022 Yang Paling Diburu Pelajar, Dananya Capai Rp 600 Juta

Beasiswa yang diberikan LPDP juga merupakan beasiswa fully funded untuk S2 dan S3 ke luar negeri. Biaya tanggungan yang diberikan LPDP untuk pelajar yang menerima beasiswa ini disesuaikan dengan biaya kuliah, dan biaya hidup di lokasi tempat tinggal.

Beberapa syarat dan ketentuan untuk dapat daftar beasiswa ini adalah skor TOEFL mencapai 550, penulisan essay baik, dan memuaskan, seleksi administrasi, dan lain lain.

Dari 2 Beasiswa Luar Negeri Terbesar incaran Pelajar di atas, adakah beasiswa incaran kamu? Tetap semangat dan tingkatkan kualitas diri agar kamu dapat menerima beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Daftar Beasiswa Luar Negeri 2022 Yang Paling Diburu Pelajar, Dananya Capai Rp 600 Juta

Sumber : sindonews.com


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming