Cuti Lebaran 2023 Jumlahnya Nambah Jadi Seminggu. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat bersama Presiden Jokowi menyampaikan, cuti bersama diperpanjang karena tingginya keinginan masyarakat untuk pulang kampung berdasarkan kalkulasi dari Kementerian Perhubungan.

Ia mengatakan libur Hari Raya Idulfitri dimulai dari 19 April hingga 25 April 2023. Artinya, total libur Lebaran ialah 7 hari. Budi menjelaskan pemerintah tidak ingin ada penumpukan kendaraan. Libur Lebaran jadi yang paling dinanti di bulan ramadan. Pemerintah telah mengubah jumlah cuti, liburan jadi tambah panjang.

“Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan dengan cuti bersama, kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 menteri dari tanggal 21 sampai tanggal 26. Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari. Jadi mulai dari 19 mulai libur, 20 libur, tapi masuknya 26, jadi tambah 1 hari, tapi di depan maju dua hari,” ujar Budi dalam jumpa pers seperti di akun YouTube Setpres, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Game WoW Level 780 Terbaru

Cuti Lebaran 2023 Jumlahnya Nambah Jadi Seminggu

“Sedangkan balik itu mereka harus pulang hari Rabu, tapi bagi mereka yang berkeinginan melakukan cuti lebih panjang bisa sampai tanggal 30, sampai tanggal 1, itu satu keputusan yang tadi diambil diskusi yang cukup efektif ya,” kata Budi menambahkan.

Budi memastikan penambahan cuti bersama itu disepakati dalam rapat terbatas dengan Jokowi. Kesepakatan itu akan dibuat menjadi keputusan resmi lewat surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri.

“Tapi bisa dikatakan bahwa karena sudah diputuskan dalam ratas, ini secara de facto sudah terjadi, tinggal de jure kami akan mengusulkan usulan kepada Bapak Presiden dan saya rasa, kami rasa kami akan rapat dengan tiga kementerian tersebut,” kata Budi.

Tiga menteri yang bakal meneken SKB itu adalah Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Budi menyatakan dirinya ditugaskan mengirimkan surat yang ditembuskan kepada tiga menteri tersebut.

“Jadi memang keputusan ini adalah keputusan tiga menteri, Menteri Agama, Menteri Pendidikan, dan Menteri Tenaga Kerja. Karena itu, saya ditugaskan berkirim surat kepada Presiden ditembuskan beberapa pihak yang mempunyai kewenangan itu,” kata Budi.

Baca Juga :  Pendataran Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarships 2024 D3-S3

Cuti Lebaran 2023 Jumlahnya Nambah Jadi Seminggu

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan liburan Lebaran:

  1. Rencanakan dengan baik: Buatlah rencana yang jelas dan terperinci tentang tempat yang akan dikunjungi, waktu perjalanan, transportasi, dan akomodasi. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kebingungan saat perjalanan.
  2. Persiapkan segala sesuatu sebelumnya: Pastikan Anda telah mempersiapkan semua barang-barang yang diperlukan, seperti tiket, paspor (jika perlu), pakaian yang cocok, dan sebagainya.
  3. Lakukan reservasi terlebih dahulu: Jika Anda ingin pergi ke tempat yang populer, pastikan Anda telah melakukan reservasi di tempat-tempat yang diperlukan, seperti hotel atau restoran.
  4. Cari informasi tentang tempat tujuan: Sebelum berangkat, cari tahu informasi penting tentang tempat tujuan, seperti cuaca, transportasi, dan atraksi wisata yang bisa dikunjungi.
  5. Bersikap sabar: Jangan terburu-buru dan bersikap sabar saat dalam perjalanan. Karena Lebaran adalah masa liburan yang sibuk, maka kemacetan dan antrian mungkin akan lebih panjang.
  6. Nikmati waktu bersama keluarga: Lebaran adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Nikmati waktu yang berharga ini dan gunakan kesempatan ini untuk berbicara, berbagi cerita, dan menciptakan kenangan yang indah.
  7. Jangan lupa berdoa: Ingatlah untuk selalu berdoa selama liburan, agar Anda selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan selama perjalanan dan menghindarkan dari segala hal yang tidak diinginkan.
Baca Juga :  KODE REDEEM Mobile Legends 25 Maret 2024 Terbaru

Cuti Lebaran 2023 Jumlahnya Nambah Jadi Seminggu

Sumber : https://travel.detik.com