Greeone

Contoh Permainan Outbound Yang Bisa Meningkatkan Kerjasama Kelompok. Ada berbagai permainan seru yang bisa kita lakukan bersama kelompok atau teman-teman kita. Terutama ketika sedang melakukan outbound bersama rekan-rekan kerja, teman-teman sekolah, atau bersama keluarga. Berbagai jenis permainan dapat kita mainkan untuk membangun atau meningkatkan rasa kebersamaan.

Outbound merupakan salah satu jenis permainan yang efektif menggabungkan antara intelegensia, fisik, dan mental. Jenis permainan outbound sendiri dibagi menjadi dua yaitu outbound anak dan outbound dewasa.

Baca Yuk :

Outbound anak merupakan kegiatan permainan yang dilakukan oleh anak-anak berkisar antara 5 tahun ke atas. Sedangkan outbound dewasa merupakan jenis outbound yang dilakukan oleh seseorang yang berumur lebih dari 17 tahun ke atas. Umumnya, outbound sendiri memiliki tujuan untuk mengembangkan kepercayaan diri, keberanian, dan kebersamaan.

Contoh Permainan Outbound Yang Bisa Meningkatkan Kerjasama Kelompok

Sebuah hal yang jarang kita dapatkan ketika melakukan rutinitas sehari-hari yang menyibukkan. langsung saja berikut berbagai contoh permainan yang bisa anda lakukan ketika outbound, berkemah, MOS, pramuka ataupun kegiatan upgrading organisasi.

1. Membuat Yel-yel

Biasanya sebelum kita memulai sebuah permainan kita akan dibagi menjadi berapa kelompok. Nah,untuk lebih memeriahkan suasana biasanya setiap kelompok akan membuat yel-yel yang lucu dan unik untuk memeriahkan suasana.

2. Menara Air

Permainan yang satu ini tim memang diperlukan kebersamaan dan kekompakkan yang luar biasa. Selain itu, tiap-tiap anggota tim yang ikut memiliki tanggung jawab agar tujuan tim tetap berada dalam jalur menuju kesuksesan.

Adapun cara bermainnya yaitu yang pertama harus menyiapkan ember tempat air dan gayung. Setelah itu, tim diminta berbaring, menegakkan kaki dan saling menumpukkan kaki hingga membentuk sebuah menara. Lalu, letakkan ember wadah di atas kaki tim. Salah seorang tim bertugas mengisi wadah air. Tim penopang air bertugas menopang dan menjaga air agar tidak tumpah. Jika kalian mengisi air dengan penuh dan cepat, berarti kalian-lah pemenangnya.

3. Rantai Nama

Permainan yang satu ini bisa memperkuat ingatanmu mengenal nama dari setiap anggota kelompokmu. Kemampuan mengingat serta fokus sangat diperlukan dalam permainan ini. Permainan ini tidak membutuhkan alat atau bahan apapun dan pasti mudah dan murah.

Cara bermain:

  1. Membentuk lingkaran;
  2. Bisa dimulai dari mana saja, biasa nya dari ketua kelompok;
  3. Orang pertama mengenal kan diri dengan menyebutkan nama (bisa ditambahkan hal lain biar lebih seru seperti asal, umur, cita-cita);
  4. Orang kedua yang merupakan orang disebelah kanan orang pertama mengulangi apa yang disampaikan orang pertama dan kemudian menyebutkan namanya. Misal, “Budi dari Surabaya, saya Abdi dari Solo”;
  5. Kemudian orang ketiga yang berada disebelah kanan orang kedua mengatakan “Budi dari Surabaya, Abdi dari Solo, saya Ismail dari Magetan”;
  6. Kemudian terus dilanjutkan sampai memutar kembali ke orang pertama;
  7. Bagi peserta yang salah menyebutkan nama bisa diberi hukuman sesuai kesepakatan semua pemain.

4. Pipa Bocor

Selanjutnya, jenis permainan outbound selanjutnya yaitu pipa bocor. Permainan yang dilakukan berkelompok ini bertujuan membentuk rasa kebersamaan antar tim. Adapun cara bermainnya yaitu tim memindahkan air dengan menggunakan pipa yang penuh lubang, tiap-tiap anggota tim berusaha menutup lubang agar air tidak keluar dan tim berlari memindahkan air, tim mana yang paling cepat tim tersebut yang menang. Untuk bisa bermain jenis outbound yang satu ini, kalian hanya memerlukan pipa air sepanjang 1 meter, penutup pipa, ember, dan sejumlah tim yang akan main.

5. Kubus Sempurna

Jenis permainan outbond kebersamaan yang bisa kalian jadikan referensi yaitu kubus sempurna. Peralatan yang dibutuhkan dari permainan ini yaitu sebuah tali yang panjang yang diikat bersama penutup mata setiap tim. Cara bermain dari outbound ini yaitu tim berdiri dalam lingkaran memegang tali.

Kemudian suruhlah semua tim memakai penutup mata dan taruh tali di lantai. Kemudian setiap tim mundur sedikit dari lingkaran. Setelah itu, mintalah semua tim untuk maju dan berusaha membentuk sebuah kubus tanpa membuka penutup mata. Selain bertujuan untuk melatih kebersamaan, jenis permainan ini juga berfokus pada komunikasi yang kuat dan skill kepemimpinan.

6. Memindahkan Karet

Memindahkan karet merupakan jenis permainan outbound yang sangat menyenangkan. Jenis permainan ini bertujuan untuk kebersamaan dan melatih kesabaran supaya berhati-hati melakukan sesuatu. Adapun alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah karet sejumlah tim yang ada dan sedotan atau korek api.

Setelah itu, cara bermainnya yaitu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berdiri dan berbaris berbanjar, lalu setiap orang memegang sedotan menggunakan mulut. Pemandu akan menaruh karet gelang di sedotan orang yang berada pada barisan paling depan. Kemudian karet gelang dipindahkan melalui sedotan hingga sampai ke orang terakhir. Kalian akan dinyatakan menang jika memindahkan karet gelang dengan cepat.

7. Perkenalan Rahasia

Kalau sudah saling mengenal boleh nih dicoba permainan yang satu ini. Pada permainan ini kita akan diuji kemampuan kita tentang seberapa cepat kita dapat mengenali teman kita. Permainan ini cocok untuk meningkatkan kepekaan dan perhatian kita pada teman kita.

8. Kursi Panas

Latihan yang menyenangkan untuk melatih kesigapan dan konsentrasi pemain.

9. Lingkaran Mahkota

Tujuan dari permainan ini adalah untuk meatih kepedulian dan meningkatkan rasa untuk saling berbagi.

Contoh Permainan Outbound Yang Bisa Meningkatkan Kerjasama Kelompok

Sumber : https://www.outbound-bandung-cileunca.com/permainan-outbound-yang-bisa-meningkatkan-kerjasama-kelompok/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now