Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Contoh Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah. Hal ini berarti teks laporan hasil observasi disajikan tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Adapun objek pengamatan yang bisa dibahas dalam teks laporan hasil observasi bersifat umum. Satu di antara yang sering dijadikan objek dalam sebuah teks laporan hasil observasi yaitu lingkungan rumah.

Baca Yuk :

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Contoh Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Ada tiga struktur teks hasil laporan hasil observasi, yakni pernyataan umum, deskripsi, dan kesimpulan.

Untuk memahami lebih dalam teks laporan hasil observasi bertema lingkungan rumah, kamu bisa membacanya contohnya pada artikel ini.

Berikut ini contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah, dikutip dari laman Deckarenas dan Sirajin, Senin (25/7/2022).

Kebun Belakang Rumah

– Pernyataan Umum

Kebun belakang rumah memiliki area yang tidak terlalu luas karena hanya lahan sisa dari pembuatan rumah. Di kebun terdapat banyak tanaman dan sayur-sayuran.

Ada vertical gardening di kebun belakang rumah yang membuat suasana rumah menjadi lebih adem. Di kebun juga terdapat beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi oleh keluarga sendiri.

Contoh Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

– Deskripsi

Kebun belakang rumah dibuat karena ada lahan sisa. Kami memberi ide untuk dibuatkan taman bermain agar bisa untuk kumpul bersama keluarga di sore hari.

Di kebun belakang rumah terdapat berbagai jenis tanaman. Tanaman hias seperti kaktus, sirih gading, gelombang cinta bisa ditemui di kebun belakang rumah.

Selain tanaman hias ada juga jenis sayuran seperti selada, cabai, dan daun bawang yang ditanam dalam pot. Biasanya sayuran akan dikonsumsi pribadi jika sudah panen.

Kami juga menanam beberapa buah yang ditanam dalam pot. Kami memiliki pohon jambu yang ditanam di sudut kebun belakang.

Di tengah kebun kami membuat kursi dan meja kayu. Biasanya digunakan untuk kumpul bersama teman atau keluarga dan menikmati makan malam.

– Kesimpulan

Kebun belakang rumah memiliki berbagai jenis tanaman hias dan sayuran. Kebun yang luasnya minimalis bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

Kolam Ikan di Depan Rumah

– Pernyataan Umum

Rumah kami memiliki kolam ikan yang letaknya ada depan rumah. Ukurannya tidak terlalu besar, tetapi ada banyak jenis ikan di dalamnya.

Di pinggir kolam terdapat beberapa tanaman hias yang bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk. Kami juga menambahkan air mancur buatan agar seperti air terjun sungguhan.

– Deskripsi

Kolam ikan ada di depan rumah kami, tepatnya di taman teras. Luas kolam ikan sekitar dua meter karena rumah kami tidak memiliki banyak lahan sisa.

Di kolam ikan terdapat berbagai jenis ikan hias, mulai ikan koi, ikan mas dan lainnya. Ikan-ikan juga berbeda ukuran.

Ada ikan koi yang panjangnya sudah mencapai 20 cm dan ada juga yang masih berukuran lima cm. Ada berbagai warna ikan yang bisa ditemui.

Mulai warna putih, oranye, hijau, dan ada juga ikan yang berwarna hitam. Di pinggir kolam kami menambahkan air terjun buatan agar suasana kolam seperti di air terjun sungguhan. Di sisi kolam juga terdapat beberapa macam tumbuhan yang bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk.

– Kesimpulan

Kolam ikan memiliki banyak jenis ikan dengan warna dan ukuran yang berbeda. Ada pohon dan air terjun buatan agar suasana menjadi lebih alami.

Contoh Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Kegiatan Siskamling

– Pernyataan Umum

Sistem keamanan lingkungan atau yang sering disingkat dengan Sikamling merupakan kegiatan keamanan yang sering diadakan di lingkungan kompleks perumahan. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi laki-laki yang sudah dewasa atau berumur lebih dari 20 tahun ke atas. Waktu kegiatan ini adalah malam hari di mana anggota Sikamling menjaga area kompleks dengan cara berkeliling area kompleks.

– Deskripsi

Siskamling biasanya terjadwal setiap harinya. Anggotanya adalah bapak-bapak atau pemuda yang tinggal dalam kompleks lingkungan yang dijaga tersebut. Mereka biasanya mulai kegiatan ini jam delapan malam hingga dini hari dengan mengelilingi kompleks peruamahan serta membawa peralatan ronda seperti senter, kentongan, dan yang lainnya.

Saat berkeliling, mereka juga melakukan pengecekan pagar rumah tiap warga. Memastikan bahwa pagar tersebut sudah terkunci dengan baik. Membunyikan kentongan menjadi tanda bahwa warga sedang melakukan patroli keamanan.

Biasanya jadwal Siskamling ini terdiri minimal enam orang setiap harinya dan kemudian dibagi menjadi dua tim. Satu tim berjaga di pos ronda, sementara tim yang lain berkeliling untuk patroli keamanan. Pembagian jadwal harian ini biasanya di lakukan oleh ketua RT setempat dengan diskusi bersama warga.

Saat melakukan kegiatan Siskamling, warga terkadang juga mengambil beras jumputan atau uang receh untuk kas. Uang tersebut sudah disiapkan warga secara sukarela untuk mendukung kegiatan Siskamling termasuk membeli konsumi kopi atau teh.

Contoh Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

– Kesimpulan

Siskamling merupakan kegiatan yang positif. Selain menjaga keamanan lingkungan kompleks dan sekitarnya, kegiatan ini juga mempererat kerukunan antarwarga yang tinggal di area kompleks tersebut.

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,