Ciri – Ciri Tubuh Kelebihan Lemak. Lemak merupakan salah satu molekul yang memiliki banyak peran penting bagi tubuh. Lemak sendiri terbagi menjadi lemak jenuh dan tidak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak jahat yang dapat memicu peradangan dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, sementara lemak tak jenuh berperan untuk menjaga kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Ciri – Ciri Tubuh Kelebihan Lemak

Akan tetapi, kedua jenis lemak ini tetap perlu dibatasi jumlahnya. Sebab, jika tidak, maka akan menyebabkan kelebihan lemak tubuh yang berdampak buruk bagi kesehatan.



Konsumsi lemak yang kurang maupun berlebih mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jika konsumsi lemak kurangdapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan penurunan imunitas terhadap penyakit.

Konsumsi lemak jenuh diatas 10 % dari energi total berisiko meningkatkan kadar LDL yang berperan membawa kolesterol ke pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner akan mengalami penyempitan (atherosclerosis) dan dalam keadaan tertentu akan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Konsumsi lemak yang berlebihan bisa berdampak negatif bagi tubuh, termasuk masalah bagi energi, pencernaan, dan tidur Anda. Berikut adalah tanda-tanda kamu makan terlalu banyak lemak yaitu :

1. Merasa Begah

Lemak sulit dipecah oleh tubuh dan menyebabkan mereka berfermentasi lebih lama di perut. Akibatnya, sering kali bisa menyebabkan sendawa, kembung atau gas. Ketika makanan kaya lemak juga tinggi serat, hal itu bisa lebih membebani sistem pencernaan kamu terutama kalau kamu makan dalam jumlah banyak

2. Sebabkan Diare

Kalau kamu terlalu banyak asupan lemak, kamu mungkin langsung ingin buang air besar dan menyebabkan diare. Ketika makanan berlemak yang kamu makan tidak terserap dengan baik, usus besar kamu bisa menghasilkan cairan berlebih yang bisa menyebabkan diare.

3. Merasa lesu

Meskipun tubuh Anda membakar lemak untuk energi, makan makanan tinggi lemak dapat membuat Anda merasa lesu atau lelah di siang hari. Makan makanan tinggi lemak dikaitkan dengan kelelahan, terlepas dari kesehatan dan kebiasaan gaya hidup seseorang secara keseluruhan, menurut studi Nutrient Februari 2016. Setelah mengamati pola makan dan tingkat kelelahan 784 orang dewasa, peneliti menemukan mereka yang makan lebih banyak lemak memiliki tingkat kantuk di siang hari yang lebih tinggi.

4. Berat Badan Meningkat

Karbohidrat dan protein keduanya mengandung 4 kalori per gram, menurut Harvard Health Publishing. Lemak, bagaimanapun, lebih padat kalori, dengan 9 kalori per gram.

Setiap kali Anda makan dengan kelebihan kalori (makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar), tubuh Anda akan bertambah berat. Tetapi mengingat lemak lebih tinggi kalori, mereka dapat lebih mudah mendorong ke dalam kelebihan kalori daripada protein atau karbohidrat.

5. Tidur Gelisah

Lemak adalah nutrisi yang membutuhkan waktu paling lama untuk hancur dalam sistem pencernaan kamu. Karena berada di sistem pencernaan lebih lama, itu dapat mempengaruhi istirahat Anda dan mengganggu tidur kamu. Saat Anda tidur, tubuh kamu secara alami memperlambat pencernaan, itulah sebabnya kebanyakan ahli menyarankan untuk tidak makan makanan berat sebelum tidur.




Ciri – Ciri Tubuh Kelebihan Lemak

Jika sobatphi memiliki tanda-tanda di atas dan khawatir tentang persentase lemak tubuh, segera bicarakan dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan mendiagnosis dan menawarkan panduan yang sesuai dengan kebutuhan.


Read previous post:
Harga dan Spesifikasi Oppo Reno5
Harga dan Spesifikasi Oppo Reno5

Close