Cek Gagal, Syarat dan Cara Daftar SNMPTN 2021. Pendaftaran SNMPTN 2021 telah dimulai pada Senin (15/2/2021) pukul 15.00 WIB dan akan berakhir pada Rabu (24/2/2021) di jam yang sama. Daftar SNMPTN 2021 bisa dengan klik snmptn.ltmpt.ac.id atau portal.ltmpt.ac.id.

Cek Gagal, Syarat dan Cara Daftar SNMPTN 2021

Baca Yuk :

Dalam SE tentang Pembukaan Pendaftaran SNMPTN 2021 tersebut, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga menjelaskan syarat dan cara daftar SNMPTN 2021. Seleksi tahun ini sedikit berbeda dengan SNMPTN 2020.



LTMPT menyarankan, siswa peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran secepatnya dan tidak menunggu mendekati hari-hari terakhir pendaftaran. Berikut penjelasan syarat dan cara daftar SNMPTN 2021.

Di media sosial Twitter, sejumlah warganet ramai mengunggah tangkapan layar pop up bertulisan “Anda Tidak Berhak Mengikuti SNMPTN 2021“. Beberapa dari mereka mengaku tidak mengetahui apa yang dimaksud dari pesan tersebut.

Dari beberapa unggahan di atas, ada yang berkomentar bahwa hal itu dikarenakan server yang error.

Penjelasan LTMPT

Ketua LTMPT Mohammad Nasih menyatakan, munculnya pop up bertulisan “Anda Tidak Berhak Mengikuti SNMPTN 2021” itu dikarenakan beberapa hal.

Salah satunya dia menyebutkan penyebabnya, kemungkinan siswa yang bersangkutan tidak eligible hingga belum diisinya nilai siswa.

Saat ditanya apakah masih ada kesempatan bagi siswa tersebut untuk melakukan perubahan agar bisa mengikuti SNMPTN 2021, Hal itu sudah tidak bisa dilakukan.



A. Syarat daftar SNMPTN 2021

  1. Sudah memiliki akun LTMPT yang permanen
  2. Dinyatakan sekolah sebagai siswa eligible
  3. Mengupload nilai yang lengkap di PDSS.

Registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 telah berlangsung pada 4 Januari-1 Februari 2021. Jadwal selanjutnya adalah penentuan status sebagai siswa eligible dari sekolah.

“Yang sekolah itulah siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021. Yang menentukan siapa siswa eligible adalah wewenang sekolah,” ujar Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto dalam Sosialisasi Daring SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021 di channel YouTube LTMPT OFFICIAL.

Data siswa eligible inilah yang diupload dalam PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Upload data dilakukan sekolah dengan kebenaran data menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Pengisian PDSS terdiri atas finalisasi data sekolah, siswa eligible, kurikulum, dan nilai.

Pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021 berlangsung pada 11 Januari-10 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sekolah wajib melakukan finalisasi pada PDSS yang telah diisi untuk menjamin persetujuan dan kebenaran data siswa perserta SNMPTN 2021.



B. Cara daftar SNMPTN 2021

  1. Login di portal.ltmpt.ac.id atau snmptn.ltmpt.ac.id dengan akun LTMPT yang telah teregistrasi
  2. Mengisi data yang diperlukan pada halaman yang telah ditetapkan, yaitu:
    – Data Orang Tua pada halaman Profil
    – Program studi atau prodi yang dipilih pada halaman Pilihan
    – Portofolio sesuai syarat yang ditetapkan prodi pilihan pada halaman Portofolio
    – Prestasi yang berhasil diraih jika ada pada halaman Prestasi
  3. Lakukan finalisasi pada halaman Finalisasi jika sudah yakin dengan kebenaran data pendaftaran SNMPTN 2021
  4. Tahap terakhir, peserta wajib download dan cetak kartu registrasi SNMPTN 2021.

 

 

Baca Yuk :