Cek Daftar Bantuan Pemerintah Selama PPKM Darurat. Diketahui, beberapa waktu belakangan ini kasus Covid-19 mengalami lonjakan yang sangat drastis. Pemerintah pun menerapkan PPKM Darurat Jawa-Bali guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Cek Daftar Bantuan Pemerintah Selama PPKM Darurat

Pemerintah terus berusaha menekan laju penyebaran Covid-19, mulai dari PSBB, PPKM, PPKM Mikro, hingga PPKM Darurat. Selama pembatasan tersebut, sejumlah bantuan dikeluarkan pemerintah. Berikut ini daftar bantuan pemerintah selama PPKM Darurat.



Pada masa pemberlakukan PPKM Darurat tersebut, sejumlah bantuan dikeluarkan pemerintah untuk masyarakat yang terdampak. Adapun bentuk bantuannya berupa uang tunai maupun sembako.

Diketahui, bantuan selama PPKM tersebut telah dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait, seperti Menkeu, Menteri Sosial, Gubernur BI (Bank Indonesia), dan sejumlah pihak lainnya yang turut memberikan bantuan.

Berikut Daftar Bantuan Pemerintah Selama PPKM Darurat

Nah, untuk membantu masyarakat terdampak, berikut ini daftar bantuan pemerintah selama PPKM Darurat yang perlu diketahui.

1. Bantuan Uang Tunai

Bantuan pemerintah selama PPKM Darurat yang ditunggu-tunggu masyarakat yakni berupa uang tunai atau dikenal juga dengan BST (Bantuan Sosial Tunai). Bantuan tersebut rencananya akan diberikan pekan ini.

Adapun BST yang diberikan senilai Rp300 ribu yang akan diberikan per bulan dan rencananya bantuan tersebut akan disalurkan setiap awal bulan. Untuk bulan Mei dan Juni, BST diberikan sekaligus senilai Rp600 ribu.

Diketahui, tercatat terdapat 10 juta penerima yang akan memperoleh BST per bulannya, yang mana bantuan tersebut akan didistribusikan lewat Kantor Pos.




2. Bantuan Potongan Tarif Listrik

Bantuan PPKM berikut yang yakni berupa potongan atau diskon tarif listrik sebesar 50 persen. Namun, bantuan ini dikhususkan untuk para pengguna golongan 900 VA dan 450 VA bersubsidi. Bantuan ini akan diberikan hingga bulan September.

3. Bantuan Kartu Sembako

Bantuan yang juga diberikan selama PPKM Darurat yakni berupa kartu sembako. Bantuan ini diberikan kepada 18,8 juta keluarga atau dikenal juga dengan KPM (keluarga penerima manfaat) dengan besaran nominal Rp200 ribu perbulan.

4. Bantuan PKH

Selama masa PPKM Darurat, PKH (Penerima Program Keluarga Harapan) juga akan memperoleh bantuan yang akan diberikan mulai bulan Juli lewat jaringan Himbara (Himpunan Bank-bank Negara). Adapun bantuan yang diberikan sesuai dengan komposisi anggota keluarganya.

  • Rp 3 juta diberikan untuk ibu hamil dan anak usia dini
  • Rp 900 ribu diberikan untuk keluarga yang mempunyai anak SD
  • Rp 1,5 juta diberikan untuk keluarga yang mempunyai anak SMP
  • Rp 2,5 juta diberikan untuk keluarga mempunyai anak SMA
  • Rp 2,4 juta diberikan untuk keluarga yang mempunyai anggota disabilitas atau lansia

5. Bantuan UMKM

Bantuan juga akan diberikan untuk pelaku UMKM selama masa pemberlakukan PPKM Darurat. Adapun bantuan diberikan untuk 3 juta para pelaku UMKM, yang mana masing-masing pelaku UMKM mendapat bantuan senilai Rp1,2 juta.

6. Bantuan BLT Desa

Bantuan yang akan diberikan pemerintah selama PPKM yakni berupa BLT (bantuan langsung tunai) desa senilai Rp 300 ribu yang akan diberikan per bulan kepada sekitar 8 juta penerima. Bantuan ini juga akan diterima oleh sekitar 5 juta KPM.

Demikianlah informasi mengenai daftar bantuan pemerintah selama PPKM Darurat yang rencananya akan disalurkan pekan ini. Semoga bantuan ini akan tersalurkan secara merata dan semoga pandemi Covid-19 ini lekas mereda.

Cek Daftar Bantuan Pemerintah Selama PPKM Darurat

Sumber : https://www.suara.com/news/2021/07/16/155258/daftar-bantuan-pemerintah-selama-ppkm-darurat-pkh-sembako-hingga-blt-desa?page=all


Read previous post:
Mizza Faridatul Anifah Juara 1 Lomba Essay Nasional Constellation 2021 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung
Mizza Faridatul Anifah Juara 1 Lomba Essay Nasional Constellation 2021 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung

Close