Cek Cara Daftar BLT UMKM 2021. Bantuan Produktif Usaha Mikro cair!. Bantuan ini ditujukan untuk 14 juta UMKM dengan nilai bantuan sebesar 2,4 juta rupiah. Para pelaku UMKM harus memenuhi sejumlah syarat untuk mendapatkan bantuan itu. Meliputi, WNI, mempunyai NIK dan KTP, dan memiliki usaha mikro. Calon penerima bantuan tidak boleh mereka yang PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN, dan BUMD. Penerima juga wajib memiliki saldo di bank penyalur kurang dari 2 juta rupiah dan wajib memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU).

Cek Cara Daftar BLT UMKM 2021

Baca Yuk :

Untuk mendapatkan SKU maupun Nomor Induk Berusaha (NIB), pelaku UMKM bisa melakukan pendaftaran melalui Online Single Submission (OSS). Berikut adalah caranya :



Pelaku UMKM masuk ke laman OSS melalui :

https://oss.go.id dengan menggunakan akun yang telah dimiliki. Selanjutnya, pilih tombol perizinan berusaha perseorangan. Ada 2 pilihan jenis UMKM yaitu pertama skala usaha mikro lewat tombol pendaftaran NIB perseorangan mikro lalu kedua skala usaha kecil lewat tombol pendaftaran NIB perseorangan kecil.

Selanjutnya mengisi formulir data diri dan data usaha. Pada formulir data profil maka pelaku usaha wajib melengkapi data/informasi kemudian klik tombol simpan dan lanjutkan. Sedangkan, pada formulir data usaha maka pengusaha diminta melengkapi data-data sesuai dengan formulir data usaha tersebut, kemudian klik tombol simpan dan lanjutkan.




Sedangkan pada formulir komitmen prasarana usaha maka khusus untuk skala kecil dapat mengajukan permohonan izin lokasi dan izin lingkungan. Lalu pelaku usaha bisa memeriksa kembali data yang dimasukkan melalui tampilan output NIB dan izin usaha.

BKPM juga menyediakan pendaftaran untuk izin komersial atau operasional. Caranya, memilih permohonan kemudian pilih menu Izin usaha mikro kecil (IUMK) selanjutnya izin komersial atau operasional.

Cek Cara Daftar BLT UMKM 2021

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi

 

Baca Yuk :