Cek 7 Kuliah Jurusan Kesehatan yang Lulusannya Banyak Dicari. Jurusan kuliah di bidang kesehatan bukan kedokteran, keperawatan dan kebidanan saja, Sobat Phi. Banyak jurusan kesehatan yang punya prospek menjanjikan seperti tiga jurusan tadi. Berikut ini PhiRadio akan mengulasnya untuk kamu.



Cek 7 Kuliah Jurusan Kesehatan yang Lulusannya Banyak Dicari

  1. Fisioterapi

Jurusan Fisioterapi termasuk masih asing di Indonesia. Fisioterapi merupakan cabang dari jurusan Ilmu Kedokteran, tetapi lebih fokus mempelajari fungsi gerak tubuh manusia beserta anatomi serta teknik recovery pasca trauma atau cidera.

Prospek: lulusan Fisoterapi memiliki prospek menjadi dokter pengobatan fisik dan rehabilitasi serta terapis pekerjaan atau membuka klinik fisoterapi.



Pilihan kampus: Universitas Indonesia, Universitas Airlangga

  1. Radiologi

Jurusan ini lebih sering dikenal dengan Radiodiagnosis atau Radioterapi, pada jurusan ini kita akan mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan sinar X. Pekerjaan ini cocok banget untuk Sobat Phi yang punya ketelitian tinggi dan tertarik dengan teknologi kesehatan.

Prospek: lulusan jurusan ini bisa menjadi terapis radiasi, konselor genetis, atau ahli teknologi pengobatan nuklir.

Pilihan kampus: Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran

  1. Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari lebih detail tentang hubungan makanan yang diasup dengan kesehatan tubuh. Kamu akan belajar mengenai kombinasi makanan dan kandungannya serta baik buruknya untuk tubuh.

Prospek: seiring dengan banyaknya keinginan masyarakat untuk hidup sehat dengan mengatur pola makannya, lulusan ilmu gizi memiliki prospek besar menjadi ahli diet dan nutrisi atau konselor rehabilitasi.

Pilihan kampus: Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, STIKES

  1. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Jurusan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan mempelajari tentang kondisi kesehatan masyarakat berdasarkan data, informasi dan indikator di bidang administrasi. Kalau kamu punya passion dalam kepedulian terhadap perkembangan kesehatan di Indonesia, jurusan ini jadi opsi yang oke.

Prospek: Lulusan jurusan ini memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai ahli epidemiologi, manager layanan medis dan kesehatan, dan coordinator riset klinis.

Pilihan kampus: Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin

  1. Analis Medis

Jika masuk jurusan ini kita akan mengenal beberapa mata kuliah seperti hematologi, imunologi, patologi, anatomi, dan bakteriologi. Analis medis akan mempelajari segala jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di laboratorium.

Prospek: semakin menjamurnya rumah sakit beserta laboratorium kesesehatan di dalamnya, otomatis lulusan analis medis sangat dibutuhkan sebagai staff laboratorium.



Cek 7 Kuliah Jurusan Kesehatan yang Lulusannya Banyak Dicari

Pilihan kampus: Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Akademi Analis Kesehatan

Bagaimana, Sobat Phi? Kamu tertarik mengambil jurusan yang mana?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
GMC
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 18 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 18 Juni 2020

Talk Show Inspiratif Pendidikan Milenial
Talk Show Inspiratif Pendidikan Milenial

Close