Cara Mengajukan BLT UMKM BPUM BRI, BNI, dan Kantor Pos Cair Rp1,2 Juta. Sebelumnya, diketahui pemerintah kembali menganggarkan dana Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM untuk para pelaku usaha mikro senilai Rp1,2 juta melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Cara Mengajukan BLT UMKM BPUM BRI, BNI, dan Kantor Pos Cair Rp1,2 Juta

Baca Yuk :

BLT UMKM Rp1,2 juta ini disalurkan untuk pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19 agar para pelaku usaha mikro bisa terus melanjutkan usahanya.



Berikut ini cara mengajukan BLT UMKM Rp1,2 juta hingga cara pencairan uang di bank BRI, BNI, dan Kantor Pos. Kabar baiknya, pelaku usaha mikro penerima banpres atau BLT UMKM di tahun 2020, bisa mendapatkan kembali di tahun ini.

Untuk mencairkan dana BLT UMKM Rp1,2 juta di tahun 2021 dapat dilakukan melalui bank BRI, bank BNI, dan kantor pos terdekat.

Akan tetapi sebelum Anda bisa mencairkan dana BLT UMKM Rp1,2 juta, Anda wajib daftar dengan mengunjungi kantor Dinas Koperasi di Kabupaten/Kota Anda.

Berikut ini cara mengajukan permintaan untuk mendapatkan dana BLT UMKM Rp1,2 juta di tahun 2021:

  1. Siapkan dokumen
    Dokumen yang wajib dilampirkan untuk pengajuan calon penerima, yakni fotocopy e-KTP, fotocopy NIB atau SKU dari Kepala Desa/Kelurahan.
  2. Serahkan dokumen
  3. Calon penerima baik perseorangan atau yang dihimpun dalam kelompok diajukan kepada dinas yang membidangi koperasi dan UKM di Kabupaten/Kota.
  4. Lengkapi isian formulir

Setiap pengajuan baru harus mengisi formulir berisi informasi berikut:

  • NIK sesuai dengan e-KTP
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nama lengkap sesuai e-KTP
  • Tanggal lahir
  • Jenis kelamin
  • Alamat sesuai KTP, NIB, atau SKU dari Kepala Desa/ Kelurahan
  • Bidang Usaha
  • Nomor telepon seluler (yang dapat dihubungi telepon, SMS atau WhatsApp).

Untuk mencairkan dana BLT UMKM Rp1,2 juta, pelaku usaha mikro bisa mengunjungi Bank BRI, Bank BNI, atau kantor pos terdekat dengan membawa beberapa dokumen.

Berikut ini beberapa persyaratan dokumen yang wajib Anda bawa ketika akan mencairkan dana BLT UMKM Rp1,2 juta :

  1. eKTP
  2. Kartu ATM
  3. Buku Tabungan
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab (SPTJM).


Perlu diketahui, pencairan dana BLT UMKM Rp1,2 juta tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Dana yang diberikan senilai Rp1,2 juta secara langsung ke rekening pelaku usaha mikro.

Baca Yuk :