Cara Menerapkan Growth Mindset Di kala Pandemi Pandemi berkepanjangan akibat Covid-19 mengganggu kesehatan mental banyak orang. Perubahan pola hidup, berbagai kekhawatiran dan ketidakpastian soal masa depan menjadi faktor pemicunya. Akibatnya, banyak orang kehilangan motivasi diri dan merasa stres sebagai bagian dari gangguan kesehatan mental yang dialaminya ini.

Analisa Widyaningrum, Psychologist & CEO Analisa Personality Development Center (APDC) Indonesia mengatakan, dibutuhkan mental yang tahan banting untuk bisa tetap bertahan selama masa pandemi ini. “Mindset yang kita punya harus diatur, kita butuh growth mindset yakni pola pikir bertumbuh,” terangnya dalam webinar Bincang Inspiratif Visa bertajuk “Wujudkan Mimpi di Tengah Keterbatasan”, Kamis (23/09/2021).


Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

Salah satu metode yang dianjurkan ialah tidak lagi berusaha mengendalikan situasi yang berada di luar keterbatasan diri sendiri. Keinginan seperti ini cenderung membuat kita tidak mengapresiasi pencapaian kecil yang dilakukan.
“Karena terlalu banyak kekhawatiran, kecemasan dan tidak puas, jatuhnya malah tidak ngapa-ngapain,” jelasnya. Growth mindset, tambah Ana, mengajarkan kita bahwa segala upaya ditentukan oleh dedikasi dan kerja keras. Bukan talent, kecerdasan bawaan atau privilise lainnya yang dianggap keunggulan.

Metode ini juga membuat kita mampu mengapresiasi kemajuan dalam proses yang dijalani. Artinya, kita cenderung fokus pada apa yang bisa dilakukan, bukan faktor-faktor lainnya di luar kuasa diri. “Pandemi ini mengajarkan kita menyadari segala keterbatasan sekaligus tetap stick pada purpose, value dan apa yang bisa dilakukan,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Halaman 210 Membandingkan Isi Teks Resensi

Ia berpendapat, pola pikir ini akan membuat mental kita menjadi lebih sehat khususnya di masa sekarang. Mental yang sehat adalah kemampuan untuk menyadari apa yang dirasakan dan dipikirkan sehingga mampu mengolah perilaku agar bisa produktif secara kolaboratif secara sosial dan ekonomi, ungkap Ana. Pengakuan atas emosi yang dirasakan, termasuk berbagai reaksi alaminya, akan menjadi jalan terbaik untuk menyeimbangkan kesehatan mental dalam berbagai kondisi.

Cara Menerapkan Growth Mindset Di kala Pandemi

Sumber: https://www.kompas.com


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming